5 Doa Orang Tua yang Bisa Dipanjatkan di Hari Ibu Secara Lengkap

Ilustrasi ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/sabinevanerp

VIVA – Ada beberapa doa orang tua yang dapat dipanjatkan untuk Hari Ibu. Momen peringatan Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Sudah menjadi kewajiban untuk setiap anak mendoakan kedua orang tua, ibu dan bapaknya sebagai salah satu bentuk kecintaan kepada mereka yang sudah melahirkan, mendidik, sampai memebesarkan kita. Mendoakan kedua orang tua bukan hanya saat mereka sudah meninggal dunia.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Akan tetapi, juga saat mereka masih hidup supaya diberikan keselamatan dan juga keberkahan di dalam hidupnya. Untuk orang tua yang masih hidup, kamu bisa memberikan kartu ucapan, memberikan hadiah, membuat kue untuk ibu dan jangan lupa untuk mendoakan supaya tetap sehat dan selamat. Nah, berikut adalah ulasan mengenai doa orang tua di Hari Ibu yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Apa Saja Doa Orang Tua di Hari Ibu?

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

1. Doa Supaya Orang Tua Disayang Allah

Kasih sayang seorang ibu.

Photo :
  • U-Report
Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Menyadur dari laman NU Online, terdapat doa di hari ibu yang berasal dari Kitan Ihya Ulumiddin sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Al-Ghazali sebagai berikut.

Rabbighfir li wa li walidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran, waghfir lil mu’minina wal mu’minati, wal muslimina wal muslimat al-ahya’I minhum wal amwati

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat,” (Imam Al-Ghazali, Ihya’i Ulmiddn, [Kairo, Darus Syi’b: tanpa tahun], halaman 578).

2. Doa untuk Orang Tua yang Sedang Sakit

Ilustrasi orang sakit.

Photo :
  • U-Report

Bila orang tua kamu sedang sakit, cobalah untuk membaca doa untuk orang tua supaya penyakitnya lekas diangkat dan diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya: Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

3. Doa Supaya Orang Tua Diampuni Dosa

#VSSTORY #anakmuda #orangtua

Photo :
  • vstory

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya, "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimah, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

4. Doa untuk Orang Tua Supaya Panjang Umur

Belajar membaca bersama orang tua

Photo :
  • U-Report

Allahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati alahyaa'l minhum wal amwaati, wataabi'bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adhiimi.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada kaum muslimin dan muslimah, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

5. Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ilustrasi meninggal.

Photo :
  • vstory

Allahummaghfir lahu warhamhu wa'aafihi aa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi'madkhalahu, waghsilhu bil maa i watsalji walbarodi wa naqqihi minal khathaa ya kamaa yunaqqats tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khiran min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a'idzhu min 'adzaabul qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar

Artinya: "Ya Allah, ampuni, rahmati, bebaskan, dan lepaskanlah kedua orang tuaku. Muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Kata-kata Hari Ibu

Ilustrasi kasih sayang ibu.

Photo :
  • U-Report
  1. “You’re my one and only mom, and I’ll always have a special place in my heart for you.”
  2. “I’m so proud to be your kid.”
  3. “Right from the start, you were the one who nurtured me, prayed over me, worried about me, guided me and supported me in every pursuit. Thank you for being there every day with just the love I needed.”
  4. “Now that I’m grown, I realize I don’t just feel gratitude for you—but admiration. I’d want to pattern my life after yours even if you weren’t my mother.”
  5. “Raising me took a lot of patience. Thanks for hanging in there with me.”
  6. “To Mom, with love, from your favorite child.”
  7. “Mom, I was lucky enough to inherit your eyes and your sense of humor. I keep hoping I’ll get your lie-detector capabilities, too!”
  8. “With love from the luckiest [son/daughter/child/kid] in the world.”
  9. “Sorry if I drove you crazy sometimes. I only did it because I love you!”
  10. “To my mom, my friend, my angel.”
  11. “Happy Mother’s Day, Mama. Every day, I thank heaven you’re mine.”
  12. “Mama, you sacrificed so I could rise. I want you to know I see that.”
  13. “Mama, you often stood between me and the unfair stuff. Thank you for protecting my spirit.”
  14. “Mamá, eres muy especial en mi vida, y por eso este Día de las Madres te deseo mucho amor y felicidad.”
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya