8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menikah, Bukan hany Cinta

Ilustrasi pernikahan/pre-wedding.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA – Sebelum menikah, terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh semua calon pengantin. Untuk banyak pasangan, menikah adalah puncak dari sebuah hubungan asmara. Setiap orang tentu saja menginginkan hubungan yang langgeng apalagi untuk kamu dan pasangan yang telah berpacaran dalam jangka waktu yang lama dan memutuskan untuk membawa hubungan ke jenjang pernikahan.

Jarang Diterpa Gosip Miring, Kevin Aprilio dan Istri Punya Aturan Ini Kalau Bertengkar

Walaupun demikian, menikah bukanlah sesuatu yang mudah dan dapat diputuskan dengan cepat. Terdapat banyak pertimbangan yang mesti dipikirkan sebelum mengucapkan janji sehidup-semati bersama dengan orang yang dicintai. Jika kamu sudah mantap untuk menikah dengan pasangan dalam waktu dekat atau masih menunggu momen yang pas, berikut adalah beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum menikah.

Lantas, Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menikah?
1. Kesiapan Finansial

Terpopuler: Jawaban Mamah Dedeh Soal Menantu Perempuan, Persiapan Penting Sebelum Menikah

Ilustrasi: Bebas Finansial di Usia Muda. Sumber: Ist

Photo :
  • U-Report

Masalah tentang finasial adalah sebuah hal yang cukup penting untuk diperhatikan oleh kamu dan pasangan sebelum memutuskan untuk menikah. Kamu dan pasangan harus membahas tentang kesiapan finansial dari masing-masing. Tanyakan kepada pasangan mengenai penghasilan per bulan dan kamu pun harus memberitahunya. Dengan demikian, kamu dan pasangan dapat mencatat kebutuhan apa saja yang mesti dipersiapkan ketika sudah menikah.

Galau Vs Happy, Perbedaan Kontras Kondisi Teuku Ryan dan Ria Ricis Pasca Cerai

2. Komunikasi yang Baik

Pasangan

Photo :
  • U-Report

Kamu dan pasangan juga harus memperhatikan apakah komunikasi sudah berjalan dengan baik dan sudah berjalan dua arah atau belum. Sebab, komunikasi yang baik merupakan sebuah hal yang penting dalam sebuah hubungan.

Apalagi bila kamu dan pasangan telah memutuskan untuk menikah. Kamu mesti melihat bagaimana cara pasangan berinteraksi denganmu, lihat pula bagaimana cara dia merespons topik pembicaraan, dan lain sebagainya.

3. Nikah Bukan Hanya Perkara Cinta

Jangan Takut menikah

Photo :
  • U-Report

Bicara tentang pernikahan, cinta bukan hal utama yang menjadi pondasinya. Perjuangan dalam membangun rumah tangga dan proses menerima kekurangan yang dimiliki oleh satu sama lain merupakan hal utama yang penting dalam membina rumah tangga.

Sebab, tidak ada satu pun di dunia ini manusia yang sempurna, begitu juga dengan pasangan. Maka dari itu, jangan memiliki pikiran bahwa menikah merupakan solusi dari masalah berulang yang ada saat kamu tengah menjalin hubungan asmara dengan kekasih. Pikirkan secara matang tentang kesiapan kamu dan pasangan untuk hidup berdampingan dengan kekurangan yang dimilikinya.

4. Ketahui Hubungan Sebelumnya

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • pixabay

Selain itu, kamu juga harus mengetahui tentang perjalanan hubungan pasangan kamu sebelumnya itu seperti apa. Apakah dia pernah berselingkuh atau tidak, dan apakah dia pernah melakukan ghosting terhadap seseorang. Hal ini harus dilakukan supaya kamu tidak merasa kecewa kepada pasangan di kemudian hari.

5. Kesepakatan Tentang Anak

bayi

Photo :
  • unsplash.com

Selain beberapa persoalan di atas, persoalan tentang anak juga harus menjadi salah satu yang mesti dibahas sebelum menikah dengannya. Bertanya kepada pasangan, apakah dia mau mempunyai anak atau tidak, dan jangan lupa untuk menyampaikan keinginan kamu. Diskusikan hal ini sampai kamu dan pasangan menemukan kata sepakat, ya!

6. Meningkatkan Kematangan Emosi

pasangan

Photo :
  • revov zone

Setiap orang tentu saja memiliki emosi yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan tingkat kematangan emosimu dan pasangan. Perhatikan, apakah kamu dan pasangan telah siap untuk menghadapi berbagai rintangan dari pernikahan atau belum.

Jangan sampai, saat ada sebuah masalah dalam hubungan pernikahan, pasangan melakukan tindakan yang seharusnya tidak dilakukan. Mulai dari membentak, membanting barang, memukul, atau perilaku kasar yang lainnya.

7. Tempat Tinggal

Pasangan kekasih

Photo :
  • Times of India

Sebelum melangsungkan acara pernikahan, kamu dan pasangan perlu mendiskusikan tentang tempat tinggal. Bukan tidak mungkin kamu dan pasangan akan mendapatkan pekerjaan yang jauh dari rumah, sehingga diskusikanlah keputusan apa yang akan dibuat. Apakah pasangan akan diajak berpindah tempat tinggal dekat dengan kantor atau akan menjalani pernikahan jarak jauh.

8. Resolusi Masalah

Pasangan

Photo :
  • U-Report

Masalah adalah sesuatu hal yang sangat wajar terjadi di dalam sebuah hubungan. Sebelum memutuskan untuk menikah, kamu mesti memperhatikan bagaimana pasanganmu Mengatasi sebuah masalah yang datang di dalam hubungan, begitu juga sebaliknya. Apakah kamu dan pasangan bisa menangani masalah sampai menemukan solusi atau justru hanya menggantungkan masalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya