Mengapa Hari Natal Jatuh Pada 25 Desember? Begini Sejarahnya

Hari Natal
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Hari Sabtu besok, tepatnya 25 Desember merupakan perayaan Hari Natal untuk umat Kristiani. Natal dirayakan untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus, yang orang Kristen percaya adalah Anak Allah. Bagaimanakah sejarah hari Natal ini, dan apa fakta menarik dibalik hari Natal ini? Simak ulasannya berikut ini.

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Pencetusan Nama Natal

Ilustrasi pohon Natal.

Photo :
  • U-Report
Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Nama 'Natal' berasal dari Misa Kristus (atau Yesus). Sebuah misa (yang kadang-kadang disebut Komuni atau Ekaristi) adalah di mana orang Kristen mengingat bahwa Yesus mati untuk kita dan kemudian hidup kembali. Ibadah 'Misa Kristus' ialah satu-satunya yang diizinkan untuk dilakukan setelah matahari terbenam (dan sebelum matahari terbit keesokan harinya), jadi orang-orang melakukannya pada tengah malam.

Jadi mereka mendapatkan nama Misa Kristus, disingkat menjadi Natal. Natal kini dirayakan oleh orang-orang di seluruh dunia, baik mereka yang beragama Kristen maupun bukan. Ini merupakan saat ketika keluarga dan teman-teman berkumpul dan mengingat hal-hal baik yang mereka miliki. 

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Natal dirayakan pada tanggal 25 Desember dan merupakan hari raya keagamaan yang suci sekaligus fenomena budaya dan komersial di seluruh dunia. Selama dua milenium, orang-orang di seluruh dunia telah mengamatinya dengan tradisi dan praktik yang bersifat religius dan sekuler. Umat Kristen merayakan Hari Natal sebagai hari kelahiran Yesus dari Nazaret, seorang pemimpin spiritual yang ajarannya menjadi dasar agama mereka. 

Kebiasaan populer termasuk bertukar hadiah, mendekorasi pohon Natal, menghadiri gereja, berbagi makanan dengan keluarga dan teman dan, tentu saja, menunggu Sinterklas tiba. 25 Desember, Hari Natal telah menjadi hari libur federal di Amerika Serikat sejak 1870.

Bagaimana Awal Natal?

Tradisi Dekorasi Natal

Photo :
  • U-Report

Pertengahan musim dingin telah lama menjadi waktu perayaan di seluruh dunia. Berabad-abad sebelum kedatangan sosok pria yang disebut Yesus, orang Eropa awal merayakan terang dan kelahiran di hari-hari tergelap musim dingin. Banyak orang bersorak gembira selama titik balik matahari musim dingin, ketika musim dingin terburuk telah berlalu dan mereka dapat menantikan hari yang lebih panjang dan sinar matahari yang panjang.

Di Skandinavia, orang Nordik merayakan Yule dari 21 Desember, titik balik matahari musim dingin, hingga Januari. Sebagai pengakuan atas kembalinya matahari, ayah dan anak laki-laki akan membawa pulang kayu besar, yang akan mereka bakar. Orang-orang akan berpesta sampai kayu habis terbakar, yang bisa memakan waktu hingga 12 hari. Orang Nordik percaya bahwa setiap percikan api mewakili babi atau anak sapi baru yang akan lahir pada tahun yang akan datang.

Akhir Desember merupakan waktu yang tepat untuk perayaan di sebagian besar wilayah Eropa. Pada waktu itu, kebanyakan ternak disembelih sehingga mereka tidak perlu diberi makan selama musim dingin. Bagi banyak orang, itu adalah satu-satunya waktu dalam setahun ketika mereka memiliki persediaan daging segar. Selain itu, sebagian besar anggur dan bir yang dibuat sepanjang tahun akhirnya difermentasi dan siap untuk diminum.

Di Jerman, orang-orang menghormati dewa pagan Oden selama liburan pertengahan musim dingin. Orang Jerman takut pada Oden, karena mereka percaya dia melakukan penerbangan malam hari melalui langit untuk mengamati rakyatnya, dan kemudian memutuskan siapa yang akan makmur atau binasa. Karena kehadirannya, banyak orang memilih untuk tetap berada di dalam.

Saturnalia dan Natal

Di Roma, di mana musim dingin tidak sekeras di ujung utara, Saturnalia hari libur untuk menghormati Saturnus, dewa pertanian dirayakan. Dimulai pada minggu menjelang titik balik matahari musim dingin dan berlanjut selama sebulan penuh, Saturnalia adalah waktu hedonistik, ketika makanan dan minuman berlimpah dan tatanan sosial Romawi yang normal terbalik. Selama sebulan, orang-orang yang diperbudak diberi kebebasan sementara dan diperlakukan sama. Bisnis dan sekolah ditutup sehingga semua orang dapat berpartisipasi dalam perayaan liburan.

Juga sekitar waktu titik balik matahari musim dingin, orang Romawi merayakan Juvenalia, sebuah pesta untuk menghormati anak-anak Roma. Selain itu, anggota kelas atas sering merayakan ulang tahun Mithra, dewa matahari yang tak terkalahkan, pada tanggal 25 Desember. Diyakini bahwa Mithra, dewa bayi, lahir dari batu. Bagi sebagian orang Romawi, ulang tahun Mithra adalah hari paling suci dalam setahun.

Apakah Natal Benar-benar Hari Yesus Dilahirkan?

Yesus

Photo :
  • http://tommysyatriadi.blogspot.com

Pada tahun-tahun awal Kekristenan, Paskah adalah hari libur utama, kelahiran Yesus tidak dirayakan. Pada abad keempat, pejabat gereja memutuskan untuk menetapkan kelahiran Yesus sebagai hari libur. Sayangnya, Alkitab tidak menyebutkan tanggal kelahirannya (sebuah fakta yang kemudian ditunjukkan oleh kaum Puritan untuk menyangkal legitimasi perayaan). 

Meskipun beberapa bukti menunjukkan bahwa kelahirannya mungkin terjadi pada musim semi (mengapa para gembala menggembalakan di tengah musim dingin?), Paus Julius I memilih 25 Desember. Secara umum diyakini bahwa gereja memilih tanggal ini dalam upaya untuk mengadopsi dan menyerap tradisi festival Saturnalia pagan. Pertama kali disebut Pesta Kelahiran, kebiasaan itu menyebar ke Mesir pada tahun 432 dan ke Inggris pada akhir abad keenam.

Dengan mengadakan Natal pada saat yang sama dengan festival titik balik matahari musim dingin tradisional, para pemimpin gereja meningkatkan kemungkinan bahwa Natal akan dipeluk secara populer, tetapi melepaskan kemampuan untuk mendikte bagaimana itu dirayakan. Pada Abad Pertengahan, agama Kristen sebagian besar telah menggantikan agama pagan. 

Pada hari Natal, orang-orang percaya menghadiri gereja, kemudian merayakannya dengan riuh dalam suasana mabuk seperti karnaval yang mirip dengan Mardi Gras. Setiap tahun, seorang pengemis atau siswa akan dinobatkan sebagai "penguasa yang salah aturan" dan para selebran yang bersemangat memainkan peran sebagai rakyatnya. 

Orang miskin akan pergi ke rumah orang kaya dan meminta makanan dan minuman terbaik mereka. Jika pemilik gagal mematuhi, pengunjung mereka kemungkinan besar akan meneror mereka dengan kerusakan. Natal menjadi waktu di mana kelas atas dapat membayar "hutang" nyata atau imajiner mereka kepada masyarakat dengan menghibur warga yang kurang beruntung.

Natal Sempat Dibatalkan

central park natal

Photo :

Pada awal abad ke-17, gelombang reformasi agama mengubah cara Natal dirayakan di Eropa. Ketika Oliver Cromwell dan pasukan Puritannya mengambil alih Inggris pada tahun 1645, mereka bersumpah untuk menyingkirkan Inggris dari dekadensi dan, sebagai bagian dari upaya mereka, membatalkan Natal. Atas permintaan rakyat, Charles II dikembalikan ke takhta dan, bersamanya, datang kembalinya liburan populer.

Para peziarah, separatis Inggris yang datang ke Amerika pada tahun 1620, bahkan lebih ortodoks dalam kepercayaan Puritan mereka daripada Cromwell. Akibatnya, Natal bukanlah hari libur di Amerika awal. Dari tahun 1659 hingga 1681, perayaan Natal sebenarnya dilarang di Boston. Siapapun yang menunjukkan semangat Natal didenda lima shilling. Sebaliknya, di pemukiman Jamestown, Kapten John Smith melaporkan bahwa Natal dinikmati oleh semua orang dan berlalu tanpa insiden.

Itulah sejarah hari Natal yang dikutip dari history.com. Selamat merayakan hari Natal untuk umat Kristiani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya