Mengurus Pernikahan di KUA akan Jadi Lebih Mudah

Ilustrasi menikah
Ilustrasi menikah
Sumber :
  • http://arivandilla.blogspot.co.id

VIVA – Mengurus pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) kini dibuat lebih mudah dan transparan. Hal itu seiring dengan dua dari enam program prioritas yang dicanangkan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Dua program tersebut adalah Revitalisasi KUA.

Gus Yaqut bertekad merevitalisasi layanan KUA di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai lebih dari 5.945 unit. Dengan revitalisasi ini, ke depan KUA akan memiliki layanan keagamaan yang lebih mudah diakses, kredibel, dan transparan.

Tahun pertama kepemimpinan Gus Yaqut, total 106 KUA telah direvitalisasi. Enam di antaranya merupakan KUA piloting yang dijadikan model oleh KUA lainnya.

Ilustrasi menikah.

Ilustrasi menikah.

Photo :
  • U-Report

"Wajah KUA adalah wajah Kementerian Agama. Karena itu, saya telah menetapkan revitalisasi KUA sebagai salah satu di antara enam kebijakan prioritas Kementerian Agama. KUA harus memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat," kata Gus Yaqut baru-baru ini.

Revitalisasi KUA, menurut Menag, sangat penting dilakukan karena KUA adalah layanan terdepan yang dimiliki Kementerian Agama. Layanan KUA bersentuhan langsung dengan masyarakat akar rumput.

KUA, kata Gus Yaqut, harus menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama. Setiap pelayanan KUA harus berpegang pada prinsip moderat, inklusif, mudah, andal, kredibel, dan transparan.