5 Kebiasaan Orang Indonesia Dianggap Tak Sopan di Luar Negeri

ilustrasi kebiasaan mengorok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Terdapat banyak kebiasaan-kebiasaan yang ada di Indonesia, bahkan hal itu menjadi suatu hal yang mencerminkan bagaimana kesopanan kita terhadap orang lain. Hal tersebut guna menghindari agar orang lain tidak merasa tersinggung. Namun, bagaimana jika sebaliknya? 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Ada beberapa negara yang menganggap bahwa kebiasaan orang Indonesia yang dianggap normal dan sopan tersebut malah dinilai tidak sopan dan terkesan kasar di negara lain. Berikut rangkuman kebiasaan orang Indonesia yang normal dan sopan tapi justru dianggap kasar dan tidak sopan di luar negeri. 

Tersenyum (Rusia)

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Ilustrasi tersenyum.

Photo :
  • U-Report

Jika  biasanya di Indonesia orang-orang yang tersenyum saat bertemu dengan orang lain merupakan suatu hal yang terkesan ramah dan sopan, lain halnya dengan negara Rusia. Ternyata tersenyum merupakan salah satu hal yang tidak menyenangkan bagi orang Rusia apabila mereka bertemu dengan orang asing. Hal itu dikarenakan orang-orang Rusia percaya bahwa dengan tersenyum mereka terkesan seperti ‘menggoda’. Sehingga mereka hanya akan tersenyum pada teman atau keluarga yang mereka temui. 

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Memberikan uang terima kasih atau tip (Jepang)

Uang tip

Photo :
  • Instagram @ulet8ulu

Budaya memberi dan menerima uang terima kasih atau tip memang banyak dilakukan oleh orang-orang Indonesia. Karena tip tersebut dianggap sebagai bentuk dari apresiasi kerja seseorang. Namun ternyata berbeda dengan di negara Jepang, pemberian tip terhadap seseorang dianggap sebagai suatu penghinaan. Hal itu disebabkan karena masyarakat di Jepang sudah menerapkan kebiasaan untuk tidak mengharapkan imbalan lebih dan sudah memberikan pelayanan yang terbaik. 

Menghabiskan makanan (China)

Ilustrasi keluarga makan bersama

Photo :
  • U-Report

Orang-orang Indonesia pada dasarnya memang memiliki budaya atau kebiasaan untuk menghabiskan makanan dan tidak menyisakannya saat bertamu. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada tuan rumah yang sudah menyediakan makanan dan membuatnya merasa senang. Tapi hal itu tidak berlaku di negara China sebab apabila seorang tamu menyantap habis makanannya, maka justru dianggap sebagai hal yang tidak sopan. Karena itu berarti tamu tersebut menganggap makanan yang disajikan oleh tuan rumah tidak cukup untuk mereka. 

Membuka hadiah langsung di depan orangnya

Ilustrasi hadiah

Photo :
  • Instagram @luckybalonsampit

Setiap orang, apalagi di Indonesia pasti tidak sabar untuk membuka hadiah yang baru saa diberikan. Bahkan terkadang tak jarang yang langsung membuka hadiah yang baru saja diberikan tersebut di depan pemberinya dan hal itu dianggap normal. Lain cerita dengan di negara India, jangan pernah kamu melakukannya di negara tersebut. Sebab mereka percaya bahwa kesan serakah akan terlihat pada penerima hadiah yang membuka hadiahnya langsung di depan sang pemberi. 

Membunyikan klakson (Norwegia)

Pengemudi membunyikan klakson saat mengendarai mobil

Photo :
  • inovasionline.wordpress.com

Mungkin membunyikan klakson ada hal yang paling mudah dan sering dilakukan oleh orang-orang di Indonesia. Ha itu dilakukan untuk sekadar memberikan peringatan kepada pengendara lain. Tapi siapa sangka bahwa ternyata di negara Norwegia kamu tidak dapat melakukannya? Ya, membunyikan klakson di negara Norwegia dianggap kasar dan tidak sopan, mereka hanya diperbolehkan mengklakson apabila sedang dalam keadaan darurat atau mendesak saja. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya