5 Kebiasaan Tidak Sopan di Indonesia Ini Dianggap Sopan di Finlandia

Ilustrasi memanggil orang lain
Sumber :
  • Instagram @imzadiconsulting

VIVA –  Setiap negara tentunya memiliki masing-masing kebiasaan yang berbeda-beda. Salah satunya seperti perbedaan kebiasaan orang Indonesia dengan kebiasaan orang dari negara Finlandia. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang dianggap tidak sopan di namun dianggap sopan di negara Finlandia.

Libur Lebaran, Waspada Dampak Negatif Game Online Berbahaya pada Anak!

1. Menunjuk sesuatu menggunakan kaki

Ilustrasi menunjuk menggunakan kaki

Photo :
  • Instagram @markaswibu
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Bila di Indonesia kamu menunjuk sesuatu menggunakan kaki adalah hal yang dianggap tidak sopan karena terkesan kurang ajar dan tidak sopan, lain halnya dengan di negara Finlandia. Menunjuk sesuatu menggunakan kaki justru dianggap sopan-sopan saja di negara tersebut. Bahkan hal itu merupakan hal yang lumrah oleh orang-orang yang ada di negara Finlandia. 

2. Memanggil atasan hanya dengan nama

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Ilustrasi memanggil orang lain

Photo :
  • Instagram @imzadiconsulting

Memanggil atasan hanya dengan menyebut namanya saja pasti menjadi hal yang tidak sopan dalam dunia kerja di Indonesia karena dianggap tidak menghargai atasan. Namun ternyata kebiasaan di negara Finlandia justru berbeda, memanggil atasan hanya dengan menyebut nama saja menjadi hal yang biasa saja bagi mereka dalam dunia kerja. Hal itu dikarenakan mereka percaya bahwa dengan memanggil nama dapat menciptakan kedekatan antara atasan dengan karyawannya. 

3. Membuang ingus di meja makan

Ilustrasi ingusan

Photo :
  • Instagram @essentsmart

Salah satu kebiasaan yang dianggap tidak sopan di Indonesia adalah membuang ingus di meja makan, bahkan kamu bisa ditegur dan dimarahi. Hal tersebut adalah salah satu hal yang juga dianggap jorok. Tapi lagi-lagi kebiasaan tersebut berbeda dengan negara Finlandia. Bagi mereka, membuang ingus di meja makan merupakan hal yang biasa saja dan bukan sesuatu yang dianggap jorok. Maka dari itu mereka membiarkannya walaupun di tempat umum sekali pun. 

4. Menggunakan tangan kiri

Ilustrasi menggunakan tangan kiri

Photo :
  • Instagram @faktadanmitos

Satu lagi kebiasaan di Indonesia yang berbeda dengan negara Finlandia adalah menggunakan tangan kiri untuk melakukan suatu hal. Apabila di Indonesia kamu menggunakan tangan kiri untuk makan atau mengambil dan memberi sesuatu tentu akan dianggap tidak sopan, kecuali memang dalam keadaan yang terpaksa. Namun berbeda dengan negara Finlandia yang menganggap bahwa kedua tangan baik kanan maupun kiri memiliki fungsi yang sama sehingga mereka tidak membedakannya. 

5. Membuang tisu ke dalam toilet

Ilustrasi Tisu Toilet

Photo :
  • Pixabay/ DizzyRoseblade

Larangan untuk membuang tisu ke dalam toilet memang sudah ada pada peraturan di setiap toilet yang ada di Indonesia. Maka hal tersebut tentunya tidak dilakukan oleh orang Indonesia sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan yang sudah dibuat. Selain itu, sudah disediakan pula tempat sampah untuk membuang tisu saat menggunakan toilet. Tetapi lagi-lagi berbeda dengan negara Finlandia, mereka memiliki kebiasaan membuang tisu ke dalam toilet karena memang tidak disediakan tempat sampah. Tisu yang digunakan pun adalah tisu dengan bahan yang gampang larut dalam air. 

Itulah beberapa perbedaan kebiasaan antara negara Indonesia dan negara Finlandia. Setelah mengetahui kebiasaan yang tidak sopan tapi dianggap sopan di luar negeri ini bagaimana pendapatmu? Tetap ikuti kebiasaan yang berlaku di negaramu sendiri ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya