7 Gereja Terbesar dan Termegah di Indonesia, Menampung Ribuan Jemaat

GBI Mawar Sharon
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ada beberapa gereja terbesar di Indonesia yang dijadikan sebagai tempat ibadah untuk umat Kristiani. Gereja mempunyai arti jiwa yang mana jiwa tersebut adalah seluruh umat yang beribadah di dalamnya. Walaupun bukan sebagai agama terbesar di Indonesia, tapi terdapat beberapa gereja terbesar yang dapat menampung hingga puluhan ribu jemaat.

Mengejutkan! Sabda Ahessa Viral Ibadah di Gereja, Ibunda Sebut Rajin Baca Al-Quran

Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai gereja terbesar di Indonesia.

Lalu, Apa Saja Gereja Terbesar di Indonesia?

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

1. Gereja Bethany

Jemaat Gereja Bethany Surabaya

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)
Kisah 1 Gereja Pengin Naik Haji, Ustaz Khalid Basalamah: Orang Berjiwa muslim Tak Kekal di Neraka

Gereja terbesar pertama yang akan dijelaskan dalam daftar ini adalah Gereja Bethany yang berada di Surabaya. Gereja ini dapat dikatakan sebagai salah satu gereja terbesar dan tertua di Indonesia. Gereja ini merupakan salah satu gereja GBI yaitu Gereja Bethel di Indonesia yang beralamat di Jl Manyar Rejo I/28, Surabaya.

Seperti namanya, gereja ini bercirikan kapasitasnya yang besar. Gereja ini dibangun oleh pendeta Abraham Alex Tanusaputra pada tahun 1979 dan merupakan gereja yang sangat besar. Saking besarnya, gereja ini bahkan dikenal sebagai bangunan yang terbesar di Asia Tenggara. Dengan gelar tersebut, tak heran jika kapasitas jemaah yang bisa ikut kebaktian di sini kurang lebih 36.000.

2. JKI Kerajaan Allah

JKI Kerajaan Allah

Photo :
  • Tangkapan Layar

Gereja terbesar berikutnya bernama JKI Kerajaan Allah. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 2007. Sekitar 12.000 orang bisa masuk saat sudah diresmikan. Biasanya ada 3 jadwal Kebaktian di gereja ini dengan jumlah jemaat yang lebih dari 6.000 orang setiap Kebaktiannya.

Untuk lokasinya sendiri, gereja ini berada di wilayah Kompleks Grand Marina, Semarang Utara. Selain itu, untuk misinya sendiri, gereja terbesar di Indonesia ini mempunyai misi untuk membawa jemaat dalam kasih Allah.

3. GBI Mawar Sharon

GBI Mawar Sharon

Photo :
  • Tangkapan Layar

Berikutnya adalah gereja yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Gereja ini merupakan gereja yang sangat luas. Gereja tersebut dimulai pembangunannya dengan pembelian tanah pada tanggal 22 Desember 1993.

Sayangnya, gereja tersebut tidak langsung dibangun setelah pembelian. Konstruksi sebenarnya dilakukan pada tahun 1996, dan upacara peresmian dipimpin oleh Pendeta David Yoggie Cho pada tahun yang sama setelah selesai.

Gereja ini terletak di Jl East Hybrida, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara. Sejauh ini, gereja ini merupakan gereja yang aktif dan dapat menampung hingga 3000 jemaat. Ada 5 sekretariat gereja, 5 sekolah evangelist, dan gedung pendidikan 5 lantai di gedung ini.

Meskipun ukurannya besar, salah satu gereja terbesar di Indonesia ini terus dikembangkan dan dibangun sampai pada tahun 2004 silam. Sampai saat ini GBI Mawar Sharon mampu menampung lebih dari 10.000 orang jemaat.

4. Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah Solo

Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah Solo

Photo :
  • Tangkapan Layar

Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah Solo didirikan pada tahun 1989. Sampai saat ini, jemaat gereja tersebut mencapai 30 ribu orang. Untuk kapasitasnya sendiri terdapat 5.000 tempat duduk yang berada di hall utama kemudian ada juga 20 ribu tempat duduk tambahan.

Gereja ini tidak hanya besar, tetapi juga luas dan sukses. Banyaknya media yang dimilikinya membuktikan hal itu. Media tersebut termasuk radio FM El Shadai dan TA TV. Bahkan, hingga saat ini, salah satu gereja terbesar di Indonesia ini telah membuka cabang di Yogyakarta, dengan 1.500 kursi jemaat.

5. Gereja Evangelis Reformasi Indonesia

Gereja Evangelis Reformasi Indonesia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Gereja Evangelis Reformasi Indonesia berada di Jl. Angkasa Kemayoran, Jakarta Pusat. Gereja ini memiliki bangunan besar yang sangat unik. Salah satu keunikannya adalah bagian bangunan yang atapnya menyerupai kubah atau dome. Selain bentuknya, ukuran lahan yang digunakan untuk pembangunan gereja ini juga begitu fantastis.

Gereja Evangelis Reformasi Indonesia memiliki luas sekitar 13.000 meter persegi. Di dalam bangunani gereja terbesar di Indonesia ini terdapat dua aula utama yang sangat besar, yaitu Messiah Cathedral Hall dan John Calvin Hall.

The Messiah Cathedral Hall terletak di lantai 4 dan dapat menampung 5.000 jemaat. Sementara itu, John Calvin Hall terletak di lantai pertama dan dapat menampung 3.000 orang. Selain itu, terdapat 2 ruangan tambahan untuk kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris dan Mandarin. Biasanya yang menjadi siswa adalah anak-anak dan remaja.

6. Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega

Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega merupakan salah satu gereja terbesar di Indonesia. Gereja Bethel Tabernakel Alfa Omega terletak di Jl Gajah Mada 114 sampai 118 Semarang. Dari alamat tersebut, kita sudah bisa melihat bahwa Gereja Alpha Omega Tabernakel Bethel adalah salah satu gereja yang sangat besar.

Kemegahan Gereja Bethel Tabernacle Alpha Omega tidak hanya terlihat di gedung yang dimilikinya, tetapi juga di tempat parkir yang dimilikinya. Dilihat dari luasnya, luas tanah Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega kurang lebih 900 m2 tidak sebesar gereja Evangelis yang terdapat di Jakarta Pusat. Akan tetapi, dengan ukuran tersebut, Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega telah menjadi salah satu gereja terbesar di Semarang.

Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega mulai dibangun pada tanggal 3 April 2006 dan selesai pada tahun 2009. Pembangunannya menelan biaya sekitar 19 juta. Biaya ini belum termasuk donasi. Sumbangan untuk pembangunan gereja terbesar di Indonesia ini antara lain AC, kursi, semen, kaca, dan lain sebagainya. Dari segi kapasitas, gereja ini setidaknya bisa menampung 5.000 jemaat.

7. GBI Basilea

GBI Basilea juga dikenal sebagai Katedral Kristus Serpong. Gereja dapat menampung 2.500 orang, tetapi memiliki jemaat hingga 3.000 orang. Ciri utama dari gereja ini adalah banyaknya jumlah umat yang dipilih untuk berkumpul, suasananya sangat kental, dengan suasana religi, tenang, dan peribadatan bisa lebih khusyuk. Karena merupakan salah satu gereja terbesar, tempat ini mendapat ancaman bom pada tahun 2011.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya