Ingin Hidup Bahagia? Ini 7 Aturan dalam Hidup yang Wajib Dipatuhi

Ilustrasi Bahagia
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Aturan dalam hidup semestinya dipahami oleh semua orang, supaya kehidupan bisa berjalan lancar dan damai. Semua orang tentu saja memiliki kehidupan yang berbeda-beda dan tergantung ia menjalaninya. Meskipun tidak sedikit orang yang masih kesulitan dalam menentukan dan menetapkan peraturan untuk dirinya sendiri dan untuk kebiasaan sehari-hari. Nah, untuk kamu yang masih kebingungan mengenai aturan dalam hidup, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Lalu, Apa Saja Aturan dalam Hidup?

1. Lihat Cermin Setiap Pagi untuk Memotivasi Jiwamu

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Ilustrasi orang bercermin.

Photo :
  • U-Report

Tentu saja kamu memiliki cermin di rumah, tapi tidak sedikit orang yang belum menyadari bahwa cermin tersebut berpengaruh terhadap diri kamu. Saat kamu merasa baik, kamu akan tersenyum di depan cermin tersebut. Tetapi, ketika kamu merasa terpukul maka kamu akan memunculkan wajah sedih. Maka dari itu, bila kamu tengah merasa sedih cobalah untuk tegar dan berbicara pada diri kamu sendiri di depan cermin bahwa kamu sedang baik-baik saja. Kamu dapat melalui masalah tersebut karena kamu adalah sosok yang kuat. 

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

2. Rajin Menabung Sebelum Berbelanja

Menabung.

Photo :
  • Freepik

Aturan dalam hidup berikutnya yang harus diterapkan adalah jika mau berbelanja harus menghasilkan uang terlebih dahulu. Bila hal ini sudah ditanamkan dalam diri, tidak ada yang namanya besar pasak daripada tiang atau pengeluaran lebih besar ketimbang penghasilan. Dengan demikian, hidup kamu akan jauh lebih tenang karena tidak dipusingkan dengan cicilan. 

3. Tidak Masalah Pernah Salah, Tapi Harus Tetap Belajar

Ilustrasi belajar daring.

Photo :
  • U-Report

Salah, tidak berhasil, gagal, atau keinginan tidak tercapai merupakan sebuah hal yang jamak terjadi dalam kehidupan. Tapi, kamu harus tetap bersyukur jika pernah merasa salah atau gagal. Karena pada saat itu, kamu akan mengintrospeksi diri supaya hal tersebut tidak terjadi berulang kali. Semua orang tentu saja pernah melakukan kesalahan. Jadi, sangat wajar bila kamu pernah melakukan kesalahan. Tapi perlu diketahui bahwa jangan sampai melakukan yang kedua kalinya dan seterusnya. Jadilah orang pembelajar dari pengalaman diri sendiri.

4. Jangan Tergantung pada Sesuatu

Ilustrasi wanita/pertemanan/sahabat.

Photo :
  • Freepik/halayalex

Mungkin kamu pernah ketemu dengan orang yang maunya terus ditemani oleh orang yang sama. Bila dia sedang sendirian biasanya akan merengek minta untuk ditemani. Bila tidak ditemani, seolah-olah dunia akan hancur. 

Perlu dipahami bahwa hal ini akan merugikan diri kamu sendiri yang menjadi pribadi tidak mandiri dan tidak berani sama sekali. Selain itu, kamu juga akan menyusahkan orang lain, karena tidak semua orang mau menemani setiap saat. 

5. Berikan Manfaat untuk Orang Lain

Ilustrasi Saling tolong menolong

Photo :
  • vstory

Tuhan sudah menciptakan manusia dengan sangat luar biasa. Mempunyai akan yang membuatnya bisa berkreasi apa saja. Maka dari itu, sungguh rugi jika hidup disia-siakan tanpa memberikan manfaat untuk orang sekitar. Kamu tidak harus menjadi presiden untuk bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Cobalah dulu dari langkah yang paling kecil, contohnya adalah menyedekahkan sedikit dari penghasilan kamu. Bila saat ini hanya bisa sedekah sedikit, tidak masalah. Hal ini malahan akan menjadi motivasi kamu untuk dapat bekerja lebih keras dan cerdas supaya kedepannya dapat bersedekah lebih banyak. 

6. Jangan Menyerah

Sesuatu akan berhasil bila kita tidak mudah menyerah.

Photo :
  • vstory

Jika kamu belum mencoba sesuatu, bagaimana kamu akan mengetahui hasilnya. Maka dari itu, ketika kamu ingin melakukan sesuatu hal yang baru, sebaiknya tidak usah mikir macam-macam, cobalah terlebih dahulu. Untuk hasil gagal atau sukses, itu adalah perkara belakangan. Pastikan bahwa kamu tidak gagal sebelum berperang. 

7. Jangan Terlalu Terikat dengan Sebuah Hubungan

Gaya berpacaran di tempat terbuka.

Photo :
  • Pixabay/AdinaVoicu

Jatuh cinta dalam hidup itu sangat dianjurkan, tidak ada larangan untuk itu. Akan tetapi, pastikan bahwa kamu jatuh cinta kepada orang yang sesuai dan baik untuk kamu. Jangan asal suka dan kemudian jadian sampai berakhir dengan kisah cinta yang sama. Ini namanya adalah kamu hanya asal menjalankan hubungan atau asal mencoba saja. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya