20 Tradisi Unik di Berbagai Negara, No 6 Paling Aneh

Ilustrasi Kembang api
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tinggal menghitung jam, tahun 2021 akan berganti menjadi tahun 2022. Taukah kamu jika diberbagai negara ini memiliki tradisi unik dalam merayakan tahun baru lho. Ini dia 20 tradisi unik di berbagai negara yang merayakan tahun baru.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

1. Spanyol: Makan Anggur Untuk Keberuntungan

Makan anggur hijau

Photo :
  • U-Report
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Di Spanyol, penduduk setempat akan makan tepat 12 buah anggur pada tengah malam untuk menghormati tradisi yang dimulai pada akhir abad ke-19. Kembali pada 1800-an, petani anggur di daerah Alicante datang dengan tradisi ini sebagai sarana untuk menjual lebih banyak anggur menjelang akhir tahun, tetapi perayaan manis itu dengan cepat tertangkap. 

2. Skotlandia: Pijakan Pertama / tamu wajib memberi hadiah ke tuan rumah

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

Di Skotlandia, hari sebelum 1 Januari begitu penting sehingga bahkan ada nama resminya: Hogmanay. Pada hari ini, orang Skotlandia mengamati banyak tradisi, tetapi dengan mudah salah satu tradisi mereka yang paling terkenal adalah pijakan pertama. Menurut kepercayaan orang Skotlandia, orang pertama yang melewati ambang pintu rumah Kamu setelah tengah malam pada Hari Tahun Baru haruslah laki-laki berambut gelap jika Kamu ingin mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

Secara tradisional, orang-orang ini datang dengan membawa hadiah batu bara, garam, kue, dan wiski, yang semuanya berkontribusi lebih lanjut pada gagasan untuk memiliki nasib baik. Tapi mengapa pria berambut gelap? Nah, kembali ketika Skotlandia sedang diserang oleh Viking, hal terakhir yang ingin Kamu lihat di depan pintu Kamu adalah seorang pria berambut terang membawa kapak raksasa. Jadi hari ini, kebalikannya pria berambut gelap melambangkan kemewahan dan kesuksesan.

3. The Netherlands: Mengunyah Oliebollen

Alasan di balik tradisi Malam Tahun Baru di Netherlands ini sedikit aneh. Suku-suku Jermanik kuno akan memakan potongan-potongan adonan goreng ini selama Yule sehingga ketika dewi Jermanik Perchta, lebih dikenal sebagai Perchta si Pemotong Perut, mencoba untuk memotong perut mereka dan mengisinya dengan sampah (hukuman bagi mereka yang tidak memakannya). cukup ambil bagian dalam sorak-sorai yuletide), lemak dari adonan akan menyebabkan pedangnya meluncur langsung. 

4. Rusia: Menanam Pohon Bawah Air

Selama sekitar 25 tahun terakhir, telah menjadi tradisi liburan Rusia bagi dua penyelam, yang dinamai dengan tepat Father Frost dan Ice Maiden, untuk menjelajah ke Danau Baikal yang beku, danau air tawar terbesar di dunia, dan mengambil Pohon Tahun Baru. Biasanya pohon cemara yang dihias lebih dari 100 kaki di bawah permukaan. Meskipun suhu biasanya jauh di bawah titik beku di Rusia pada Malam Tahun Baru, orang-orang melakukan perjalanan dari seluruh dunia untuk mengambil bagian dalam pesta beku ini.

5. Brasil: Melempar Bunga Putih ke Laut

Jika Kamu kebetulan berada di Brasil untuk Malam Tahun Baru, jangan kaget menemukan lautan dipenuhi bunga putih dan lilin. Di negara Amerika Selatan, adalah hal biasa bagi warga untuk pergi ke pantai pada Malam Tahun Baru untuk memberikan persembahan kepada Yemoja, dewa air utama yang konon menguasai lautan, untuk mendapatkan berkahnya untuk tahun yang akan datang. 

6. Italia: Mengenakan Pakaian Dalam Merah

Celana dalam bahan lace

Photo :

Orang Italia memiliki tradisi mengenakan pakaian dalam berwarna merah untuk cincin di tahun baru. Dalam budaya Italia, warna merah dikaitkan dengan kesuburan, sehingga orang memakainya di bawah pakaian mereka dengan harapan dapat membantu mereka hamil di tahun mendatang.

7. Yunani: Menggantungkan Bawang

Tradisi Malam Tahun Baru ini tidak ada hubungannya dengan vampir. Sebaliknya, orang Yunani percaya bahwa bawang adalah simbol kelahiran kembali, dan karena itu mereka menggantung sayuran pedas di pintu mereka untuk mendorong pertumbuhan sepanjang tahun baru. Budaya Yunani telah lama mengasosiasikan makanan ini dengan ide pembangunan, mengingat semua bau bawang yang tampaknya diinginkan adalah menanam akarnya dan terus tumbuh. 

8. Chili: Bersantai di Pemakaman

Di Chili, misa Malam Tahun Baru diadakan bukan di gereja, tetapi di kuburan. Perubahan pemandangan ini memungkinkan orang untuk duduk bersama anggota keluarga mereka yang telah meninggal dan memasukkan mereka ke dalam perayaan Malam Tahun Baru.

9. Jepang: Menyeruput Mie Soba

Dalam budaya Jepang, merupakan kebiasaan untuk menyambut tahun baru dengan semangkuk mie soba dalam ritual yang dikenal sebagai toshikoshi soba, atau mie persilangan tahun. Meskipun tidak ada yang sepenuhnya yakin dari mana toshikoshi soba pertama kali berasal, diyakini bahwa bentuk soba yang tipis dan panjangnya yang panjang dimaksudkan untuk menjadikan umur yang panjang dan sehat. Banyak orang juga percaya bahwa karena tanaman soba yang digunakan untuk membuat mie soba sangat tahan lama, orang makan pasta pada Malam Tahun Baru untuk menjadikan kekuatan mereka. 

10. Denmark: Menghancurkan Piring

Ilustrasi mencuci piring.

Photo :
  • Pixabay/eak_kkk

Di Denmark, orang bangga dengan jumlah piring pecah di luar pintu mereka pada akhir Malam Tahun Baru. Merupakan tradisi Denmark untuk melempar porselen ke pintu depan teman dan tetangga Kamu pada Malam Tahun Baru ada yang mengatakan itu adalah cara untuk meninggalkan segala agresi dan niat buruk sebelum Tahun Baru dimulai. Dan dikatakan bahwa semakin besar tumpukan Kamu piring pecah, semakin banyak keberuntungan yang akan Kamu miliki di tahun mendatang. Unik sekali ya.

11. Ekuador: Membakar Orang-orangan Sawah

Di Ekuador, perayaan Malam Tahun Baru dinyalakan (secara harfiah) oleh api unggun. Di tengah masing-masing api unggun ini terdapat patung, paling sering mewakili politisi, ikon budaya pop, dan tokoh lain dari tahun sebelumnya. Pembakaran "año viejo," atau "tahun tua", demikian sebutannya, diadakan pada akhir setiap tahun untuk membersihkan dunia dari semua hal buruk dari 12 bulan terakhir dan memberi ruang bagi kebaikan yang akan datang. 

12. Yunani: Membenturkan Buah Delima

Buah Delima

Photo :
  • U-Report

Dalam mitologi Yunani kuno, buah delima melambangkan kesuburan, kehidupan, dan kelimpahan, sehingga buah ini dikaitkan dengan keberuntungan di Yunani modern. Tepat setelah tengah malam pada Malam Tahun Baru, sudah menjadi kebiasaan bagi orang Yunani untuk membenturkan buah delima ke pintu rumah mereka dan dikatakan bahwa jumlah biji delima yang akhirnya berserakan berkorelasi langsung dengan jumlah keberuntungan yang akan datang.

13. Jerman: Menuangkan Timbal

Di Jerman, semua Perayaan Malam Tahun Baru berpusat pada aktivitas yang agak unik yang dikenal sebagai Bleigießen, atau penuangan timah. Menggunakan api dari lilin, setiap orang melelehkan sepotong kecil timah atau timah dan menuangkannya ke dalam wadah berisi air dingin. Bentuk timah atau timah dikatakan mengungkapkan nasib seseorang untuk tahun mendatang, tidak seperti tasseografi.

14. Jepang: Dering Lonceng

Di Jepang, ada tradisi unik dalam merayakan tahun baru yaitu membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Itulah berapa kali kuil Buddha di Jepang membunyikan lonceng pada Malam Tahun Baru 107 kali pada Malam Tahun Baru, dan satu kali saat jam menunjukkan tengah malam. Tradisi ini, yang dikenal sebagai joyanokane, dimaksudkan untuk menghilangkan 108 keinginan jahat dalam diri setiap orang dan membersihkan tahun sebelumnya dari dosa-dosa masa lalu.

15. Rusia: Minum Abu

Sebelum Kamu merasa jijik, yakinlah bahwa orang Rusia tidak memakan abu manusia atau semacamnya. Sebaliknya, dalam budaya Rusia, merupakan tradisi Malam Tahun Baru bagi orang-orang untuk menuliskan keinginan mereka di selembar kertas, membakarnya dengan lilin, dan meminum abunya dalam segelas sampanye.

16. Republik Ceko: Memotong Apel

Makan buah apel.

Photo :
  • U-Report

Orang Ceko lebih suka memprediksi nasib masa depan mereka pada Malam Tahun Baru dengan bantuan sebuah apel. Malam sebelum tahun baru dimulai, buah dipotong menjadi dua, dan bentuk inti apel dikatakan menentukan nasib semua orang di sekitarnya. Jika inti apel menyerupai bintang, maka semua orang akan segera bertemu lagi dalam kebahagiaan dan Kesehatan, tetapi jika itu terlihat seperti salib, maka seseorang di pesta Malam Tahun Baru akan jatuh sakit.

17. Estonia: Makan Banyak

Jika sarapan, makan siang, dan makan malam tidak cukup untuk membuat Kamu kenyang, maka Kamu pasti ingin merayakan Malam Tahun Baru di Estonia. Di sana, orang percaya bahwa makan tujuh, sembilan, atau 12 kali akan membawa hal-hal baik di tahun yang akan datang, mengingat angka-angka itu dianggap keberuntungan di seluruh negeri. Dan jika Kamu tidak dapat menghabiskan makanan Kamu, jangan khawatir: Orang sering sengaja meninggalkan makanan di piring mereka untuk memberi makan anggota keluarga yang berkunjung yaitu yang berwujud roh.

18. Armenia: Memanggang Roti "Semoga Sukses"

Ketika orang-orang di Armenia memanggang roti pada Malam Tahun Baru, mereka menambahkan bahan khusus ke dalam adonan mereka: keberuntungan. Tentu saja, mereka tidak benar-benar menambahkan bahan yang disebut keberuntungan ke dalam adonan mereka, tetapi itu adalah tradisi untuk harapan baik metaforis untuk diremas ke dalam setiap batch roti yang dipanggang pada hari terakhir tahun ini.

19. Turki: Taburan Garam

Garam Laut

Photo :
  • Pixabay/pexels

Di Turki, menaburkan garam di depan pintu Kamu dianggap sebagai keberuntungan jika jam menunjukkan tengah malam pada Hari Tahun Baru. Seperti banyak tradisi Malam Tahun Baru lainnya di seluruh dunia, tradisi ini dikatakan mempromosikan perdamaian dan kemakmuran sepanjang tahun baru.

20. Irlandia: Tidur di Mistletoe

Di Irlandia, sudah menjadi kebiasaan bagi wanita lajang untuk tidur dengan mistletoe di bawah bantal mereka pada Malam Tahun Baru. Seharusnya, tidur dengan tanaman membantu wanita menemukan calon suami mereka setidaknya dalam mimpi mereka. Mistletoe adalah nama umum untuk tanaman hemiparasit obligat dalam ordo Santalales.

Itulah tradisi unik perayaan tahun baru yang diadakan di berbagai negara dikutip dari bestlifeonline.com. Apakah kamu tertarik untuk mencoba merayakan tahun baru di negara tersebut?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya