8 Fakta Aneh dan Unik Kota Doha di Qatar

Kota Doha
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Kota Doha memiliki keunikan yang mempesona. Ada fakta menarik tentang kota Doha ini. Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar, salah satu stadion telah menjadi sorotan para pencinta sepak bola karena bentuknya yang mirip vagina raksasa. Benarkah? Yuk simak Kota Doha ini yang memiliki fakta aneh dan unik dikutip dari berbagai sumber.

Serius Berpolitik, Verrell Bramasta Mau Belajar ke Inggris Dulu Sebelum Dilantik Jadi Anggota DPR

1. Asal Kata Doha

Kota Doha

Photo :
  • pixabay
Ini 5 Sistem Pertahanan Udara Israel yang Bekerja Lembur Cegat Rudal Balistik Iran

Doha, ibu kota Qatar, merupakan kota yang sangat menarik dan berkembang dengan baik yang menjadi pusat daya tarik bagi para wisatawan. Nama Doha berasal dari istilah Arab "Dohat" yang berarti kebulatan yang mengacu pada teluk bundar yang mengelilingi kota.

2. Sejarah Doha

Rudal dan Drone Iran Hujani Tel Aviv, Israel Bisa Lewati Ujian Dibantu AS-Inggris

Kota Doha

Photo :
  • pixabay

Pada 1716-an, anggota Al Khalifa dari suku Utub bermigrasi dari Kuwait dan Arab Tengah dan membentuk pangkalan di utara Qatar. Bagian barat laut Qatar, yang digunakan sebagai pelabuhan oleh Perompak Teluk Persia, dinamai Al Bida pada tahun 1850.
Selama abad ke-19, Inggris mencari Qatar dan Teluk Persia, Al Khalifa memerintah wilayah tersebut dari tanah terdekat Bahrain.

Pada tahun 1867, selama perang antara Qatar dan Bahrain, di mana Abu Dhabi mendukung Bahrain, Doha rusak parah. Pada tahun 1868, atas permintaan Qatar, Inggris merundingkan klaim AL Khalifa ke Qatar dan setelah itu, Inggris mengangkat Muhammad Ibn Thani Al Thani sebagai penguasa Qatar.

Turki Ottoman menduduki Qatar pada tahun 1872. Di barat daya Qatar sebuah Benteng dibuat dan di bawah kepemimpinan Sheikh Qassim, Tentara Qatar mengalahkan Ottoman. Pada 116, Qatar dijadikan protektorat Inggris dan Doha dijadikan Ibukota. Pada tahun 1971, setelah serangkaian masalah seperti kemiskinan, pembangunan dan depresi, Qatar merdeka.

3. Geografi Doha

Kota Doha

Photo :
  • pixabay

Doha terletak di pantai timur tengah semenanjung sekitar 5 km dari timur ke barat. Iklimnya sangat panas rata-rata hingga 45 derajat di musim panas dan malam berangin dingin di musim dingin menurunkan suhu hingga 7 derajat. Curah hujan langka dan curah hujan rendah dan titik embun bisa mencapai 25 derajat di musim panas.

Ini adalah kota terpadat di Qatar dengan populasi lebih dari 646177 pada tahun 2021. Demografi Doha tidak biasa karena mayoritas penduduknya adalah ekspatriat, dengan warga negara Qatar menjadi minoritas. Kebanyakan ekspatriat berasal dari negara-negara Asia Selatan terutama India, Pakistan dan Bangladesh dan beberapa orang dari negara lain seperti Mesir, Asia Timur, Afrika Selatan.

4. Keunikan Kuliner di Kota Doha

Ilustrasi Makanan

Photo :
  • U-Report

Doha adalah campuran budaya dalam hal makanan dan variasi, rasa, dan penyajiannya akan membuat kamu ketagihan ke Doha. Masakan termasuk Jepang, Arabic Grill, Asian Wok dan hidangan dari Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Utara dan banyak lagi. Para pecinta kuliner benar-benar ingin berhenti di sini selamanya.

5. Museum yang Luar Biasa

National Museum of Qatar

Photo :
  • Instagram @dohafamilyadventure

Doha memiliki beberapa museum yang luar biasa. Museum nasional Qatar dirancang oleh arsitek Prancis terkenal Jean Nouvel, yang menyerupai mawar gurun dari pandangan udara. Karya agung ini menampilkan sekitar 539 disk yang tumpang tindih dan menyatu dengan kaca sehingga memberikan tampilan yang unik.

6. Stadiun yang Unik

Stadion Al Wakrah

Photo :
  • pixabay

Beberapa Stadion di Doha memiliki stadion yang unik, salah satunya Stadion Al Wakrah. Stadion ini merupakan stadion sepak bola yang direncanakan dibangun untuk menggelar pertandingan sepak bola antar negara FIFA World Cup 2022 di Qatar. Stadion ini dibangun tepat pada waktunya di bagian selatan Qatar, Al Wakrah yang memiliki kapasitas 40.000 tempat duduk. 

Stadion Al Wakrah di desain oleh arsitek Inggris mendiang Zaha Hadid yang merupakan wanita pertama penerima penghargaan Pritzker Architecture Prize dan wanita pertama dan satu-satunya yang mendapat penghargaan Royal Gold Medal dari Royal Institute of British Architect.

Stadion ini menjadi sorotan para pencinta sepak bola lantaran memiliki bentuk yang mirip dengan vagina raksasa. Diketahui jika arsitektur Stadion Al Wakrah pernah mengatakan jika desain Al Wakrah terinspirasi dari bentuk perahu tradisional di Arab.

7. Gurun Pasir di Doha

Ilustrasi gurun pasir

Photo :
  • Pixabay

Orang yang suka berpetualang paling menyukai perjalanan gurun pasir di Doha yang secara khusus membutuhkan mobil 4x4 untuk berkendara di sepanjang bukit pasir yang menakjubkan dan menuruni bukit pasir yang besar. Perjalanan biasanya memakan waktu 2 jam dan pemandangan megah serta hamparan pasir dan bukit pasir menjadikannya pengalaman yang benar-benar tak terlupakan.

8. Negara Teraman

Kota Doha

Photo :
  • pixabay

Menurut Laporan Risiko Dunia, Qatar telah ditandai sebagai negara teraman dalam hal bencana, ini membuat Doha menjadi pengalaman yang luar biasa dan aman untuk dikunjungi.

Itulah fakta menarik dari Kota Doha yang membuat kamu takjub. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu dan bermanfaat ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya