6 Ritual Dukun Paling Aneh yang Ada di Indonesia dan Thailand

Ilustrasi Dukun
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tidak dapat dipungkiri bahwa ritual dukun paling aneh masih terjadi di zaman modern seperti sekarang. Orang-orang tampaknya masih percaya dengan hal klenik seperti itu. Padahal mendatangi dukun untuk meminta pertolongan bukan sesuatu yang tepat. Alih-alih masalahnya bisa selesai, praktik ini justru bisa saja malah semakin menambah masalah dengan menjadi korban pencabulan si dukun. 

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Umumnya ada yang dilakukan beberapa ritual aneh yang dilakukan sebelum akhirnya menjerat korban. Saat ini banyak sekali dukun atau paranormal yang menawarkan jasa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Suburnya praktik perdukunan ini juga dibarengi dengan ritual yang aneh-aneh. Nah, berikut adalah ulasan mengenai ritual dukun paling aneh yang disadur dari berbagai sumber. 

Lalu, Apa Saja Ritual Dukun Paling Aneh?

Tegas! Jawaban Ustaz Khalid Basalamah dan Buya Yahya soal Hukum Percaya pada Ramalan

1. Cuci Alat Kelamin

Ilustrasi cuci tangan.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
3 Orang Paling Sakti daripada Dukun Menurut Ustaz Felix Siauw, Siapa Saja?

Banyak ritual dukun paling aneh dan tidak masuk akal yang kerap menjadi persyaratan seorang dukun cabul untuk seorang pasiennya. Ritual tersebut tentunya harus dijalankan oleh si pelanggan demi memperoleh pertolongan dari dukun. Salah satu ritual yang kerap dilakukan adalah mencuci alat kelamin. 

Dukun biasanya akan menyuruh pelanggan untuk mencuci alat kelamin dengan memakai air yang disediakan. Kemudian, dia akan meminta pelanggan berbaring dan mencabulinya. Seorang perempuan yang pernah mengalami ritual ini adalah warga Tulangbawang Tengah. 

2. Melepaskan Pakaian

Ilustrasi Dukun

Photo :
  • U-Report

Melepaskan pakaian juga menjadi salah satu ritual dukun paling aneh. Ritual aneh ini kerap dipakai sebagai dalih dari semua permintaan supaya bisa terkabul. Bukan menolak, kebanyakan pelanggan malah menuruti ritual tersebut sampai akhirnya mereka dicabuli. Hal ini pernah terjadi kepada seorang perempuan berusia 30 tahun di Jombang, Jawa Timur.  

3. Mandi Kembang

Mandi kembang.

Photo :
  • U-Report

Untuk memperdaya korban, seorang dukun sering mengajukan berbagai ritual aneh, salah satunya adalah mandi kembang. Ritual ini diyakini menjadi pembersih diri untuk pelanggan. Banyak yang percaya dengan ritual seperti ini di Indonesia, sampai tidak sedikit orang akhirnya dicabuli.

4. Tato

Ilustrasi tato.

Photo :
  • Pixabay/Mbragion

Beralih ke negara tetangga, yaitu Thailand yang juga masih menerapkan ritual aneh. Ritual ini adalah sebuah tatto dan di Thailand, tatto dijadikan sebagai media oleh dukun menjadi jimat. Lebih parahnya lagi, bahan yang dipakai untuk tato tersebut terbuat dari tumbuhan, abu rokok, sampai bisa ular, yang bergantung pada pemakaiannya. 

Sehingga bila seseorang mengunjungi praktik dukun dengan media tatto, maka orang tersebut akan ditato. Konon katanya, tato tersebut terbuat dari ramuan khusus dan sudah diberikan mantra sesuai permintaan. Umumnya yang datang ke dukun tersebut adalah seorang wanita yang ingin tampil cantik. 

5. Jarum

Ilustrasi jarum suntik

Photo :
  • Pixabay

Dukun yang berada di Thailand juga memakai jarum sebagai media praktiknya. Konon katanya, jarum ini sudah dibacakan doa dan mantra oleh dukun sesuai dengan permintaan pelanggan. Lalu, jarum ini akan dimasukan oleh di dukun ke bagian tubuh pelanggan dengan cara dimasukkan sampai semuanya masuk. 

Mungkin bila di Tanah Air, ini dinamakan sebagai susuk. Setelah si dukun berhasil memasukan jarum tersebut ke dalam tubuh pelanggan, ia kemudian akan membacakan mantra. Katanya, hal ini dilakukan supaya pelanggan bisa lebih cantik dan menawan bagi lawan jenis. 

6. Topeng

Ilustrasi bersembunyi di balik topeng.

Photo :
  • U-Report

Topeng juga menjadi salah satu ritual dukun paling aneh yang ada di Thailand. Pelanggan yang ada untuk meminta pertolongan akan dikenakan topeng. Setelah memakai topeng, dukun akan membacakan mantra. Setelah mantra dibacakan, pelanggan akan dipukul kecil memakai sapu lidi di bagian kepalanya. Konon katanya, ritual tersebut dipakai supaya terlihat lebih cantik dan menarik untuk lawan jenis. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya