6 Pekerjaan Ini Tak Bisa Digantikan Oleh Robot

Ilustrasi guru.
Sumber :
  • Freepik/pressfoto

VIVA – Perkembangan teknologi belakangan semakin canggih. Gara-gara kecanggihan teknologi, banyak pekerjaan manusia yang diambil alih oleh robot. Hal ini, bagai pisau bermata dua bagi manusia. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Disatu sisi mempermudah kehidupan manusia, di sisi lain adanya teknologi ini justru membuat banyak lapangan kerja untuk manusia berkurang lantaran teknologi canggih banyak menciptakan robot untuk mempermudah dan mempercepat manusia menyelesaikan pekerjaan.

Meski sudah banyak robot yang diciptakan untuk menggantikan atau bahkan membantu kerja manusia, tapi masih ada beberapa pekerjaan yang nyatanya tak akan bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi. 

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Berikut, daftar pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot. 

1. Guru dan Pendidik

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Ilustrasi guru mengajar

Photo :
  • Pixabay/ jerrykimbrell10

Mengajar adalah aktivitas yang mengharuskan adanya interaksi dua arah. Harus ada komunikasi antara guru dan murid. Tak cuma itu, aktivitas mengajar ini juga perlu adanya penilaian sebagai tolak ukur keberhasilan dari seorang guru dan murid memberi dan menerima pelajaran. Nah hal ini, tentu tak bisa digantikan oleh robot. 

Meski saat ini banyak yang memanfaatkan teknologi saat melakukan pembelajaran secara online, tetap saja, guru dan pendidik dibutuhkan agar proses belajar mengajar memberikan hasil yang baik, untuk siswa maupun guru.

2. Pemrograman dan Analis Sistem

Komputer desktop.

Photo :
  • U-Report

Seperti diketahui, robot tak bisa membuat program atau analisis sistem mereka sendiri. Untuk itu, pekerjaan sebagai programer menjadi pekerjaan yang sulit digantikan oleh robot. Untuk membuat programm masih butuh peran manusia untuk melakukan update sistem dan perangkat lunak.

3. Tenaga Kesehatan

Ilustrasi tes serelogi COVID-19 untuk dokter dan paramedis

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Tenaga kesehatan merupakan pekerjaan yang nyata, harus berhadapan dengan pasien. Pekerjaan ini tentu butuh ketelitian dan ketelatenan, tak akan bisa digantikan oleh robot. Robot juga tak akan bisa menggantikan pekerjaan para medis lantaran robot tak bisa memnawab pertanyaan pasien terkait kondisinya. 

4. Pekerja Sosial

Pekerja sosial merupakan aktivitas yang juga butuh interaksi antar manusia. Sehingga pekerjaan ini tak akan bisa digantikan oleh robot. Apalagi seorang pekerja sosial melakukan alur kerja yang tak tetap. Mulai dari melakukan kegiatan konseling, terapis hingga berbagi advokasi pada pihak-pihak tertentu. Oleh karenanya, pekerja sosial tak bisa digantikan oleh robot

5. Pengacara

Pekerjaan sebagai pengacara, tentu butuh komunikasi dengan klien yang sedang ditangani kasusnya. Tak akan mungkin pekerjaan yang membutuhkan komunikasi ini digantikan oleh robot. 

Selain lima pekerjaan di atas, masih ada lagi pekerjaan lainnya yang tak bisa digantikan oleh robot. Apalagi pekerjaan itu? Yuk simak artikel selengkapnya dengan klik tautan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya