Kisah Nabi Zakaria, Punya Anak di Usia Tua

Ilustrasi Nabi Zakaria
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Edukasi – Kisah Nabi Zakaria A.S sudah semestinya diketahui oleh semua umat Islam sebagai suri tauladan dan tentu saja banyak yang bisa diambil dari kehidupannya. Mempelajari kisah Nabi juga akan membuka mata dan pengetahuan mengenai kejadian dan perjuangan yang dilakukan oleh para Nabi dan Rasul Allah SWT di masa lampau dalam menyampaikan ajaran-Nya dan berdakwah. Dengan mempelajari kisah Nabi juga kan membuat rasa beriman kita kepada Allah semakin kuat, karena mempercayai banyaknya kejadian luar biasa pada zaman Nabi dan Rasul.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Iman kepada Nabi dan Rasul juga merupakan rukun iman yang keempat. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak mempelajari sejarah Nabi untuk seluruh umat Islam. Jumlah Nabi dan Rasul sejatinya sangat banyak sekali. Akan tetapi, umat Muslim hanya diwajibkan untuk mengetahui 25 Nabi dan Rasul. Perbedaan Nabi dan Rasul adalah Nabi menerima wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri dan Rasul menerima wahyu dari Allah wajib diamalkan untuk diri sendiri dan orang lain. Nah, berikut adalah ulasan mengenai kisah Nabi Zakaria A.S secara lengkap dari Quranforkids. 

Lalu, Bagaimana Kisah Nabi Zakaria A.S?

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Siapakah Nabi Zakaria AS?

ilustrasi nabi

Photo :
  • U-Report
Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Kisah Nabi Zakaria A.S adalah salah satu nabi dari Bani Israel. Seperti yang sudah kita ketahui, Allah SWT mengutus banyak Nabi ke dunia ini, dan beliau termasuk di antara mereka. Beliau adalah salah satu keturunan Nabi Sulaiman A.S. Beliau mencari nafkah sebagai tukang kayu. Selain itu, beliau adalah orang yang sangat saleh, bertanggung jawab atas sebuah masjid, dia berdoa kepada Allah SWT, dan menyembah-Nya sebagai seorang mukmin sejati.

ilustrasi nabi

Photo :
  • U-Report

Nabi Zakaria A.S adalah orang yang sangat rendah hati dan selalu bersyukur kepada. Dia menjalankan kehidupan yang sederhana dan sama sekali tidak boros dalam gaya hidupnya. Nabi Zakaria A.S mengikuti hukum Nabi Musa A.S, dan dia akan hidup di jalan yang Allah. Dia akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk berdoa dan berkhotbah.

Orang-orang di sekitarnya tidak memiliki keyakinan kuat seperti yang dimilikinya. Bukannya menaati Allah dan melakukan hal-hal yang Dia perintahkan kepada mereka, mereka mengikuti keinginan mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka akan melakukan segala macam perbuatan jahat dan berbuat dosa. 

Akibatnya, mereka menyimpang dari jalan yang ditempuh Nabi Zakaria A.S. Dia khawatir tentang apa yang akan terjadi, dan dia dengan cemas mencoba membuat orang-orang kembali ke jalan yang lurus dengan berkhotbah kepada mereka.

Ilustrasi Nabi Zakaria, Nabi Yahya, dan Nabi Isa

Photo :
  • Tangkapan Layar

Keluarga Imran

Ilustrasi Nabi Zakaria, Nabi Yahya, dan Nabi Isa

Photo :
  • Tangkapan Layar

Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda.” Allah berfirman, “Tanda bagimu, adalah bahwa engkau tidak berbicara dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu banyak-banyak, dan bertasbihlah (memuji-Nya) pada waktu petang dan pagi hari.” (QS Ali Imran: 34)

Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda.” (Allah) berfirman, “Tandamu ialah engkau tidak dapat bercakap-cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal engkau sehat. Maka dia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu dia memberi isyarat kepada mereka; bertasbihlah kamu pada waktu pagi dan petang. (QS Maryam: 10-11)

Pelajaran dari Kisah Nabi Zakaria A.S

Ilustrasi Nabi Zakaria

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ada banyak pelajaran yang bisa kita pelajari dari kisah Nabi Zakaria menakjubkan dari salah satu Nabi yang paling dicintai Allah SWT ini. Allah SWT memberi tahu kita dalam banyak kesempatan dalam Al Quran bahwa Dia adalah perencana terbaik. Orang dapat memiliki semua jenis rencana, tetapi semua yang akan terjadi telah ditulis. Apa yang Allah kehendaki terjadi pada akhirnya akan terjadi, apakah itu sesuatu yang kita sukai atau tidak.

Dalam kisah Nabi Zakaria A.S, kita melihat hal ini terjadi dalam cara dia mengkhawatirkan suksesi. Beliau khawatir bahwa setelahnya, tidak akan ada orang yang akan meneruskan dakwah dan menyuarakan Islam. Namun, setelah beliau meminta keturunan kepada Allah SWT, Allah SWT mengabulkannya, meskipun dia sudah tua dengan istri yang mandul.

Kemudian terlihat juga bahwa Allah SWT perencana yang baik ketika orang-orang memutuskan siapa yang akan merawat Maryam. Kemudian mereka menarik undian, dan setiap kali, yang adalah nama Nabi Zakaria A.S. Oleh karena itu, Nabi Zakaria yang merawat Maryam.

Ketika nabi meminta sesuatu kepada Allah SWT, beliau tidak melakukannya untuk tujuan egois. Belau memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai seorang anak agar anak tersebut dapat terus menyebarkan dakwah Islam. 

Kisah Nabi Zakaria ini tidak khawatir tentang garis keturunannya sehingga keturunannya bisa mendapatkan keuntungan dari harta dan kekayaannya atau mengangkat namanya di masa depan. Sebaliknya, beliau hanya menginginkan seorang anak agar dapat terus meninggikan suara Allah SWT di antara orang-orang. 

Selain itu, ini juga menunjukkan beberapa sikap egois yang kita lihat di sekitar kita saat ini. Orang menginginkan anak untuk semua alasan yang salah. Mereka ingin pamer, meminta mereka mewarisi kekayaan, dan dalam beberapa kasus, membuat dinasti penguasa. Ini bukanlah alasan yang benar untuk menginginkan anak sama sekali.

Banyak orang meminta sesuatu tanpa benar-benar memiliki iman yang benar. Mereka mungkin percaya kepada Allah, tetapi mereka akan mengabaikan beberapa ibadah kepada-Nya, seperti menunaikan shalat, menunaikan zakat tahunan, dan berpuasa di bulan Ramadhan. Seorang Muslim harus memastikan bahwa dia melakukan hal-hal dasar yang dituntut Islam darinya.

Selain itu, kita juga harus ingat bahwa sementara Allah memiliki kekuatan untuk mengabulkan permintaan kita, Dia mungkin tidak selalu melakukannya. Itu karena hanya Allah yang memiliki kebijaksanaan tertinggi. Kita mungkin meminta sesuatu yang menurut kita bermanfaat, tetapi mungkin sebenarnya tidak baik untuk kita. Dia sendiri yang tahu apa yang terbaik untuk kita, dan Dia menetapkan untuk kita sesuai dengan itu.

Kisah Nabi Zakaria hidup selama beberapa dekade. Dikatakan bahwa dia berusia 90-an ketika Allah SWT akhirnya memberikan dia dengan seorang putra, Nabi Yahya. Selama beberapa dekade ini, Nabi Zakaria akan terus berdakwah kepada umatnya untuk menaati Allah dan menerimanya sebagai Tuhan dan Pencipta mereka. 

Selama waktu Nabi Zakaria, orang-orang Israel melakukan banyak jenis perbuatan jahat. Mereka melakukan berbagai jenis dosa. Namun, Nabi tidak pernah merasa putus asa tentang tugasnya. Dia terus melakukannya, dan Allah SWT sangat senang dengan usahanya. Sedemikian rupa sehingga dia langsung mengabulkan permintaannya untuk memiliki anak.

Babe Cabita

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Praz Teguh dan Alfie Alfandy sampai mengantarkan jenazah Babe Cabita ke tempat peristirahatan terakhirnya karena merasa tak rela ditinggal sang komedian untuk selamanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024