Kisah Nabi Yunus Tidak Mati Dilempar ke Laut dan Ditelan Ikan Paus

Kisah Nabi Yunus
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi –  Kisah Nabi Yunus dan nabi lainnya selama ini memang menjadi tauladan bagi kehidupan umat manusia. Dari 25 nabi yang disebutkan di dalam Al-Qur’an, Nabi Yunus menjadi salah satunya. Tentunya kisah-kisah para nabi tersebut bermanfaat dan memiliki hikmah di baliknya khususnya kisah Nabi Yunus yang akan kita bahas pada kali ini. Nabi Yunus sendiri menjadi salah satu nabi utusan Allah SWT yang ditugaskan untuk mengajak penduduk Ninawa agar beriman. Ninawa terletak di daerah Mosul, Irak yang penduduknya pada saat itu masih menyembah berhala dan berpaling dari jalan Allah SWT. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pada suatu hari, penduduk Ninawa yang sedang melakukan ritual penyembahan terhadap berhala didatangi oleh Nabi Yunus. Namun penduduk Ninawa tersebut menolak kedatangan Nabi Yunus dan malah menghina serta mengolok-oloknya. Hal itu membuat Nabi Yunus menjadi marah dan meninggalkan penduduk Ninawa. Kemudian Allah SWT akan memberi azab kepada kaumnya tersebut dan meminta Nabi Yunus untuk memberitahukan hal tersebut kepada mereka. 

Kisah Nabi Yunus

Photo :
  • U-Report
5 Potret Paula Verhoeven Berhijab, Cantik dan Anggun!

Keimanan dari para kaumnya tersebut sudah tidak lagi diharapkan oleh Nabi Yunus setelah sikap yang diberikan kepadanya itu. Saat hendak meninggalkan Ninawa, Nabi Yunus dalam perasaan yang penuh dengan amarah dan kekecewaan terhadap kaumnya tersebut. Allah SWT pun benar-benar menurunkan azab kepada penduduk Ninawa setelah Nabi Yunus pergi. Mereka pun menyadari akan hadirnya Allah SWT yang benar-benar ada sehingga sejak saat itu kaum Ninawa bertobat dan menyembah Allah SWT.

Saat azab diberikan, kaum wanita, laki-laki dan anak-anak yang menyebut namanya dalam doa dilihat oleh Allah SWT. Karena takut dengan azab yang diberikan, mereka berdoa kepada Allah SWT dengan kejujuran tobat sehingga azab tersebut dihentikan oleh Allah SWT.

Nasib Pilu Warga Gaza, Tank dan Roket Israel Masih Terus Menyerang saat Momen Idul Fitri

Ilustrasi kapal Nabi Nuh

Photo :
  • Dok.Istimewa

Kisah Nabi Yunus Meninggalkan Kaum Ninawa

Ilustrasi Nabi Yusuf.

Photo :
  • U-Reporthttps://www.wowmenariknya.com/2018/02/kisah-nabi-yusuf-berdoa-ingin-dipenjara-daripada-tergoda-wanita-cantik.html

Nabi Yunus tetap memutuskan untuk pergi dan meninggalkan kaum Ninawa meskipun melihat azab yang diberikan kepada penduduk Ninawa tersebut. Nabi Yunus saja padahal belum diizinkan untuk pergi oleh Allah SWT untuk meninggalkan para kaumnya saking sudah terlanjur marah dan kesal terhadap penduduk Ninawa. 

Setelah itu, Nabi Yunus pergi ke laut dan naik perahu. Tiba-tiba, perahu yang ditumpanginya oleng akibat ombak besar. Untuk mengatasi kapal yang reyot, penumpang memutuskan untuk menurunkan barang bawaannya dan membuangnya ke laut.

Kargo atau barang-barang yang dibuang ke laut tidak cukup untuk menahan beban. Maka para penumpang mencapai kesepakatan untuk mengurangi jumlah orang di dalamnya, dan salah satunya harus dibuang ke laut.

Para penumpang di atas kapal kemudian memutuskan untuk melakukan undian. Disepakati bahwa siapa pun yang namanya harus rela terjun ke laut. Usai undian, keluarlah nama Nabi Yunus.

Ilustrasi mukjizat nabi.

Photo :
  • U-Report

Para penumpang dalam suasana hati yang buruk ketika mereka melihat Nabi Yunus yang harus dibuang ke laut. Akhirnya mereka melakukan undian lagi, namun nama Nabi Yunus muncul tiga kali berturut-turut.

Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus

Ilustrasi Nabi Yusuf.

Photo :
  • U-Reporthttps://www.wowmenariknya.com/2018/02/kisah-nabi-yusuf-berdoa-ingin-dipenjara-daripada-tergoda-wanita-cantik.html

Nabi Yunus pun dituntun kembali kepada kaum Ninawa oleh Allah SWT karena mereka telah bertaubat dan menyembah Allah SWT. Nabi Yunus pun disambut dengan sukacita oleh kaum Ninawa setelah kembali. Setelah itu keberkahan dan kenikmatan dalam hidup pun diberikan oleh Allah kepada kaum Nabi Yunus tersebut hingga waktu tertentu seperti apa yang sudah disebutkan dalam Surat Yunus ayat 98. 

Allah SWT juga mengabadikan momen kembalinya Nabi Yunus kepada kaum Ninawa ke dalam surat As-Saffat ayat 147-148 yang berbunyi “Dan Kami utus dia kepada seratus ribu (orang) atau lebih, sehingga mereka beriman, karena itu Kami anugerahkan kenikmatan hidup kepada mereka hingga waktu tertentu.”

Ikan Besar dalam Kisah Nabi Yunus

ikan paus beluga

Photo :
  • U-Report

Ikan yang telah menelan Nabi Yunus wujudnya diketahui sangat besar sehingga bisa menelan apa saja. Hal itu berdasarkan dari kisah Nabi Yunus yang diceritakan secara turun-menurun. Ikan tersebut yang telah menelan Nabi Yunus diberi nama ikan nun. Ikan tersebut memang belum bisa didefinisikan dengan jelas, tapi ikan ini digambarkan atau dimiripkan dengan ikan paus yang besar karena memang tidak ada ikan dengan ukuran besar lainnya selain ikan paus bila dilihat secara logisnya.

Pelajaran yang didapatkan dari Kisah Nabi Yunus

Dari kisah Nabi Yunus yang sudah dijelaskan dengan cukup detail seperti di atas, kamu dapat mengambil pelajaran dan manfaatnya sebagai berikut ini:

1. Sabar dalam menyeru kepada kebaikan

Ilustrasi orang bersabar dan rendah hati.

Photo :
  • U-Report

Nabi Yunus yang meninggalkan kaum Ninawa itu memperlihatkan bahwa dalam dakwah atau menyerukan sebuah kebaikan, Nabi Yunus kurang sabar. Sedangkan perilaku tersebut tidak disukai oleh Allah SWT. Sebaiknya, kita harus bersabar dalam berdakwah atau menyeru kepada kebaikan.

2. Memperbanyak zikir kepada Allah SWT

Ilustrasi zikir.

Photo :
  • U-Report

Dzikir atau Mengingat Allah adalah upaya kita untuk selalu dekat dengan Allah. Dzikir juga merupakan upaya untuk menenangkan hati kita. Memori yang tumbuh juga bisa menjadi alasan datangnya pertolongan Tuhan.

Dalam kisah Nabi Yunus di atas, kita dapat melihat bahwa Allah SWT  menolong ketika kita menyadari kesalahan, kemudian memohon ampun dan berserah diri kepada Allah.

3. Berserah diri dan memohon ampunan kepada Allah

Ilustrasi pasrah menerima ujian.

Photo :
  • U-Report

Dalam doa ini, Allah membimbing lidah Nabi Yunus untuk terlebih dahulu menyebut kalimat tauhid. Ia kemudian menginspirasi Nabi Yunus untuk terus belajar tasbih. Ini untuk menunjukkan betapa sempurnanya Allah dan betapa manisnya Dia tanpa kelemahan dan kesalahan. Setelah itu, Nabi Yunus melanjutkan untuk mengakui dosa-dosanya

4. Tidak mengambil keputusan saat sedang emosi

Ilustrasi suami yang tidak sabar.

Photo :
  • U-Report

Keputusan Nabi Yunus dalam keadaan murka saat meninggalkan Ninawa ternyata merupakan hukuman Tuhan baginya dengan “dipenjara” di dalam perut ikan. Ini adalah pelajaran untuk tidak mengambil keputusan saat sedang marah atau emosi.

Inilah kisah Nabi Yunus dan pelajaran apa yang bisa kita petik dari kisah tersebut. Semoga kita bisa mencontoh kisah Nabi Yunus dan menjadikannya sebagai hamba Allah yang saleh dan dicintai. Semoga juga hal-hal baik senantiasa selalu mengelilingi kita agar tetap berada di jalan Allah SWT.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Irjen) Mathius D Fakhiri terlihat cukup aktif mengikuti kegiatan keagamaan bersama umat Muslim setelah dirinya resmi memeluk agama Islam

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024