5 Tradisi Mencari Jodoh Paling Aneh di Dunia, Ada yang Bisa Mencicipi

Ilustrasi mencari jodoh.
Sumber :

VIVA – Ada beberapa tradisi mencari jodoh paling aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Jodoh sendiri adalah segala sesuatu yang mempunyai standar tertentu sehingga mempunyai ketetapan di mata Tuhan dan di dalam pandangan manusia. Berbicara tentang jodoh, tentunya ini adalah urusan dari yang Maha Pencipta. Sebab, segala sesuatu telah diciptakan untuk berpasang-pasangan berdasarkan jenisnya masing-masing. 

5 Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta, Ada Tetangga Indonesia

Jenis yang dimaksudkan adalah mempunyai unsur kesamaan wujud, contohnya adalah kedua insan yang berbeda jenis kelamin. Jodoh juga sebagai misteri Ilahi. Meskipun hal ini adalah kehendak Tuhan, tapi kita tetap harus berusaha untuk mencari sampai dipertemukan dengan rencana yang Maha Kuasa. Ketika mencari, ada berbagai konteks yang bisa dilakukan, ada yang menelusurinya dengan cara berbaur dalam kehidupan sosial. Ada pula yang melalui tradisi perjodohan, yang mana dilakukan oleh pihak ketiga dengan maksud tujuan yang baik. 

Sementara itu, antara tradisi dengan manusia merupakan sebuah satu kesatuan yang tidak mudah untuk dipisahkan. Mengingat tradisi merupakan sebuah kebiasaan yang telah diwariskan secara turun temurun dan mempunyai nilai sendiri dalam kehidupan. Berbicara mengenai tradisi, berikut adalah ulasan mengenai tradisi mencari jodoh yang paling aneh di dunia yang disadur dari berbagai sumber. 

Bos Apple Sebut Indonesia Tempat yang Bagus untuk Berinvestasi

1. Bomena, Bhutan

Bomena, Bhutan

Photo :
  • Tangkapan Layar
Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Bhutan adalah salah satu negara paling bahagia yang ada di muka bumi, karena mempunyai tradisi mencari jodoh paling aneh dengan sebutan Bomena. Bomena atau malam perburuan merupakan salah satu tradisi yang umum dan berkembang di salah satu pedesaan Bhutan bagian timur. Tradisi ini adalah mengenai laki-laki muda yang memperoleh izin untuk mencari gadis belia di malam hari kemudian menyelinap masuk ke kamar lalu melakukan hubungan badan. 

Hingga pagi hari, bila pria tersebut tetap berada di dalam kamar maka pasangan ini akan segera dinikahkan oleh kedua keluarga besar. Akan tetapi, bila pria tersebut menyelinap keluar ketika masih gelap, maka gadis tersebut dan keluarganya akan menyalahkan si pria dan keluarganya. Uniknya, negara ini merupakan salah satu negara paling aman untuk wisatawan wanita di seluruh dunia. 

2. Bilik Cinta, Kamboja

Bilik Cinta, Kamboja

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tradisi mencari jodoh paling aneh di dunia adalah bilik cinta yang berada di Kamboja. Ketika sebuah keluarga memiliki gadis wanita yang sudah dewasa, maka ayahnya akan membuat sebuah tempat dengan ukuran kecil dan hanya bisa menampung dua orang saja. 

Di tempat ini akan ada pertemuan antara anak gadisnya dengan beberapa pria hanya untuk mendapatkan calon pasangan sejati. Jadi, para pria diperbolehkan untuk mengenal calon pasangannya lebih dalam dan diperbolehkan menginap bersama semalaman. 

Hal ini tentunya dalam sepengetahuan orang tua wanita dan hanya pria yang masuk ke dalam kriteria yang bisa menyentuh anak gadis tersebut. Sementara untuk pria yang tidak masuk kriteria, hanya bisa berbincang-bincang saja. 

Tradisi bilik cinta di Kamboja ini dilaksanakan atas maksud supaya anak gadisnya bisa memperoleh seorang suami yang sempurna. Menariknya, di negara ini cukup jarang laporan mengenai kasus pemerkosaan. 

3. Pasar Pengantin, Bulgaria

Pasar Pengantin, Bulgaria

Photo :
  • Tangkapan Layar

Berada di kota tua Zagora, ada beberapa orang yang turut berpartisipasi dalam pasar pengantin setiap tahunnya. Tradisi mencari jodoh paling aneh di dunia ini memiliki tujuan supaya banyak orang yang mudah mendapatkan pasangan hidupnya. 

Dalam tradisi ini, pada gadis muda harus menggunakan pakaian rapi dan penampilan menarik sambil menunggu dibeli oleh calon suami. Adapun untuk tarifnya sendiri tidak terlalu mahal, sekitar Rp15 jutaan bila dalam mata uang rupiah. 

Untuk anak laki-laki yang akan memilih calon istrinya akan ditemani oleh ibu mereka. Kemudian para ibu akan memastikan terlebih dahulu dengan cara mencubit paha gadis tersebut. Mereka mengatakan bahwa paha yang kencang lebih baik untuk kesuburannya. 

Bagi masyarakat umum, pasar ini tentu sudah dikritik lantaran dipandang meremehkan wanita. Akan tetapi, untuk masyarakat Gispi, hal ini merupakan tradisi penting dan sudah berjalan sejak lama. 

4. Kyrgyzstan

Kyrgyzstan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tradisi mencari jodoh paling aneh di dunia berikutnya ada di Kyrgyzstan. Para pria akan mengambil perempuan muda dan kemudian membawanya berlari. Praktik ini diyakini sebagai salah satu tradisi saat negara ini dipimpin oleh Uni Soviet. Dalam prosesnya, tradisi tersebut dilakukan oleh pria muda secara paksa atau dengan rayuan. 

Para lelaki biasanya akan dibantu oleh sahabat dan keluarga untuk membawa perempuan tersebut. Perempuan ini akan dibawa pulang ke rumah dan disembunyikan dalam ruang sampai pihak keluarga perempuan berhasil meyakinkan untuk menerima tawaran menikah. Bila seorang perempuan tidak mau menikah, maka ia akan tetap dipaksa oleh keluarganya untuk menikah. 

Awalnya, tradisi ini dipandang sebagai bentuk kehormatan untuk perempuan, tapi seiring berjalannya waktu, kegiatan ini disalahartikan. Sampai akhirnya berubah menjadi praktik penculikan perempuan kemudian melebar ke bentuk kekerasan dan paksaan yang bisa merenggut hak-hak perempuan. 

5. Kontes Ketampanan, Afrika

Suku Masai, Kenya, Afrika.

Photo :
  • http://www.mbakbro.com

Kontes ketampanan merupakan salah satu tradisi mencari jodoh paling aneh di dunia yang ada di Suku Dhabi, Afrika. Suku ini cukup unik lantaran ketampanan menjadi salah satu faktor yang sangat dipuja. Bahkan, pria dapat lebih lama berdandan ketimbang wanita. 

Jika ingin mengikuti kontes ini, syarat utamanya adalah sudah menginjak usia dewasa dan mempunyai paras yang tampan. Pemenang dari kontes ini bisa secara langsung memilih wanita sesuai keinginan. Bahkan, boleh juga memilih wanita yang sudah memiliki suami. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya