5 Tradisi Mencari Jodoh Paling Aneh di Dunia, Ada yang Bisa Mencicipi

Ilustrasi mencari jodoh.
Ilustrasi mencari jodoh.
Sumber :

VIVA – Ada beberapa tradisi mencari jodoh paling aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Jodoh sendiri adalah segala sesuatu yang mempunyai standar tertentu sehingga mempunyai ketetapan di mata Tuhan dan di dalam pandangan manusia. Berbicara tentang jodoh, tentunya ini adalah urusan dari yang Maha Pencipta. Sebab, segala sesuatu telah diciptakan untuk berpasang-pasangan berdasarkan jenisnya masing-masing. 

Jenis yang dimaksudkan adalah mempunyai unsur kesamaan wujud, contohnya adalah kedua insan yang berbeda jenis kelamin. Jodoh juga sebagai misteri Ilahi. Meskipun hal ini adalah kehendak Tuhan, tapi kita tetap harus berusaha untuk mencari sampai dipertemukan dengan rencana yang Maha Kuasa. Ketika mencari, ada berbagai konteks yang bisa dilakukan, ada yang menelusurinya dengan cara berbaur dalam kehidupan sosial. Ada pula yang melalui tradisi perjodohan, yang mana dilakukan oleh pihak ketiga dengan maksud tujuan yang baik. 

Sementara itu, antara tradisi dengan manusia merupakan sebuah satu kesatuan yang tidak mudah untuk dipisahkan. Mengingat tradisi merupakan sebuah kebiasaan yang telah diwariskan secara turun temurun dan mempunyai nilai sendiri dalam kehidupan. Berbicara mengenai tradisi, berikut adalah ulasan mengenai tradisi mencari jodoh yang paling aneh di dunia yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Bomena, Bhutan

Bomena, Bhutan

Bomena, Bhutan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bhutan adalah salah satu negara paling bahagia yang ada di muka bumi, karena mempunyai tradisi mencari jodoh paling aneh dengan sebutan Bomena. Bomena atau malam perburuan merupakan salah satu tradisi yang umum dan berkembang di salah satu pedesaan Bhutan bagian timur. Tradisi ini adalah mengenai laki-laki muda yang memperoleh izin untuk mencari gadis belia di malam hari kemudian menyelinap masuk ke kamar lalu melakukan hubungan badan. 

Hingga pagi hari, bila pria tersebut tetap berada di dalam kamar maka pasangan ini akan segera dinikahkan oleh kedua keluarga besar. Akan tetapi, bila pria tersebut menyelinap keluar ketika masih gelap, maka gadis tersebut dan keluarganya akan menyalahkan si pria dan keluarganya. Uniknya, negara ini merupakan salah satu negara paling aman untuk wisatawan wanita di seluruh dunia.