Gempa Melanda, Ini Tempat Paling Aman untuk Berlindung

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah terjadi gempa di wilayah Provinsi Banten, Jumat, 14 Januari 2021. Berdasarkan laman BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 6,7 Skala Richter (SR) itu rerjadi pada pada pukul 16.05 WIB dengan pusat gempa di 7,01 Lintang Selatan, 105,26 Bujur Timur dan kedalaman 10 kilometer.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis laman BMKG.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat gempa terjadi? Di mana tempat paling aman? Berikut ulasannya dari laman CDC dan Disasters Survivals Kills.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Penting untuk dilakukan

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA
Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dalam kebanyakan situasi, Anda dapat melindungi diri sendiri dengan beberapa cara:

Ambil posisi merangkak dengan bertumpu di tangan dan lutut Anda sebelum gempa bumi menjatuhkan Anda. Posisi ini melindungi Anda dari jatuh tetapi memungkinkan Anda untuk tetap bergerak jika perlu. 

Tutupi area kepala dan leher Anda (dan seluruh tubuh Anda jika mungkin) di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berteduh di dekat Anda, turunlah di dekat dinding bagian dalam atau di samping perabotan rendah yang tidak akan menimpa Anda, dan tutupi kepala dan leher Anda dengan lengan dan tangan.

Tunggu di tempat berteduh Anda (atau ke kepala Anda dan leher) sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dengan perlindungan Anda jika goncangan mengubahnya. Jika Anda berada di dalam, tetaplah di dalam.

Hindari lari ke luar atau ke ruangan lain selama gempa bumi. Anda cenderung tidak terluka jika Anda tetap di tempat Anda berada. Jadi, tempat paling aman adalah dengan menetap di tempat tersebut.

Tempat paling aman

Ilustrasi hunian

Photo :
  • Pexels/Pixabay

Lalu, di manakah tempat yang paling aman saat terjadi gempa?

Nah, itu seharusnya ada di rumah kita, karena di sinilah kita sebenarnya memiliki kendali atas lingkungan kita dan dapat mengurangi bahaya sebelumnya dan memiliki semua persediaan kita.

Hindari sejumlah hal agar tak terluka

Ilustrasi gempa.

Photo :
  • http://www.technologyindonesia.com

Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan semakin kuat, segera menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari porselen, atau perabotan besar lainnya yang bisa jatuh. Perhatikan benda-benda yang jatuh, seperti batu bata dari perapian dan cerobong asap, lampu, hiasan dinding, rak tinggi, dan lemari dengan pintu yang dapat diayun terbuka. 

Jika tersedia di dekat Anda, ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing yang jatuh dan pecahan kaca. Jika Anda berada di dapur, cepat matikan kompor dan segera berlindung pada tanda pertama gemetar. 

Jika Anda berada di tempat tidur, tunggu dan tetap di sana, lindungi kepala Anda dengan bantal. Anda cenderung tidak terluka tetap di tempat Anda berada. Pecahan kaca di lantai dapat menyebabkan cedera jika Anda berjalan atau berguling ke lantai.

Jangan berdiri di ambang pintu. Anda lebih aman di bawah meja. Di rumah modern, pintu tidak lebih kuat dari bagian rumah lainnya. Pintu tidak melindungi Anda dari sumber cedera yang paling mungkin benda jatuh atau terbang. Sebagian besar cedera dan kematian akibat gempa disebabkan oleh benda yang jatuh atau terbang (seperti TV, lampu, kaca, atau rak buku), atau karena terbentur ke tanah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya