Daur Hidup Kucing, Mulai Dari Baru Lahir Hingga Jadi Kucing Tua

Ilustrasi kucing
Sumber :
  • Pixabay/Schmid-Reportagen

VIVA – Daur hidup kucing mengalami beberapa tahap dalam hidupnya. Sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga memiliki siklus hidup yang berjalan. Nah, bagi kamu memiliki kucing sebagai peliharaan, penting untuk mempelajari daur hidup kucing kamu ini. Pengetahuan ini penting karena akan membantu kamu memahami mengapa kucing kamu berperilaku seperti itu pada tahap-tahap tertentu dalam daur hidup kucing. Tak hanya itu, kita juga akan membahas mengenai tentang cara merawat kucing di setiap tahap yang kucing kamu masuki.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Mengutip dari Kritter Kommunity merujuk pada laporan yang diajukan oleh International Cat Care, banyak orang yang salah dengan mengira bahwa daur hidup kucing hanya terdiri dari tiga tahap yaitu anak kucing , kucing dewasa  dan kucing usia tua. Padahal terdapat tahap lainnya yang belum lengkap yakni kucing prima dan kucing senior sebagai tambahannya.

Daur Hidup Kucing

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Kucing.

Photo :
  • Pixabay

Setidaknya ada 5 daur hidup kucing normal yakni tahap pertama adalah anak kucing, tahap kedua adalah kucing remaja, tahap ketiga adalah dewasa, tahap keempat adalah kucing dewasa dan tahap kelima adalah geriatri atau kucing senior. Berikut ini daur hidup kucing yang luar biasa yang dimulai dari tahap termuda aau masa anak kucing.

5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

1. Anak Kucing (0-6 bulan)

Tiga Anak Kucing Sedang Tertidur di Perut Induknya.

Photo :
  • vstory

Tahap pertama dalam daur hidup kucing adalah tahap menjadi anak kucing. Tahap ini adalah periode saat kucing lahir hingga berusia enam bulan. Seekor kucing pada tahap ini setara dengan usia anak manusia dalam rentang usia 1 – 10 tahun. Setelah lima minggu dari kelahiran kucing, semua inderanya akan berkembang sepenuhnya.

Penampilan

Pada tahap ini, anak kucing terlihat seperti pada umumnya yaitu dalam bentuk bayi kucing. Tubuhnya belum sepenuhnya berkembang sehingga mereka sangat kecil pada tahap kehidupan di tahap daur hidup kucing ini.

Perilaku 

Jika kamu memiliki anak kucing, kamu mungkin memperhatikan betapa lucunya dia. Itu karena setiap anak kucing memiliki dorongan untuk bermain yang kuat. Penting untuk dicatat bahwa anak kucing belajar banyak tentang kehidupan melalui bermain, jadi cobalah untuk tidak menghilangkan waktu bermain berkualitas dari anak kucingmu. Anak kucing yang tidak bisa bermain mungkin akan menjadi agresif terhadap kucing lain dan bahkan kepada manusia di kemudian hari nanti.

Sebagai pemilik kucing, tahap dalam daur hidup kucing ini adalah ketika kamu harus membiasakan mereka untuk membersihkan gigi dan bulu, memotong kuku, bepergian keluar dan juga menanamkan perilaku baik tertentu dalam dirinya seperti kebiasaan membuang kotoran pada tempatnya dan tidak sembarangan.

Kebutuhan Nutrisi 

Anak kucing yang telah sepenuhnya disapih dari susu induknya dapat diberi makan makanan padat. Mereka harus diberi nutrisi yang berbasis protein karena ini diperlukan untuk membantu tumbuh kembangnya dengan baik dan tetap sehat. Kucing pada tahap daur hidup kucing ini memiliki metabolisme yang cepat, jadi penting bagi pemilik kucing untuk memberikan makanan kucing yang cukup baik kepada anak kucingnya.

Cara Merawat 

Sama seperti anak manusia, anak kucing sangat rapuh dan harus diperlakukan dengan sangat hati-hati. Kucing dalam fase ini membutuhkan pengawasan yang memadai karena mereka terlalu ingin tahu tentang lingkungannya. Untuk menjaga anak kucing tetap aman, penting untuk selalu menutup bukaan jendela, menutup ventilasi dan mengamankan pintu untuk mencegahnya keluar meninggalkan rumah. Selain itu, sering lakukan pemeriksaan terhadap anak kucing di rumah untuk memastikan mereka tidak tersandung kabel listrik atau hal lain yang dapat membahayakannya.Demi kesehatannya, penting juga untuk mendapatkan vaksinasi pertamanya pada tahap kehidupan ini.

2. Kucing Remaja (7 bulan-2 tahun)

kucing dan daun

Photo :
  • vstory

Tahap kedua dalam daur hidup kucing dikenal sebagai fase remaja. Saat kucing berkembang dari masa anak kucing ke tahap kucing remaja, ada banyak perubahan yang terjadi pada kucing. Seekor kucing yang memasuki tahap ini saat mereka berusia 7 bulan dan tetap dalam tahap ini sampai 2 tahun. Seekor kucing dalam fase hidupnya ini memiliki usia yang setara dengan manusia dalam rentang usia 12 – 24 tahun.

Penampilan

Seekor kucing junior terlihat sangat berbeda dari anak kucing. Tubuhnya terlihat lebih panjang dan lebih kurus. Ini adalah bentuk fisik yang diambil oleh tubuhnya sebelum akhirnya berkembang.

Perilaku

Sebagai anak kucing yang ceria, kucing di tahap junior masih bermain, tetapi tidak sebanyak dulu saat masih anak kucing. Dia perlahan mulai bertingkah seperti kucing dewasa saat dia mencapai kematangan seksual. Pada usia satu tahun, kucing betina bisa birahi dan bahkan hamil. Perilaku lain yang ditunjukkan oleh kucing dalam fase ini adalah pengujian batas dan pengerahan dominasi. Ini benar-benar masa yang sulit bagi pemilik kucing, jadi sebaiknya bersabarlah dengan kucing mudamu ketika dia mulai menunjukkan perilaku nakal yang berlebihan.

Nutrisi yang Dibutuhkan 

Kucing harus diperkenalkan dengan makanan kucing dewasa pada tahap ini. Pemilik kucing dengan kucing remaja harus berusaha memberi mereka makanan yang kaya akan protein yang dapat membuatnya tetap sehat.

Cara Merawat

Kucing di fase junior ini membutuhkan lebih sedikit pengawasan daripada ketika mereka masih menjadi anak kucing. Pemilik kucing harus berusaha untuk melibatkan kucing mereka dengan pembelajaran secara Kamu bisa memberinya mainan yang cocok untuk mempertajam insting primalnya. Selain itu, kucing juga remaja harus dibawa untuk pemeriksaan kesehatan rutin dan vaksinasi.

3. Kucing Prima (3-6 tahun)

Kucing anggora.

Photo :
  • U-Report

Tahap ketiga dalam daur hidup kucing disebut sebagai fase prima. Seekor kucing pada fase ini akhirnya memasuki masa dewasa penuh. Ini adalah tahap di mana kucing menjadi paling kuat dan berenergi. Seekor kucing prima memiliki usia yang setara dengan manusia dalam usia 28 – 40 tahun.

Penampilan

Sebagai kucing dewasa, mereka kuat, tinggi dan panjang. Tubuh mereka berkembang penuh dengan baik dan bulunya juga mengkilat.

Perilaku 

Sebagian besar perilaku anak kucing akan hilang dan mereka cenderung hanya menunjukkan temperamen orang dewasa. Sifat apa pun yang mereka miliki sekarang adalah apa yang akan mereka miliki selama sisa hidup mereka. Itu tidak berakhir di sana karena sifat-sifat yang sama akan diturunkan ke keturunan mereka. Kucing dalam tahap daur hidup kucing ini sangat teritorial.

Nutrisi yang Dibutuhkan

Seekor kucing di masa ini harus diberi makan makanan kucing dewasa seperti yang terjadi pada tahap juniornya. Diet berbasis protein adalah pilihan yang sehat untuk kucing tersebut.

Cara Merawat 

Seekor kucing terlatih sepenuhnya di masa ini untuk memahami lingkungannya dan mampu menjaga dirinya sendiri dengan atau tanpa pengawasan dari pwmiliknya. Satu-satunya perawatan yang diperlukan untuk kucing pada tahap ini adalah membawanya untuk pemeriksaan rutin. Kunjungan rutin ke dokter hewan penting karena kucing pada usia ini rentan terhadap masalah kesehatan gigi seperti penyakit periodontal.

4. Kucing Dewasa (7-10 tahun)

kucing

Photo :
  • U-Report

Tahap ketiga dalam daur hidup kucing dikenal sebagai tahap kucing dewasa. Seekor kucing pada tahap kehidupan ini perlahan-lahan menjadi tua. Dia setara dengan usia manusia dalam rentang usia 44 - 56 tahun.

Penampilan 

Dalam hal penampilan, tidak ada banyak perbedaan antara kucing dewasa dan kucing prima. Ini adalah tahap dalam kehidupan di mana kucing cenderung menambah berat badan ekstra dan mulai kehilangan kecemerlangan bulunya.

Perilaku 

Beberapa kucing dewasa kadang-kadang masih menunjukkan perilaku main-main, tetapi kebanyakan kucing dalam tahap ini jarang melakukan aktivitas seperti itu. Ini mungkin karena kenaikan berat badan atau fakta bahwa mereka tidak gesit seperti dulu.

Kebutuhan Nutrisi

Tubuh kucing dewasa membutuhkan banyak vitamin agar tetap sehat dan berfungsi. Vitamin C dan E sangat diperlukan pada saat ini karena membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Kamu mungkin juga perlu mengurangi jatah makanan kucing dewasamu apabila berat badan mereka bertambah.

Cara Merawat 

Kucing dalam tahap ini diketahui memiliki kecenderungan untuk menderita masalah kesehatan seperti kanker, penyakit tiroid, obesitas, tekanan darah tinggi dan diabetes. Satu-satunya cara untuk merawat kucing dewasa adalah dengan terus-menerus membawanya untuk pemeriksaan dan membuatnya banyak berolahraga. Kesehatannya tergantung padanya. Seekor kucing dewasa juga harus diawasi dengan ketat bahkan untuk tanda-tanda penyakit sekecil apa pun.

5. Kucing Senior (11 tahun ke atas)

Poppy, kucing tertua di dunia

Photo :
  • www.guinnesworldrecord.com

Berapa lama kucing hidup? Setiap kucing berbeda dan ras yang juga berbeda dan bervariasi. Dikatakan demikian, mereka dapat hidup hingga 10 tahun dan bahkan 20 tahun dalam beberapa kasus, namun hal ini masih terbilang jarang.

Tahap akhir dalam daur hidup kucing adalah tahap kucing senior atau tahap kucing geriatri. Kucing senior termasuk dalam rentang usia 11-14 tahun, bisanya kucing dalam tahap geriatri berusia 15 tahun ke atas. Sekarang fase geriatri adalah tahap paling lanjut yang dapat dicapai kucing selama hidupnya.

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa kucing senior memiliki usia yang setara dengan manusia dalam usia 60 - 72 tahun dan kucing geriatri memiliki usia yang setara dengan manusia yang berada dalam kelompok usia 76-116.

Penampilan

Kucing senior akan lebih rentan menunjukkan tanda-tanda usia tua. Hal itu dapat terlihat dari bulu-bulu mereka yang mulai menjadi putih dan rontok. 

Perilaku

Kucing senior dikenal sangat malas sehingga mereka mungkin hanya menghabiskan waktu untuk tidur. Jika kucingmu dalam rentang usia ini, mereka akan berhenti menggunakan kotak pasirnya dan kamu harus memahami bahwa pada tahap ini dia menjadi lemah karena persendian dan ototnya mulai sangat lelah.

Kebutuhan Nutrisi

Formula makanan kucing senior seharusnya baik-baik saja untuk kucing pada tahap ini, tetapi penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan dan bertanya tentang nutrisi apa yang terbaik untuk kucing yang sudah lanjut usia.

Cara Merawat

Kucing senior harus sangat diperhatikan oleh pemiliknya. Daripada memarahinya karena tidak menggunakan kotak pasir, pastikan kotak pasir berada sedekat mungkin dengannya dan mudah dijangkau. Rawat kucing-kucing ini dengan membawa mereka secara teratur untuk pemeriksaan kesehatan dan mengawasi mereka dengan ketat.

Kucing pada tahap kehidupan ini bahkan mungkin lupa untuk makan atau minum air, Kamu harus memastikan mereka makan di waktu yang tepat untuk menghindari kelaparan dan juga minum untuk menghindari dehidrasi. Letakkan mereka di tempat yang hangat, tubuhnya perlu tetap hangat lebih dari sebelumnya. 

Kesempatan untuk melihat kucing tumbuh mulai dari anak kucing hingga ke tahap kucing senior memang merupakan berkah. Jadi bersyukurlah untuk itu dan tunjukkan perhatian ekstra untuk kucing peliharaan dalam menjalani daur hidup kucing yang mereka jalani. Itulah penjelasan tentang daur hidup kucing yang bisa kamu pelajari dan pahami, apalagi bagi kamu yang memelihara kucing. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Kucing (ilustrasi)

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Usut punya usut, ternyata adanya informasi terkait lowongan pekerjaan ini pun ternyata menjadi salah satu sebuah bentuk kampanye untuk membantu tempat penampungan kucing.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024