4 Proses Daur Hidup Lalat, Lengkap dengan Cara Memutus Siklusnya

Lalat
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Daur hidup lalat rumah dimulai pada tahap telur. Seekor lalat rumah betina mampu bertelur hingga 150 butir dalam satu batch. Selama beberapa hari, lalat akan menghasilkan lima atau enam batch telur. Lalat rumah betina menyukai permukaan yang lembab dan gelap seperti kompos, pupuk kandang dan bahan organik pengurai lainnya untuk bertelur. Telur lalat rumah menyerupai butiran beras individu.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

Dalam sehari, telur lalat rumah menetas menjadi larva, juga dikenal sebagai belatung. Belatung adalah serangga putih tanpa kaki yang makan dari tempat bertelur selama tiga sampai lima hari. Selama waktu ini, belatung berganti kulit beberapa kali. Mereka kemudian memilih tempat gelap untuk menjadi kepompong.

Kepompong lalat memiliki fungsi yang mirip dengan kepompong kupu-kupu: cangkangnya yang keras dan berwarna cokelat melindungi lalat yang tidak aktif dan sedang berkembang. Selama tiga sampai enam hari, kepompong mengembangkan kaki dan sayap, akhirnya muncul sebagai lalat rumah dewasa. Dalam waktu dua hingga tiga hari, lalat rumah betina mampu bereproduksi.
Daur hidup lalat sangat mirip dengan kebanyakan serangga pada umumnya. Serangga lalat ini menjadi sarang masalah umum yang sering dihadapi. Terutama masalah pada restoran, lalat ada dimana-mana dan berkembang biak sangat cepat. Daur hidup lalat ini terdapat empat tahap yang berbeda dalam siklus hidup lalat. Berikut tahap daur hidup lalat.

Top Trending: Geger Polisi DIkejar Pakai Panah, Heboh Video Nakes Direkam saat Mandi

Daur Hidup Lalat Melalui 4 Fase

Lalat tentara hitam.

Photo :
  • Pixabay
Viral Ratusan Ribu Lalat Kacaukan Pesta Pernikahan, Hal Ini Jadi Penyebabnya
  • Telur
  • Larva
  • Kepompong
  • Lalat dewasa

Memahami Lifecycle

Lalat.

Photo :
  • Pixabay

Lalat melewati siklus hidup empat fase yang bervariasi pada berbagai faktor habitat mereka saat ini. Meskipun mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan dan dapat bereproduksi dengan sangat cepat, umur lalat relatif pendek. Dengan mengetahui perubahan dan karakteristik apa yang terkait dengan lalat selama setiap tahap dapat membantu Kamu lebih unggul saat melawan mereka.

  • Telur

Siklus hidup lalat dimulai dengan tahap telur. Dikutip dari Rentokil.co.id, telur lalat rumah berbentuk seperti butiran beras yang sangat kecil, berukuran kecil (1,2 mm), berwarna putih dan hanya membutuhkan waktu satu hari untuk menetas hingga tahap larva pertama. Lalat rumah betina umumnya bertelur di tempat larva dapat menetas dan mulai makan sekaligus. Biasanya lalat rumah akan bertelur pada bahan organik yang membusuk, seperti kotoran hewan atau sampah. Setiap lalat rumah betina dapat bertelur lebih dari 150 telur dalam satu batch. Rata-rata, lalat rumah betina dapat bertelur hingga 500 butir dalam 6 kelompok selama hidupnya, dan pada suhu yang ideal, ia akan menetas dalam waktu 8 - 20 jam.

  • Larva (Belatung)

Setelah menetas, larva ini (juga dikenal sebagai belatung) berubah menjadi serangga putih tanpa kaki yang memakan tempat di mana mereka menetas selama tiga hingga lima hari. Dikutip dari terro.com, tahap ini berfokus pada penyimpanan energi dengan makan sebagai persiapan untuk tahap berikutnya dalam siklus hidup. Mereka berganti kulit beberapa kali berbeda sepanjang tahap ini sebelum menemukan tempat gelap untuk menjadi kepompong. Saat siap menjadi kepompong, larva akan menggali jauh ke dalam sumber makanan yang mereka makan.

  • Pupa

Selama tahap kepompong, larva putih mengembangkan cangkang luar yang lebih gelap. Dalam beberapa jam setelah keluar dari pupa, betina dapat mulai berkembang biak. Cangkang mereka keras karena mereka tetap tidak aktif selama tiga sampai enam hari ke depan ketika kepompong mengembangkan kaki dan sayap. Karena lalat tidak memiliki gigi, mereka menggunakan kantong berisi cairan di kepala mereka untuk menembus cangkang kepompong yang mengempis setelah mereka muncul.

  • Lalat Dewasa

Harapan hidup lalat rumah dapat berkisar antara 15 hingga 30 hari. Faktor-faktor seperti lokasi, suhu, dan kondisi tempat tinggal dapat memengaruhi harapan hidup. Lalat yang ditemukan di lokasi yang lebih hangat seperti rumah atau bangunan berkembang lebih cepat dan hidup lebih lama daripada mereka yang hidup di alam liar. Lalat biasanya aktif pada siang hari dan tinggal di dekat tempat mereka dilahirkan. Mereka tidak menimbulkan ancaman dalam hal gigitan, tetapi mereka dapat mentransfer lebih dari 100 patogen yang berbeda.

Bagaimana Memutus Siklus Lalat?

Cara Mengusir Lalat

Photo :
  • U-Report

Karena daur hidup lalat yang begitu cepat, infestasi dapat terjadi dengan cepat. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan lalat di setiap tahap dan akan membantu Kamu menentukan rencana tindakan yang ingin Kamu ambil.
Telur bisa jadi sulit untuk diwaspadai, terutama saat berada di tempat tersembunyi seperti sampah atau di bawah puing-puing lainnya. Fondasi yang membusuk, area kotor di sekitar rumah, dan produk makanan adalah area umum tempat lalat bertelur.

Belatung lebih mudah ditemukan di tempat sampah atau makanan daripada telur, dan jika Kamu menemukan belatung, itu biasanya berarti ada telur juga. Jika Kamu menemukan belatung di makanan atau tempat sampah, Kamu bisa merebusnya untuk menghilangkannya. Taburkan garam atau insektisida pada mereka juga dapat membantu Kamu menyingkirkannya. Tujuan utamanya adalah dengan cepat menghilangkan tempat perkembangbiakan, yang berarti mengeluarkan telur dan belatung dan kemudian membersihkan area tersebut secara menyeluruh.

Setelah Kamu menghilangkan tempat berkembang biak, fokus pada lalat dewasa di area tersebut adalah selanjutnya. Ingat, mereka berkembang biak sangat cepat sehingga penting untuk segera bertindak. Perangkap lalat adalah produk yang bagus untuk digunakan untuk menangkap lalat yang tersisa di sekitar bagian luar rumah Kamu. 

Dengan menggunakan umpan untuk menarik lalat sambil kemudian menangkapnya di dalam perangkap dengan penutup yang kuat, Kamu dapat menggunakan kembali perangkap ini sampai kutu Kamu di luar ruangan hilang. Untuk pengendalian dalam ruangan, tangkap hama yang beterbangan di sekitar rumah Kamu dengan Perangkap Dalam Ruangan kami. Bijaksana dan dekoratif, perangkap ini menarik lalat dengan umpan dan kemudian menjebak mereka sehingga mereka tidak dapat melarikan diri.

Apakah Lalat Mengalami Metamorfosis Sempurna?

Lalat.

Photo :
  • U-Report

Dikutip Rentokil.co.id, lalat adalah salah satu serangga terbang dari ordo Diptera (serangga bersayap dua) seperti nyamuk dan agas yang mengalami metamorfosis sempurna melalui empat tahap kehidupan yang berbeda: telur, larva, pupa dan lalat dewasa (seperti dijelaskan di atas). Lalat termasuk salah satu serangga terbang dari ordo Diptera atau serangga dua sayap yang mengalami metamorfosis sempurna. 

Apa Bedanya Metamorfosis dan Ametamorfosis?

Lalat

Photo :
  • U-Report

Diketahui jika metamorfosis merupakan proses perubahan bentuk fisik dan struktur yang terjadi pada hewan. Sementara itu, ametamorfosis adalah kebalikannya. Hewan tidak mengalami perubahan bentuk dari lahir atau menetas hingga dewasa. Hewan tersebut hanya akan tumbuh, berkembang, dan bertambah besar saja.

Nah, itulah penjelasan daur ulang lalat yang bisa kamu pelajari. Daur ulang lalat ini melalui 4 proses. Ini penting untuk pengetahuan anak karena daur ulang lalat merupakan bagian dari pelajaran anak sekolah dasar ataupun yang sudah duduk di sekolah menangah pertama.

Lalat dikenal sebagai serangga pengganggu yang dapat menyebarkan penyakit dan menyebabkan gangguan kesehatan terhadap manusia. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kebersihan setiap tempat karena lalat menyukai tempat-tempat yang sangat kotor. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu dan bermanfaat ya.

Serbuan lalat

Viral Penampakan Ribuan Lalat Bertebaran di Kintamani Bikin Bergidik, Diduga karena Kotoran Ayam

Serbuan lalat terjadi karena adanya habitat. Kotoran ayam yang masih mentah ini menjadi habitat lalat rumah untuk bertelur. Kotoran itu lazim digunakan jadi pupuk kandang

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024