6 Suku Indonesia yang Mayoritas Agama Islam, Cek Ada Suku Kamu Gak?

Pawai Budaya Lombok Sumbawa
Pawai Budaya Lombok Sumbawa
Sumber :
  • Antara/Zabur Karuru

VIVA – Suku Indonesia terdiri dari sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Menurut data BPS, separuh atau 50% dari suku bangsa di tanah air adalah suku Jawa. Sisanya suku-suku yang mendiami wilayah Indonesia di luar Jawa seperti suku Makasar Bugis (3,68%), Batak 2.04%, Bali 1,88%, Aceh 1,4%, dan suku lainnya.

Setiap suku memiliki adat, budaya dan norma yang berbeda-berbeda. Keberagaman itu kemudian menyatu untuk mencapai tujuan masyarakat yang adil dan makmur. Simak penjelasan suku di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, dikutip dari Gramedia.com berikut ini.

1. Suku Jawa 

Pakaian adat Jawa.

Pakaian adat Jawa.

Photo :
  • U-Report

Dikutip Wikipedia, mayoritas orang Jawa menganut agama Islam, dengan beberapa minoritas yaitu Kristen, Kejawen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Suku Jawa menggunakan Bahasa Jawa dalam komunikasinya sehari-hari, survey menunjukan kurang lebih hanya 42% orang Jawa yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa mereka sehari-hari, sementara 28% lainnya menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia secara campur, dan selebihnya hanya menggunakan bahasa Jawa saja.

Bahasa Jawa sendiri memiliki aturan yang berbeda dalam hal kosa kata dan intonasi berdasarkan hubungan antara pembicara dan lawan bicara, yang dikenal dengan unggah-ungguh. Aspek kebahasaan ini memiliki pengaruh sosial yang kuat dalam budaya Jawa, dan membuat mereka sangat sadar terhadap status sosialnya di masyarakat.

Dalam masyarakat Jawa, sistem kekerabatan didasarkan pada garis keturunan bilateral (diperhitungkan dari dua belah pihak, ibu dan ayah). Dengan prinsip bilateral atau parental ini, seorang Jawa berhubungan sama luasnya dengan keluarga dari pihak ibu dan juga ayah.