5 Cara Mengatasi Pakaian Kusut Tanpa Disetrika, Bisa Pakai Es Batu?

Ilustrasi orang menyetrika pakaian
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kita semua pasti pernah mengalami perasaan takut pada pakaian yang kita kenakan untuk beraktivitas seperti untuk wawancara kerja, bekerja ke kantor, rapat besar atau ke pesta terlihat kusut. Namun terkadang kita tidak mempunyai banyak waktu untuk memanaskan setrika dan menyetrika pakaian kita sebelum dikenakan. Tapi hal itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan lagi karena masih ada cara mengatasi pakaian kusut tanpa disetrika. 

Netizen Duga Syahrini Lagi Hamil, Foto Pakai Baju Lebaran Jadi Sorotan

Beberapa cara yang akan kita bahas ini mungkin akan sedikit tidak umum, tapi akan sangat berguna dikala kamu sedang tidak ada waktu untuk menyetrika pakaian. Mengutip dari Reader’s Digest, meskipun mengatasi pakaian yang kusut bisa dilakukan dari cara mencuci, menyetrika pakaian dan di steamer, tapi kamu juga tetap harus tahu bagaimana cara mengatasi pakaian kusut tanpa menggunakan setrika. Penasaran bagaimana cara menghilangkan kusut pada pakaian tanpa setrika? Berikut cara–caranya:

1. Menggunakan pengering pakaian

Bocor? No Worries! Merk Cat Ini Berikan Solusi dan Tips Ampuh

Kamu bisa memasukkan pakaian yang dalam labelnya terdapat simbol bisa dikeringkan dengan mesin. Jika memang bisa, beri air pada pakaian yang ingin kamu atasi agar tidak kusut dan masukkan bahan lain yang basah seperti kaus kaki basah. Atau bahkan bisa juga dengan beberapa es batu yang dimasukkan ke dalam pengering. Hal itu dikarenakan saat es batu mencair, mengeluarkan uap yang akan membantu menghilangkan pakaianmu yang kusut.. Putar pengering pakaian selama sekitar 15 menit dengan kecepatan sedang.

2. Menggunakan pengering rambut

Kenali dan Waspadai Kejahatan Digital yang Sering Terjadi

Cara mengatasi pakaian kusut lainnya adalah dengan menggunakan pengering rambut. Kamu bisa meletakkan pakaian yang kusut di atas permukaan yang rata dan panaskan dengan pengering rambut. Gunakan pengering rambut dengan jarak beberapa sentimeter di atas pakaian atau jangan terlalu dekat. Kemudian lapisi bagian belakang dan depan pakaian dengan bahan kain lain. Kamu juga bisa memercikkan sedikit air pada pakaian sebelum dikeringkan untuk membantu melembutkannya. Pakaian yang kusut sudah kembali rapi lagi. 

3. Menggunakan catokan rambut

Selanjutnya kamu bisa mencoba menghilangkan pakaian kusut dengan menggunakan catokan rambut. Pakaian yang kusutnya membandel bisa diatasi dengan catokan, terutama terutama untuk area yang sulit disetrika seperti kerah, bagian yang menekuk dan lengan. Namun kamu harus memastikan bahwa catokan yang dipakai tidak berkarat agar pakaian tidak terkena noda. Perhatikan juga pengaturan panas dan tekanan panas yang digunakan. Pakaian yang kusut akan kembali rapi dengan lebih mudah dan efisien karena bisa dilakukan setelah kamu menyatok rambut dan tidak perlu memanaskan setrikaan lagi. 

4. Menggunakan spray anti kusut

Spray anti kusut juga bisa menjadi cara untuk mengatasi pakaian yang kusut tanpa setrika. Saat ini sudah banyak brand yang mengeluarkan produk spray anti kusut untuk pakaian. Selain mudah untuk disimpan dan dibawa ke mana-mana, spray ini juga menghilangkan kusut dengan cepat. Sehingga kamu tidak memerlukan setrika lagi untuk pakaianmu. 

5. Menggunakan cairan cuka

Berhubungan dengan cara yang sebelumnya, jika kamu tidak bisa menemukan spray anti kerut atau tidak sempat membelinya kamu bisa membuat spray anti kusut sendiri di rumah yakni dengan menggunakan cairan cuka putih. Cara ini sebagai alternatif untuk menghilangkan kusut pada pakaian dengan murah, lembut, dan bebas bahan kimia. Caranya dengan basahi pakaian yang kusut dengan campuran cuka dan air, lalu biarkan mengering dengan sendirinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya