Jadwal Ramadhan 2022 hingga Kata-kata Menyambut Bulan Ramadhan

Ilustrasi Bulan Ramadan (Getty Images/iStockphoto/Choreograph)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tahun 2021 telah dilewati dan baru saja berganti menjadi tahun yang baru yakni 2022. Tak terasa bulan Ramadhan akan kembali hadir bagi seluruh umat muslim di tahun ini. Biasanya sudah banyak umat muslim yang sudah menunggu akan kehadiran dari bulan puasa dan mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari sebelum jadwal Ramadhan bahkan ditetapkan.

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

Jadwal bulan Ramadhan diprediksi akan jatuh pada bulan April 2022 mendatang, mengutip dari Republika. Prediksi jadwal pasti dari bulan Ramadhan dilakukan dengan pengamatan penampakan bulan saat mendekati bulan April. Selain bulan awal dimulainya bulan Ramadhan pengamatan juga dilakukan untuk memprediksi akhir dari bulan puasa yang telah dilakukan selama sebulan lamanya yakni perayaan Idul Fitri. 

Pada tahun lalu, jadwal bulan Ramadhan tahun 2022 diperkirakan akan jatuh pada Sabtu, April 2022 dan Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada  Senin, 2 Mei 2022, menurut perkiraan dari anggota Arab Federation of Space and Astronomy Sciences.

Bulan Puasa Buat Rieke Diah Pitaloka dan Mantan Suami Akur Kembali

Sementara jadwal libur idul Fitri berdasarkan kalender Islam akan dimulai pada 29 Ramadhan hingga 3 Syawal. Namun belum ada konfirmasi yang pasti dari tanggal-tanggal tersebut dan akan dipastikan terlebih dahulu  berdasarkan penampakan bulan. 

Berdasarkan hasil studi dari Arabia Weather pada bulan November 2021 lalu, penampakan bulan sabit Ramadhan 2022 atau 1443 Hijriyah ditunjukkan akan terjadi setelah matahari terbenam pada Jumat, 1 April 2022 yang di mana berdasarkan perhitungan astronomi  ditunjukkan bulan baru atau central new moon akan terjadi saat fajar pukul 3:24 waktu Makkah.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

Setelah matahari terbenam selama 15 menit, bulan akan tetap berada di langit Makkah dan bulan sabit usianya menjadi sekitar 15 jam. Itu berarti bulan sabit dapat terlihat Ramadhan diperkirakan jatuh pada hari Sabtu, 2 April di seluruh negara Arab.

Kata-kata Motivasi Menyambut Ramadhan

1. “Puasa adalah perisai yang akan melindungi Anda dari api neraka dan mencegah Anda dari dosa.” -Nabi Muhammad.

2. “Ketika bulan Ramadhan dimulai, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” -Nabi Muhammad.

3. “Ketika bulan Ramadhan tiba, pintu rahmat terbuka.” -Nabi Muhammad.

4. “Ramadhan adalah bulan yang awalnya adalah rahmat, yang tengahnya adalah ampunan dan yang ujungnya adalah kebebasan dari api.” -Nabi Muhammad.

5. “Ramadhan adalah salah satu pintu rahmat yang terbuka lebar sebagai kesempatan pembersihan jiwa.” -Ahmad Rehab.

6. “Terkadang Anda tidak menyadari betapa istimewanya sesuatu sampai Anda kehilangannya. Itulah yang saya rasakan tentang Ramadhan setiap tahun.” - Umar Sulaiman.

7. “Ada pertempuran yang terjadi di dalam diri Anda di bulan Ramadhan, dan selama 30 hari Allah memberi Anda kekuatan untuk menang.” -Nouman Ali Khan.

8. “Ramadhan adalah perayaan agama yang dikenal dengan keragaman dan kesetaraan ras yang besar.” -Barack Obama.

9. “Di bulan Ramadhan, Anda harus makan lebih sedikit dan lebih banyak berpikir.” - Tariq Ramadhan.

10. “Dan itu adalah bulan sabr (sabar); karena sabar pahalanya adalah surga.” -Ibnu Khuzaima.

11. “Jika seorang Muslim keluar dari Ramadhan tanpa mendapatkan pengampunan dan kebaikan, dia benar-benar merugi.” -Ibnu Hibban Dan Al-Tabarani.

12. “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” - Ibnu Majah.

13. “Bulan Ramadhan lebih utama dari bulan-bulan lainnya, dan sepuluh malam terakhir lebih utama dari malam-malam lainnya.” -Ibnu al-Qayyim.

14. “Saya melihat ke belakang dan setengah Ramadhan berakhir dalam sekejap mata. Sebelum saya tahu, saya akan mengatakan itu tentang seluruh hidup saya.” -Nouman Ali Khan.

15. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. Agar kamu menjadi orang yang bertakwa.” -Surah Al-Baqarah - 2:183.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya