Kisah Nabi Ayub, Manusia Paling Sabar dan Taat Kepada Allah SWT

Ilustrasi padang pasir di Timur Tengah (Foto/Fixabay)
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Kisah Nabi Ayub ini bisa dijadikan contoh untuk umat muslim di seluruh dunia. Nabi Ayub merupakan salah satu utusan Allah SWT di muka bumi, yang menjadi salah satu contoh manusia paling sabar yang patut diteladani. Informasi tentang berbagai nabi yang diutus oleh Tuhan untuk umat manusia dapat ditemukan di seluruh 114 surah Al-Qur'an. Informasi disajikan dalam berbagai cara. Dari beberapa ayat pendek, hingga narasi panjang tentang Nabi Yusuf, yang mengambil seluruh bab. 

Top Trending: Pengakuan Ketua Jemaah Aolia Telepon Allah hingga Respon BEM UI

Selain itu, hampir selalu, para nabi datang kepada orang-orang khusus mereka dengan pesan yang sama. Mereka memerintahkan kaumnya untuk menyembah Allah semata, dan tidak mempersekutukan apapun atau siapapun dalam beribadah kepada-Nya. Kisah para nabi menekankan doktrin dasar Islam bahwa Tuhan itu Esa. Berikut kisah nabi Ayub yang memiliki jiwa kesabaran yang selalu menyembah ALLAH SWT dikutip dari islamreligion.com.

Kisah Nabi Ayub

Fakta-fakta Jamaah Aolia yang Colong Start Rayakan Idul Fitri

Ilustrasi gurun pasir

Photo :
  • Pixabay

Al-Qur'an menjelaskan dengan sangat jelas bahwa anak-anak dan kekayaan adalah perhiasan kehidupan ini dan bahwa kita akan diuji melalui cinta kita kepada mereka. (Al-Qur'an 18:46). Dalam kisah para nabi, kita melihat bahwa Tuhan menguji berbagai bangsa melalui hilangnya kesehatan dan melalui hilangnya kekayaan, bahkan kemiskinan yang ekstrem. Tuhan menyatakan pertobatan dan kesabaran sebagai kunci menuju kehidupan kekal karena itu menerima cobaan dan bahkan berterima kasih kepada Tuhan untuk mereka, menunjukkan tingkat iman yang tinggi. Namun umat manusia berada dalam perjuangan terus-menerus untuk menerima pesan Tuhan. Banyak negara gagal.

Klarifikasi Pimpinan Jemaah Aolia, Lebaran Lebih Dulu Karena Sudah Telepon Allah

Kisah Nabi Ayub berbeda. Melalui kisahnya, kita dapat melihat perjuangan umat manusia secara lebih personal. Tuhan tidak memberi tahu kita tentang metode khotbah Ayub atau bagaimana reaksi umatnya terhadap peringatan dan nasihatnya. Tuhan tidak memberi tahu kita tentang nasib anak-anak Ayub. Sebaliknya, Dia memberi tahu kita tentang kesabaran Ayub. Dia (Yang Mahakuasa) memuji Ayub dengan mengatakan,

"Sungguh-sungguh! Kami menemukan dia sabar. Betapa hebatnya seorang budak! Sesungguhnya dia sering kembali untuk bertaubat kepada Kami!” (Quran 38:44)

ilustrasi nabi

Photo :
  • U-Report

Orang Kristen sering mengacu pada "kesabaran Ayub" dan yang menarik, orang Muslim mengacu pada kesabaran Ayub dan mencoba untuk menirunya dalam menghadapi kesulitan yang tiada henti. Pada abad ke-10 M cendekiawan Islam terkenal Ibn Kathir mengumpulkan sedikit informasi yang tersisa tentang Ayub, oleh karena itu berikut ini adalah kisah Ayub berdasarkan Quran, tradisi otentik Nabi Muhammad, semoga rahmat dan berkah Allah menyertainya, dan kisah Ibn Kathir.

Ayub adalah keturunan Nuh (Quran 6:84). Dia mencintai Tuhan, menyembah Dia saja, sabar, tabah, dan sering memaafkan. Setan mendengar sekelompok malaikat mendiskusikan bahwa Ayub adalah orang terbaik dari generasinya dan hati Setan yang gelap dipenuhi dengan kecemburuan dan kemarahan yang diam. Rencananya adalah untuk menggoda Ayub dari kebaikan dan membuatnya jatuh ke dalam ketidakpercayaan dan kerusakan. Setan berusaha mengalihkan Ayub dari doanya tetapi Ayub tetap teguh dan berdoa dengan komitmen dan konsentrasi.

Ilustrasi Nabi.

Photo :
  • U-Report

Hal ini menyebabkan kemarahan Setan tumbuh dan dia mengeluh kepada Tuhan dengan mengatakan bahwa Ayub adalah seorang penyembah yang setia hanya karena Tuhan telah memberkati dia dengan kekayaan dan harta benda. Tuhan mengizinkan Setan dan para pembantunya untuk menghancurkan harta Jobs, tetapi Ayub tetap setia pada keyakinannya dan mengakui bahwa Tuhan mampu memberi atau mengambil kekayaan dan harta benda sesuka-Nya. Setan menjadi semakin frustrasi dan kembali kepada Tuhan dengan mengatakan bahwa Ayub hanya menyembunyikan kekecewaannya karena keluarga besarnya yang bahagia.

Setan dan para pembantunya menghancurkan rumah Ayub, bangunan itu runtuh dan membunuh semua anak Ayub.

Sekali lagi, Ayub meminta penghiburan kepada Tuhan dan menerima ujian terberat ini tanpa mengeluh. Setan menyamar dan mendekati Ayub dalam wujud seorang lelaki tua. Orang tua itu bersimpati kepada Ayub dan menyarankan bahwa Tuhan tidak memberi upah kepada Ayub atas pengabdian dan doanya, tetapi Ayub menjawab bahwa Tuhan "terkadang memberi dan terkadang menerima" dan bahwa dia sangat senang dengan Penciptanya. Kemarahan Setan yang diam tetapi membara tumbuh.

Dia kembali kepada Tuhan dengan mengatakan bahwa Ayub sehat dan bugar dan karena itu memiliki harapan untuk mendapatkan kembali kekayaannya dan memiliki lebih banyak anak. Setan meminta izin untuk menghancurkan kesehatan Ayub. Tuhan mengabulkan permintaan Setan yang ketiga tidak termasuk kemampuannya untuk menyakiti jiwa, hati, atau kecerdasan Ayub.
Setan dan para pembantunya mulai melukai tubuh Ayub, atas izin Allah. Dia berkurang menjadi kulit dan tulang dan menderita sakit parah.

Ayub juga terserang penyakit yang membuat orang-orang berpaling darinya dengan rasa jijik dan teman-teman serta kerabatnya mulai meninggalkannya. Hanya istrinya yang tinggal bersamanya. Dia merawatnya dan menghujaninya dengan kebaikan meskipun mereka telah menjadi tidak punya uang dan dia harus bekerja sebagai pelayan untuk memberi mereka sedikit makanan setiap hari.

Sepanjang cobaan beratnya, Ayub tetap setia kepada Tuhan. Bibir dan lidahnya tetap lembab dengan mengingat Allah dan dia tidak pernah putus asa atau mengeluh. Dia terus bersyukur kepada Tuhan bahkan untuk bencana besar yang menimpanya ini. Setan bingung, dia tidak tahu bagaimana membujuk Ayub menjauh dari pengabdiannya kepada Tuhan sehingga dia memutuskan untuk mengganggu istri Ayub. Dia datang kepadanya dalam bentuk seorang pria dan mengingatkannya pada masa lalu dan betapa mudahnya hidup mereka dulu. Istri Ayub menangis dan menghadapi Ayub dengan berkata, “mintalah kepada Tuhanmu untuk menghapus penderitaan ini dari kami”.

Ayub sedih dan mengingatkan istrinya bahwa Tuhan telah memberkati mereka dengan kekayaan, anak-anak dan kesehatan selama 80 tahun dan bahwa penderitaan ini telah menimpa mereka untuk waktu yang relatif singkat. Dia menyatakan bahwa dia malu untuk memanggil Tuhan untuk menghilangkan kesulitan dan menegur istrinya dengan mengatakan bahwa jika dia mendapatkan kembali kesehatannya, dia akan memukulnya dengan 100 pukulan. Istri Ayub yang pengasih hancur, dia berpaling dan mencari perlindungan di tempat lain. Ayub merasa tidak berdaya, dia berbalik kepada Tuhan, bukan untuk mengeluh tetapi untuk memohon belas kasihan.

"Sesungguhnya! kesusahan telah menguasaiku dan Engkau Maha Penyayang di antara semua orang yang berbelas kasih.” Maka Kami kabulkan seruannya, dan Kami hilangkan kesusahan yang ada padanya, dan Kami kembalikan keluarganya (yang telah hilang) kepadanya dan yang serupa dengannya beserta mereka sebagai rahmat dari Kami dan peringatan bagi semua yang menyembah Kami. .” (Quran 21:83-84)

Ilustrasi Nabi Yusuf.

Photo :
  • U-Reporthttps://www.wowmenariknya.com/2018/02/kisah-nabi-yusuf-berdoa-ingin-dipenjara-daripada-tergoda-wanita-cantik.html

Tuhan segera memulihkan kesehatan Ayub. Istri Ayub tidak tega berpisah dari suami tercinta untuk waktu yang lama sehingga dia kembali dan kagum ketika dia melihat kesembuhannya. Dia berteriak terima kasih kepada Tuhan, dan mendengar kata-katanya, Ayub menjadi khawatir. Dia telah bersumpah untuk memukuli istrinya tetapi dia tidak memiliki keinginan untuk menyakitinya karena dia sangat mencintainya. Tuhan ingin menenangkan hati hamba-Nya yang setia dan sabar sehingga dia menasihatinya untuk "mengambil seikat rumput tipis di tanganmu dan memukul dengannya istrimu, dan tidak melanggar sumpahmu". (Quran 38:44)

Dari tradisi Nabi Muhammad kita belajar bahwa Tuhan juga memulihkan kekayaan Ayub. Dikatakan bahwa suatu hari ketika dia mandi (atau mandi) Tuhan menghujaninya dengan belalang yang terbuat dari emas. Tuhan mengganjar kesabaran Ayub dengan berlimpah. Kesehatannya dipulihkan, keluarganya dikembalikan kepadanya dan berlipat ganda, dan dia sekali lagi menjadi orang kaya.

Tuhan memberi tahu kita bahwa kisah Ayub adalah pengingat bagi semua orang yang menyembah Tuhan. (Al-Qur'an 21:84) Ketika seseorang benar-benar menyembah Tuhan dengan penyerahan penuh, perlu untuk memiliki kesabaran. Beribadah beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu itu mudah, tetapi kita harus konsisten. Sholat malam butuh kesabaran, puasa butuh kesabaran, hidup dengan cobaan dan cobaan butuh kesabaran. Kehidupan dunia ini adalah ujian dan untuk lulus, dan diganjar dengan surga, kita perlu mendapatkan kesabaran Ayub.

Itulah kisah nabi Ayub yang memiliki kesabaran yang luar biasa. Ia tetap bersabar meski mendapatkan cobaan yang berat dalam hidupnya. Semoga kita bisa menjadi orang yang sabar seperti nabi Ayub, dan berserah diri kepada ALLAH SWT apapun permasalahannya.

 

Desain Peringatan Maulid Nabi Muhammad Oleh Ahmad Alfariqi

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

Ternyata tugas mulia yang utama dari Nabi Muhammad SAW ini sejatinya bukan diperintah untuk membuat semua orang yang ada di dunia menjadi pemeluk agama Islam tapi rahmat.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024