Hemat Belanja Satuan atau Jumlah Besar, Ini Kata Ahli Financial

Ilustrasi belanja
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Membeli barang secara banyak atau grosir menjadi salah satu trik bagi setiap orang untuk menghemat pengeluaran bulanan mereka. Namun tidak sedikit dari kita yang lebih memilih untuk membeli barang satuan lantaran dianggap lebih hemat praktis.

Keuangan Semakin Inklusif Untuk Penyandang Disabilitas

Lantas lebih baik membeli satuan atau langsung membeli per pack (grosiran)? Terkait hal itu,  Financial Planner, Prita Ghozie punya pandangannya tersendiri. Dia menjelaskan, ada baiknya membeli barang satuan untuk mengetahui apakah produk yang dibelinya itu cocok dengan orang tersebut atau tidak.

"Kalau aku bilang beli satuan aja karena dia harus mencoba dulu dia tahu diantara semua produk ini mana yang cocok dengan lifestyle dia. karena setiap orang punya kepribadian berbeda-beda saat pertama kali mau coba suatu barang sangat disarankan membelinya satuan," kata dia dalam  virtual conference MR. DIY 'Semua Ketemu Di Sini', Rabu 19 Januari 2022.

Memahami Pentingnya Literasi Keuangan: Kunci untuk Keberhasilan Finansial

Lebih lanjut, Prita menjelaskan, setelah orang itu menemukan yang cocok dengannya. Dia kemudian bisa membeli atau belanja barang dalam bentuk package, lantaran bisa menghemat pengeluarannya.

"Setelah dia menemukan yang cocok kemudian menganggarkan kemudian membeli yang sudah dalam package karena pada saat membeli bulk keuntungannya pasti secara cost lebih menguntungkan dan dia sudah tahu cara pakainya seperti apa," kata Prita.

Percepat Keuangan Daerah dan Inklusi, Walikota Jaya Negara Bersama OJK Luncurkan TPAKD

Prita menambahkan, " misalnya ada orang yang buat larutan untuk ngepel kenapa satu sachet dua hari, ada satu sachet yang bisa 2 minggu, dia paham cara pakai dan lain-lainnya sehingga pertanyaan tadi dua-duanya bagus sesuaikan dengan kita kepribadiannya apa," kata Prita.

Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024