10 Agama Terbesar di Dunia yang Wajib Diketahui, Islam Urutan Berapa?

Ilustrasi agama Indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada beberapa agama terbesar di dunia yang wajib diketahui oleh semua orang sebagai bentuk toleransi antar umat beragama. Agama sendiri merupakan sebuah sistem kepercayaan yang dianut oleh kebanyakan orang di dunia, di samping orang yang menganut ateisme atau agnostik yang juga tidak sedikit. Agama juga merupakan keyakinan yang berasal dari sistem budaya dan juga pandangan dunia sampai menghubungkan setiap manusia dengan tatanan kehidupan. 

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Sampai saat ini, setidaknya adalah 4.200 agama dan kepercayaan di dunia berdasarkan sejumlah perhitungan. Beberapa agama tersebut mempunyai jumlah pengikut yang beragam, ada yang paling besar dan ada pula yang paling kecil. Namun, yang kerap menjadi penasaran publik di seluruh dunia adalah agama terbesar di dunia saat ini. Nah, untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut adalah ulasan mengenai agama terbesar di dunia yang disadur dari Worldatlas

Lantas, Apa Saja Agama Terbesar di Dunia?

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

10. Jainisme

Jainisme

Photo :
  • Tangkapan Layar
Alvin Lim Kecam Pendeta Gilbert Lumoindong yang Singgung Zakat dan Salat

Jainisme adalah agama terbesar di dunia yang menempati urutan ke-10. Agama ini pertama kali muncul di India sekitar 2500 tahun lalu. Hingga saat ini, kepercayaan tersebut masih eksis di India dengan pengikut yang mencapai sekitar 4,2 juta orang. Kepercayaan ini memiliki sifat politeistik yang mengakui sejumlah dewa dengan urutan yang cukup rumit. Inti dari sebuah kepercayaan ini sederhana, tapi cukup sulit untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Inti tersebut adalah tidak boleh membahayakan atau menyakiti makhluk hidup yang ada di dunia. Tiga prinsip utama yang diterapkan oleh agama ini adalah non kekerasan, non absolutisme, dan non posesif. Non kekerasan mungkin sudah diterapkan oleh banyak agama di dunia, tapi berbeda dengan kepercayaan ini karena tidak boleh membunuh tanaman. 

9. Baha’i

Kuil Bab

Photo :
  • Tangkapan Layar

Baha’i merupakan sebuah agama monoteistik yang lebih menekankan pada kesatuan spiritual umat manusia. Kepercayaan yang lahir di Persia tahun 1863 ini menjadi salah satu agama terbesar di dunia karena dianut sekitar 7 juta orang. Mereka kebanyakan tinggal di wilayah Israel dan sekitarnya. 

Pendiri agama ini bernama Mirza Husayn-Ali Nuri dengan gelar Baha’ullah yang memiliki arti kemuliaan Tuhan. Agama Baha’i memandang keagamaan sebagai sebuah proses pendidikan untuk umat manusia melalui para utusan Tuhan. Dan Baha’ullah dipandang sebagai Perwujudan Tuhan yang terbaru. 

8. Yudaisme

Yahudi

Photo :
  • U-Report

Yudaisme atau yang lebih dikenal sebagai Yahudi merupakan sebuah kepercayaan yang berkembang di wilayah Timur Tengah, Israel. Inti dari salah satu agama terbesar di dunia ini adalah Tuhan yang Maha Esa. Selain menjadi agama terbesar, Yahudi juga menjadi agama tertua yang ada di muka bumi. 

Tahun 1300 SM, agama tersebut didirikan oleh Abraham dengan keturunannya yang saat ini dinamakan orang Yahudi. Mereka hanya mempercayai satu Tuhan. Para pengikut dari agama tersebut dikatakan sebagai orang Yahudi yang terpisah menjadi majelis trombin Konservatif, Ortodoks, dan Liberal.  Sampai saat ini, pengikutnya diperkirakan mencapai 14 juta orang. 

7. Shinto

Shinto

Photo :
  • Tangkapan Layar

Menurut artikel di Medianeliti, Agama Shinto muncul pada zaman Prasejarah, tapi siapa pendirinya tidak bisa diketahui secara pasti. Penyebaran salah satu agama terbesar di dunia ini dilakukan di wilayah Asia, tapi penyebaran yang terbanyak adalah di Jepang. Agama Shinto mengajarkan penganutnya untuk memuja dan berbakti kepada raja.  

Agama ini memadukan antara paham serba jiwa dengan pemujaan pada gejala-gejala alam dengan mempercayainya bahwa semua benda baik yang hidup atau mati dipandang sebagai ruh atau spirit. Jadi, dalam kepercayaan agama Shinto, semua benda di dunia, baik yang bernyawa atau tidak, pada hakikatnya memiliki ruh, spirit, dan kekuatan yang wajib dihormati.

6. Sikhisme

Kuil Harmandir Sahib (Golden Temple) di India

Photo :
  • http://www.mobgenic.com

Agama terbesar di dunia ini dimulai dari India dan didasarkan kepada ajaran Guru Nanak dan Sepuluh Penerusnya. Secara historis, Sikh sudah memainkan peran utama dalam politik regional dan juga memengaruhi selama pemisahan India tahun 1947. Sampai saat ini diperkirakan bahwa penganut kepercayaan ini mencapai 30 juta pengikut.

Kepercayaan yang satu ini pertama kali muncul di Punjab, India Utara sekitar tahun 1469. Esensi Sikhisme merupakan percaya kepada keesaan Tuhan. Agama ini juga meyakini bahwa Tuhan ada dalam setiap ciptaannya termasuk di dalam diri manusia. Bahkan, kepercayaan ini pernah masuk ke Indonesia sejak awal abad ke-19. 

5. Agama Tradisional Tionghoa

Ilustrasi Agama Tradisional Tionghoa

Photo :
  • Tangkapan Layar

Agama Tradisional Tionghoa ini memiliki pengikut sekitar 5,50% dari total populasi yang ada di dunia atau setara dengan 394 juta pengikut. Angka tersebut berhasil membawa agama ini menduduki posisi ke lima dalam agama terbesar di dunia. Kepercayaan ini merupakan tradisi kepercayaan rakyat yang banyak diyakini oleh bangsa Tionghoa terutama Suku Han. 

Kepercayaan ini tidak memiliki kitab suci secara resmi dan sebagai perpaduan antara sejumlah kepercayaan atau filsafat, contohnya adalah Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme. Pada kepercayaan tersebut, ada dua ritual penghormatan penting yang dilakukan, yaitu penghormatan leluhur dan penghormatan kepada dewa-dewi. 

4. Buddha

Biara Buddha di negara bagian Sikkem, India

Photo :
  • Sumber BBC

Agama Buddha memiliki pengikut sampai setengah miliar orang, sehingga menjadi salah satu agama terbesar di dunia yang menempati posisi keempat. Tahun 600 SM, Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Sang Buddha mendirikan agama tersebut. 

Menjadi agama Dharma yang sama seperti agama Hindu, ajaran dari agama ini berdasarkan pada kehidupan setelah kematian, karma, dan juga reinkarnasi. Kitab suci dari agama ini adalah Tripitaka yang memiliki arti Tiga Keranjang. 

3. Hindu

Sejumlah umat Hindu mengikuti kirab seusai melakukan pradaksina saat prosesi upacara Tawur Agung Kesanga 2019 di Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Untuk urutan ketiga ada agama Hindu dengan total populasi pengikut mencapai sekitar 15% dari penduduk di dunia atau setara 1,15 miliar orang. Pengikut agama ini didominasi berada di wilayah Asia Selatan terutama India dan Nepal. Sementara untuk Indonesia, Bali adalah salah satu provinsi yang mayoritas masyarakatnya menganut Hindu. Agama ini juga menjadi kepercayaan yang tertua di dunia dan masih ada sampai saat ini. 

2. Islam

Kota Makkah.

Photo :
  • U-Report

Agama Islam mendominasi kepercayaan penduduk di dunia yang mencapai 24,3% atau setara dengan 1,8 miliar pengikut, sehingga menjadikan kepercayaan ini sebagai agama terbesar di dunia urutan kedua. Agama Islam didirikan oleh Nabi Muhammad SAW sekitar tahun 610 M, agama Islam diikuti oleh umat Muslim yang memercayai Allah SWT, Muhammad sebagai Rasul Allah, Sunah, dan Al Quran sebagai kitabnya. Komunitas Muslim di dunia ada dua kelompok yaitu Syiah dan Sunni. 

1. Kristen

Gereja Katedral Jakarta

Photo :
  • VIVA / Willibrodus

Agama terbesar di dunia urutan pertama adalah Kristen dengan total pemeluknya yang mencapai 2,5 miliar orang. Agama ini mendominasi sekitar 33,5 persen populasi di muka bumi. Agama Kristen lebih fokus pada ajaran Yesus Kristus sebagai pedoman kehidupan. Kini, agama Kristen sudah terbagi dalam kelompok dan denominasi. Tiga komunitas terbesarnya adalah Ortodoksi Timur, Katolik Roma, dan Protestan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya