Tren Boneka Arwah, Apa Hukumnya Menurut Islam?

Boneka Arwah Milik Furi Harun
Boneka Arwah Milik Furi Harun
Sumber :
  • IG @furiharun

VIVA – Belakangan ini, tengah viral tren mengadopsi boneka arwah, atau yang juga biasa disebut sebagai spirit doll. Banyak pro kontra terkait tren ini, termasuk hukumnya menurut Islam. Bagaimana penjelasannya?

Boneka arwah merupakan boneka yang secara teori dirasuki oleh arwah. Boneka arwah sendiri sejatinya sudah ada sejak zaman dahulu, biasa digunakan untuk ritual keagamaan.

Namun, adopsi boneka arwah kini viral karena banyaknya kalangan selebriti yang melakukan hal tersebut. Tentu saja, tren ini mengundang pro dan kontra karena boneka arwah sendiri sifatnya memang kontroversial.

Maka, ada baiknya kita semua sebagai muslim kembali ke kepercayaan yang kita pegang teguh. Bagaimana Islam memandang fenomena boneka arwah ini?

Dikutip dari keterangan pers Muslim Pro, Menurut Ustadz Syam El Marusy, Islam sejatinya memperbolehkan penganutnya untuk bermain boneka.

Namun, umat Islam tidak boleh mengisi atau bahkan sekadar menganggap boneka itu sebagai tempat bernaungnya roh atau arwah. Pasalnya, umat Islam tak boleh memelihara makhluk halus.

Furi Harun dan Spirit Doll

Furi Harun dan Spirit Doll

Photo :
  • Instagram @furiharun

“Main boneka ya boleh saja, seperti Aisyah (R.A) yang juga dulu bermain boneka, tetapi jika menganggap boneka tersebut memiliki jiwa atau arwah, apalagi sampai dikasih makan, digendong, diberikan fasilitas layaknya manusia. Hati-hati karena hal ini dapat menimbulkan kemusyrikan,” ucap Ustadz Syam.