Kisah Nabi Zulkifli Secara Lengkap, Raja yang Sangat Sabar

Ilustrasi kisah Nabi Zulkifli.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Kisah Nabi Zulkifli mungkin jarang terdengar oleh sebagian umat Islam. Maka dari itu, kita wajib mengetahui kisah selengkapnya mengenai salah satu nabi yang wajib diimani tersebut. Nabi Zulkifli adalah seorang putra dari Nabi Ayyub, nama asli dari Nabi Zulkifli sendiri adalah Basyar. Beliau tinggal di negeri Syam yang dipimpin oleh seorang raja yang sudah tua dan tidak mempunyai keturunan. Awal mula dipanggil Zulkifli ketika suatu hari sang raja tengah mencari penggantinya. 

Pria di Tebing Tinggi yang Ngaku Nabi Mau Bubarkan Islam jadi Tersangka dan Ditahan

Ia kemudian berjanji untuk menyerahkan kekuasaan kepada siapa pun yang mau bertanggung jawab dan menjalankan amanah umat serta orang-orang yang sudah bertakwa kepada Allah SWT. Kemudian berdirilah seorang pemuda yang bernama Basyar sembari mengangkat tanah kanannya dan mengatakan bahwa beliau sanggup. Sang raja berulang kali bertanya kepadanya, tapi tidak ada yang menjawab tidak selain sang pemuda tersebut. 

Ilustrasi kisah Nabi Zulkifli.

Photo :
  • U-Report
Kata Polisi soal Jannes Pria yang Ngaku Nabi Minta Agama Islam Dibubarkan

Setelah itu, terpilihlah Basyar untuk menggantikan kursi sang raja dan namanya pun berubah menjadi Zulkifli yang memiliki arti orang yang sanggup menjaga janji. Hal ini seperti yang tercantum dalam Al Quran berikut. 

"Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Zulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh". (QS Al-Anbya: 85-86).

Ditangkap Polisi, Begini Penampakan Pria Mengaku Nabi di Tebing Tinggi

Pemimpin yang baru ini adalah sosok yang sangat baik, beliau begitu mementingkan urusan rakyatnya ketimbang urusan pribadi dan keluarga. Beliau juga memegang teguh janji untuk selalu berpuasa siang hari dan beribadah malam hari, dan sabar saat dalam keadaan apa pun tidak harus marah-marah. 

Lalu, Bagaimana Kisah Nabi Zulkifli?

Saat Nabi Zulkifli Diangkat Menjadi Raja

Ilustrasi kisah Nabi Zulkifli.

Photo :
  • U-Report

Kisah Nabi Zulkifli dimulau ketika raja dari kerajaan Syam tidak mempunyai keturunan, dan suatu hari dia merasa tua dan dia mencoba mencari pengganti untuk memimpin kerajaan Syam. Ia berjanji akan menyerahkan kekuasaan kepada siapa pun yang sanggup dalam mengemban amanah rakyat dan orang-orang yang selama ini sudah bertakwa kepada Allah SWT.

Di sana berdiri seorang pemuda bernama Bashar (Nabi Zulkifli), yang berkata, "Hamba bisa, tuanku". Tidak ada satu orang pun yang menjawab saat itu, kecuali Basyar (Nabi Zulkifli). Maka pada akhirnya ia diangkat menjadi raja menggantikan raja lama untuk memimpin negeri Syam. Sejak saat itu, Bashar mengubah namanya menjadi Zulkifli, yang berarti orang yang menepati janji.

Ilustrasi Nabi Khidir

Photo :
  • Bukukita.com

Kisah Nabi Zulkifli ini kemudian menjadi raja yang tidak pernah lalai dalam menjalankan tugasnya. Beliau memenuhi semua kebutuhan rakyatnya secara adil dan tanpa masalah. Suatu waktu, munculah memberontakan dari orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT. Nabi Zulkifli AS meminta tentara dan rakyatnya untuk datang ke medan perang.

Namun, tidak ada satu pun rakyat yang berani. Mereka takut mati, sehingga mereka meminta Nabi Zulkifli untuk berdoa kepada Allah untuk menjamin hidup mereka. Nabi Zulkifli tidak banyak berpikir dan langsung berdoa kepada Allah SWT, dan Dia langsung menjawab doanya tersebut. Kemenangan dicapai tanpa ada yang terbunuh dalam pertempuran dengan izin Allah SWT.

Kesabaran Nabi Zulkifli Diuji oleh Rakyatnya

ilustrasi nabi

Photo :
  • U-Report

Setelah menjadi raja, kisah Nabi Zulkifli As tidak luput dari berbagai cobaan, termasuk yang datang dari kaumnya sendiri. Ada banyak orang datang ke kerajaan yang memiliki niat untuk menghancurkan kepemimpinan Nabi Zulkifli As.

Saat itu, Nabi Zulkifli memerintahkan kaumnya untuk ikut berperang melawan pasukan pemberontak yang datang ke kerajaan. Namun, orang-orang yang dia perlakukan dengan baik menolaknya dengan alasan takut mati.

Mereka ingin berperang, tapia ada syarat yaitu dengan jaminan bahwa mereka tidak akan mati di medan perang. Alhasil, Nabi Zulkifli AS berdoa kepada Allah SWT supaya umatnya diselamatkan ketika peperangan berlangsung.

Do aini kemudian secara langsung dikabulkan oleh Allah SWT sehingga semua pasukan dari Nabi Zulkifli AS yang terdiri dari rakyat biasa bisa berhasil memenangkan peperangan dan kembali ke kerajaan dengan kondisi selamat tanpa ada yang gugur.

Baru pada akhir kepemimpinan Nabi Zulkifli As rakyatnya merasakan kehidupan yang damai dan sejahtera. Peninggalan dari Nabi Zulkifli masih bisa dilihat di kota kecil Kirf, selatan Bagdad. Ada sebuah makam di antara kota Shira dan Nazab di kedua sisi sungai Efrat. Makam tersebut diyakini oleh warga sekitar sebagai makam Nabi Zulkifli.

Nabi Zulkifli Digoda Iblis

Ilustrasi iblis.

Photo :
  • U-Report

Kisah Nabi Zulkifli berlanjut saat iblis berusaha memikat Nabi Zulkifli As agar lalai dan gagal memenuhi tugasnya sebagai raja. Suatu ketika, setan datang menemui Nabi Zulkifli. Iblis memiliki trik licik seperti itu. Ia menjadi orang tua dan mengetuk pintu rumah Nabi Zulkifli, menggoyahkan kesabarannya.

Nabi Zulkifli, dengan belas kasih, memohon kepada setan yang menyamar untuk datang ke kerajaannya esok hari. Namun yang ditunggu tak kunjung datang, meski Nabi Zulkifli menyempatkan diri untuk membantu iblis yang menyamar. Iblis sengaja tidak menepati janjinya untuk menguji kesabaran Nabi Zulkifli As.

Tak kuasa menahan kantuk, Nabi Zulkifli memilih istirahat. Dia meninggalkan pesan untuk keluarganya, jangan sampai seseorang datang kepadanya saat dia sedang beristirahat dan membangunkannya. Setan yang menjelma menjadi orang tua kembali datang ke rumah Nabi Zulkifli dan mengetuk pintu.

Namun, atas permintaan Nabi Zulkifli sendiri, keluarganya melarangnya. Tidak menerima penolakan, iblis yang menyamar menyelinap melalui lubang di dinding rumah. Dia kemudian membangunkan Nabi Zulkifiri yang sedang tidur.Nabi Zulkifli menyadari bahwa pintu rumahnya terkunci, tetapi lelaki tua itu masih bisa masuk, dan dia berteriak: "Kamu adalah musuh Allah!".

Ilustrasi Nabi Khidir

Photo :
  • U-Report

Namun kisah Nabi Zukifli sama sekali tidak marah dengan apa yang dilakukan setan. Begitulah Nabi Zulkifli As tetap bersamanya hingga akhirnya setan pun menyerah dan mengaku bahwa ia diutus oleh iblis untuk menggoda dan memprovokasi Nabi Zulkifli As. Rencana setan gagal untuk membuat Nabi Zulkifli marah dan sampai mengingkari janjinya.

Sifat sabar yang dimiliki olehnya di dalam kisah Nabi Zulkifli As sudah semestinya dijadikan sebagai teladan oleh seluruh umat Muslim yang ada di dunia, baik ketika sedang beribadah atau ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Anies, Cak Imin dan Surya Paloh hadiri bukber di rumah JK tanpa PKS

Hakim MK Sentil Paspampres, Pria Ngaku Nabi Ditangkap, dan PKS Tak Hadir

Ada tiga artikel terpopuler dari kanal News VIVA.co.id yang tayang sepanjang Rabu (20/3/2024) kemarin.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024