Selamatkan Bumi dari Sampah, Botol Plastik Bisa Ditukar Lewat Mesin

Ilustrasi botol plastik
Sumber :
  • Pixabay/techmania

VIVA – Sampah plastik menjadi salah satu masalah lingkungan yang dihadapi Indonesia. Karenanya, berbagai gerakan untuk mengurangi sampah plastik terus dikampanyekan.

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Danone-AQUA bekerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay, gerakan sosial berbasis platform digital, meluncurkan Reverse Vending Machine atau Mesin Penukaran Botol plastik pasca konsumsi yang 100 persen asli buatan dalam negeri. Inisiatif ini merupakan cara baru bagi konsumen untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi dari sampah plastik dengan mengumpulkan dan mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi dengan benar.

"Mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI) daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10 persen, untuk itu diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas,” kata VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto dalam keterangan tertulisnya.

1.000 Botol Plastik Disulap Jadi Perahu Keren, Hasil Karya Petugas ini Bikin Melongo!

Reverse Vending Machine atau Mesin Penukaran Botol plastik pasca konsumsi

Photo :
  • Istimewa

Melalui reverse vending machine ini, masyarakat diajak mengumpulkan kemasan botol plastik pasca konsumsi melalui empat langkah mudah. Pertama, mengunduh aplikasi PlasticPay pada smartphone dan melakukan registrasi. Kemudian membawa kemasan botol plastik PET pasca konsumsi ke lokasi AQUA RVM terdekat.

Fokus Gencarkan Daur Ulang Sampah

Memindai barcode pada botol plastik PET pasca konsumsi, sebelum memasukkannya ke dalam mesin RVM. Terakhir, konsumen cukup memindai QRCODE yang muncul pada mesin menggunakan aplikasi PlasticPay, diakhiri dengan mengklik “AmbilPoin” pada aplikasi PlasticPay.

“Prosesnya, seluruh kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul dalam AQUA RVM akan diambil oleh mitra pengumpul sampah plastik Danone-AQUA dan langsung di bawa ke RBU (Recycle Business Unit) binaan Danone-AQUA yang berada di 6 lokasi, termasuk di Jakarta dan Tangerang Selatan. Kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul kemudian akan diolah menjadi plastik PET daur ulang yang digunakan kembali sebagai bahan baku di seluruh kemasan botol AQUA,” jelas Suhendra Setiadi, CEO PlasticPay.

Selain mudah dan cepat, inisiatif ini juga menawarkan reward dari setiap poin yang dikumpulkan. Untuk kemasan botol plastik PET paska konsumsi dengan merk Danone-AQUA diberikan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merek lain mendapat reward 50 poin per botolnya.

Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastic dapat ditukarkan dengan Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan juga sedang diproses untuk bisa ditukarkan dengan Alfagift Points. Dengan mekanisme ini, AQUA RVM diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mendorong masyarakat untuk mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi mereka, sehingga mengurangi sampah plastik yang tidak terkumpul dan terkelola dengan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya