5 Fakta Dibalik Kartun SpongeBob yang Jarang Diketahui Orang

Spongebob Squarepants.
Sumber :
  • dok Youtube

VIVA – Pastinya kalian tahu kan kartun Spongebob Squarepants? Kartun Spongebob Squarepants menjadi salah satu hiburan yang menemani masa kecil, terutama untuk anak-anak kelahiran tahun 90-an. Kartun ini berkisahkan tentang kota yang ada di bawah laut yakni Bikini Bottom dengan tokoh utamanya yang bernama Spongebob Squarepants, digambarkan sebagai sebuah sponge yang tinggal di rumah nanas dan bekerja di restoran burger sebagai koki.

Viral Supir Bus Lakukan Operasi Plastik Gegara Disebut Mirip Spongebob, Hasilnya Menakjubkan

Namun ternyata dibalik cerita-ceritanya yang lucu dari tokoh Spongebob dan teman-temannya yang lain, ada beberapa fakta dan rahasia yang terdapat di dalam kartun tersebut yang tidak digambarkan secara langsung. Mengutip dari Facts.Net, Berikut fakta menarik Spongebob Squarepants yang mungkin belum kamu ketahui!

1. Nama awal SpongeBob SquarePants

Polisi Ungkap Narkoba LSD dari Jerman Sasar Remaja di Jakarta, Berbentuk Prangko Motif Kartun

Spongebob Squarepants.

Photo :
  • dok Youtube

Awalnya karakter SpongeBob SquarePants diberi nama “SpongeBoy" tanpa dilengkapi nama belakang di awal kartunnya dikembangkan pada tahun 1994. Pada awalnya kartun ini juga berjudul SpongeBoy Ahoy! Namun ternyata nama tersebut sudah dipatenkan oleh merek produk pel. Sehingga nama tersebut diubah menjadi yang kini sikenal sebagai SpongeBob SquarePants.

Gibran Pakai Jaket Bermotif Naruto, Pakar Gestur dan Ekspresi Sebut Ada Makna Tersendiri

2. Bikini Bottom

Rumah Spongebob

Photo :
  • http://yoechua.blogspot.com

Ternyata nama kota yang ada di dalam kartun ini yakni Bikini Bottom terinspirasi dari tempat nyata. Seperti yang diketahui sebagian besar scene yang ada di dalam kartun diambil dari Bikini Bottom. Tempat fiktif ini terinspirasi dari lokasi kehidupan nyata di Bikini Atoll, sebuah terumbu karang di Samudra Pasifik. Tempat tersebut diketahui merupakan situs uji coba nuklir Amerika Serikat. Kamu tidak akan menemukan siapa pun di Bikini Atoll selain ikan dan makhluk laut lainnya. Bahkan tempat tersebut menimbulkan teori penggemar bahwa karakter kartun sebenarnya adalah hasil uji coba nuklir.

3. Krabby Patty adalah vegetarian

Krabby Patty

Photo :
  • Instagram @thenickboxofficial

Krabby Patty merupakan salah satu makanan yang ikonik di Krusty Krab, restoran yang dimiliki  Mr. Krabs dengan bahan-bahan rahasia. Namun resep rahasia tersebut tidak pernah diungkapkan dalam kartun ini. Beberapa penggemar bahkan memunculkan teori-teori bahwa Krabby Patty sebenarnya berisi daging kepiting karena namanya dan karena bangunan Krusty Krab yang terlihat seperti perangkap kepiting. Namun, Stephen Hillenburg pembuat kartun ini menyatakan bahwa Krabby Patty adalah vegetarian dan tidak menggunakan daging dalam bentuk apapun.

4. Squidward bukan cumi-cumi 

Squidward

Photo :
  • Instagram @framedbikinibottom

Squidward Tentacles tetangga dari SpongeBob yang selalu pemarah ini sebenarnya adalah gurita dan hanya memiliki enam kaki bukan delapan. Mengapa seperti itu? Karena menurut para desainer yang membuatnya delapan kaki terlalu berat untuk ditanggung secara visual sehingga Squidward digambarkan dengan enam kaki saja. 

5. Patrick awalnya menjadi pemilik bar yang marah

Patrick

Photo :
  • Instagram @framedbikinibottom

Karakter Patrick yang menjadi sahabat dari SpongeBob SquarePants juga menjadi salah satu yang difavoritkan banyak orang karena kepolosannya tentang dunia. Patrick digambarkan sebagai bintang laut berwarna merah muda yang kelebihan berat badan dan sering mengalami situasi yang merepotkan. Namun, sebelum itu Stephen Hillenburg menciptakan karakter bintang laut yang merupakan pemilik bar yang kejam dan pemarah. Hillenburg kemudian mengembangkan karakternya lebih dekat dengan sifat asli bintang laut yakni bersifat lambat dan bodoh namun tetap aktif dan cukup agresif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya