Selain Bagi-bagi Angpao, Ini 5 Tradisi Unik Imlek di Berbagai Negara

Perayaan Imlek 2571 di Petak Sembilan
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Perayaan Tahun Baru Imlek yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa yang ada di seluruh dunia memang bervariasi. Tergantung bagaimana masing-masing negara tersebut merayakannya. Biasanya terdapat beberapa tradisi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa saat mereka merayakan Tahun Baru Imlek

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Tradisi Tahun Baru Imlek yang dilakukan tersebut berbeda-beda di tiap negara. Mulai dari mendekor rumah dengan dekorasi serba merah hingga memberi angpao. Lalu apa saja tradisi tersebut? Mengutip dari chinahighlights.com, berikut ini tradisi lainnya yang terdapat dalam perayaan Tahun Baru Imlek. 

1. Membersihkan dan Mendekorasi Rumah dengan Benda Merah

Uniknya Suasana Lebaran di Kampung Arab Ampel Surabaya

Lampu lampion Imlek

Photo :
  • IKEA

Biasanya tradisi yang dilakukan saat perayaan Tahun Baru Imlek oleh orang-orang yang merayakannya adalah dengan membersihkan rumah mereka sebagai sesuatu yang melambangkan menyapu kesialan dari tahun sebelumnya dan membuat rumah mereka siap menerima keberuntungan.

Tradisi Sapu Koin di Indramayu Bikin Celaka Pengendara Motor

Sedangkan warna merah sendiri adalah warna yang melekat dengan perayaan Tahun Baru Imlek, karena melambangkan keberuntungan, menunjukkan kemakmuran dan sebuah energi yang dapat mengusir roh jahat dan hal-hal negatif. Biasanya lentera merah akan digantungkan di jalan-jalan dan kuplet-kuplet merah ditempelkan di pintu.

2. Memberi persembahan kepada Leluhur

Perayaan Imlek 2571 di Petak Sembilan

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Salah tradisi yang dilakukan saat imlek yani adalah melakukan penghormatan kepada orang yang sudah mmeninggal. Tradisi ini masih terus dilestarikan saat Tahun Baru Imlek. Biasanya orang Tionghoa akan mengunjungi makam leluhur mereka sebelum Tahun Baru Imlek. Mereka akan mempersembahkan makanan kepada leluhur sebelum makan malam reuni (untuk menunjukkan bahwa mereka membiarkan leluhur mereka "makan" terlebih dahulu) dan menambahkan gelas ekstra dan meletakkannya di meja makan di malam tahun baru.

3. Menikmati Makan Malam Reuni Keluarga di Malam Tahun Baru Imlek

sorot imlek tionghoa budaya china

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Tahun Baru Imlek merupakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Malam ini disebut sebagai malam yang paling penting. Orang-orang diharapkan berada di rumah untuk merayakan festival bersama keluarga dimanapun mereka berada. Makan malam Tahun Baru Imlek ini disebut 'makan malam reuni'. Keluarga besar dari beberapa generasi akan berkumpul untuk menikmati makanan dan waktu bersama.

4. Memberi Angpao

Amplop merah/angpao.

Photo :
  • Pinterest

Angpao menjadi salah satu tradisi yang paling ikonik di perayaan Tahun Baru Imlek. Angpao ini berupa amplop berwarna merah yang berisikan sejumlah uang. Biasanya angpao tersebut diberikan kepada anak-anak dan seseorang yang sudah pensiun atau manula. 

5. Nonton Barongsai

Atraksi barongsai di perayaan Cap Go Meh

Photo :
  • instagram.com/capgomehglodok2018/

Biasanya Tahun Baru Imlek juga identik dengan tarian pertunjukkan barongsai. Tarian barongsai ini dipercaya dapat membawa kemakmuran dan keberuntungan untuk tahun mendatang dan acara yang sedang digelar. Tarian ini biasanya dilakukan di luar ruangan atau terkadang dijadikan sebagai parade di jalanan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya