7 Bangunan Aneh yang Dibuat oleh Miliarder, Ada dari Indonesia

Gunung di Atas Gedung
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ternyata ada sejumlah bangunan aneh yang dibangun oleh para miliarder kaya di dunia. Mungkin saja, para miliarder tersebut kebingungan akan memakai uang tersebut sehingga ia membuat sesuatu yang aneh dan unik di dunia. Sejumlah miliarder di dunia yang memiliki harta tidak habis dipakai tujuh turunan ini memiliki cara unik tersebut. Mereka sukses membuat bangunan yang membuat yang di luar nalar otak manusia. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai bangunan aneh yang dibuat oleh miliarder.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Lantas, Apa Saja Bangunan Aneh yang Dibangun Miliarder?

1. Gunung di atap gedung 26 lantai

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Gunung di Atas Gedung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Cbsnews melaporkan bahwa Zhang Biqing, seorang dokter yang kaya raya di Beijing, membangun sebuah gunung pribadi di atap gedungnya yang memiliki lantai 26. Gunung buatan ini dibangun selama 6 tahun dan akan digunakan sebagai vila pribadi. Vila yang berada di atas bukit buatan itu kemudian dipercantik dengan pepohonan, bebatuan, dan rerumputan hijau. Sayangnya, Zhang Jianshan tidak memiliki izin dari pemerintah setempat. Banyak tetangga juga yang mengeluhkan gangguan selama konstruksi. Akibatnya, pihak berwenang memerintahkan untuk membongkar gunung buatan tersebut.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

2. Gereja Ayam

Gereja Ayam.

Photo :
  • U-Report

Menyadur dari VIVA, foto di atas merupakan penampakan Gereja Ayam yang berada di Bukit Rhema, Magelang, Jawa Tengah. Bukit Rhema merupakan tempat wisata religi yang dikenal dengan nama Gereja Ayam. Nama resmi bangunan tersebut adalah Rumah Doa Bukit Rhema. Pendirinya adalah Daniel Alamsjah, seorang pengusaha kaya raya di tahun 1980-an.

Gereja Ayam memiliki desain arsitektur yang sangat unik. Bangunan aneh ini seperti merpati raksasa dengan mahkota. Tapi sayang, krisis moneter tahun 1997 silam membuat pembangunan rumah ibadah tersebut terpaksa harus dihentikan. Dalam kondisi terbengkalai, bangunan ini bahkan populer di kalangan pelancong. Bahkan sampai menjadi berita internasional.

3. Achill-henge

Achill-henge

Photo :
  • Tangkapan Layar

Joe McNamara adalah salah seorang pria kaya yang telah berbicara menentang pemerintah. Salah satu aksi yang dikenal sebagai Anglo Avengers adalah pendirian Stonehenge pada tahun 2011 di atas Pulau Achill di lepas pantai Mayo.

Gedung aneh setinggi 4,5 meter dengan diameter 30 meter ini dibangun dalam waktu enam bulan untuk memprotes lemahnya respons kebijakan pemerintah Irlandia terhadap krisis keuangan dan Anglo-Irish Bank dan pemerintah Irlandia yang diyakini ikut bertanggung jawab.

Menurut Mayonews, tanpa izin yang memadai, Mayo County Council memerintahkan agar bangunan tersebut diratakan dengan tanah. Namun demikian, moniker struktur tetap hidup hari ini.

4. Pulau bajak laut pribadi di Cambridgeshire

Pulau bajak laut pribadi

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ada sebuah pulau di tengah danau di Cambridgeshire dengan suasana yang mirip dengan adegan Pirates of the Caribbean. Pulau ini dimiliki oleh salah seorang jutawan yang identitasnya masih dirahasiakan.

Sang miliarder begitu tertarik dengan sosok Jack Sparrow dan semua bajak laut. Itu sebabnya ia memerintahkan pembangunan pulau bajak laut pribadinya, Pulau Charles, di atas tanah seluas 24 hektar di Cambridgeshire, Inggris.

Tidak hanya mengusung tema bajak laut, pulau ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti bar, dek kapal, air terjun, laguna, pantai pribadi, dan Coffer Cabin yang dilengkapi dengan tempat tidur khusus bajak laut.

5. Istana dongeng Liu Chonghua

Pulau bajak laut pribadi

Photo :
  • Tangkapan Layar

Liu Chonghua adalah seorang jutawan yang lepas dari kemiskinan dengan menjalankan bisnis kue. Pria eksentrik ini mempunyai mimpi untuk membangun 100 istana di China karena terkesan dengan kemegahan Jerman, kastil khas Prancis, dan Sagrada Familia yang dirancang oleh arsitek terkenal Antoni Gaudí.

Sejauh ini, Liu telah berhasil membangun 7 istana dengan desain arsitektur yang berbeda. Untuk tujuan ini, dia bersedia membayar dana hingga 100 juta yuan. Berita terbaru, dia berencana untuk membangun tiruan dari Kastil Windsor di Chongqing.

6. Kantor Pusat NetDragon Websoft

NetDragon Websoft

Photo :
  • Tangkapan Layar

Salah satu orang terkaya China, Liu Dejian, mendirikan markas besar pengembang game NetDragon Websoft, yang terlihat seperti NCC-1701-E USS Enterprise dari Star Trek. Bangunan aneh ini terletak di Kota Changle, Provinsi Fujian.

Sebelum membangunnya, dia sudah mendapat persetujuan dari CBS, stasiun televisi yang memproduksi Star Trek. Liu menghabiskan sekitar 600 juta yuan untuk menyelesaikan bangunan setinggi 260 meter. Seluruh konstruksi selesai pada Oktober 2014.

7. Rumah Kastil

Ilustrasi Kastil

Photo :
  • The guardian

Miliarder kaya Christopher Mark telah membangun sebuah rumah seukuran kastil di hutan Woodstock. Sayangnya, karena masalah, rumah yang dibangun pada 2001 itu dijual pemiliknya seharga USD45 juta atau setara Rp644 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya