Kisah Nabi Syuaib dan Azab Bagi Orang Kafir

Ilustrasi masjid.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Kisah nabi Syuaib diceritakan dalam Al Quran Surat Al-Araf dan Surat Hud. Kisah nabi Syu’aib ini memberikan sebuah peringatan kepada umat islam untuk senantiasa jujur dalam melakukan jual beli. Perjalanan Nabi Syua'ib AS untuk menyadarkan kaum Madyan ini penuh dengan rintangan. Bahkan ia diancam untuk disingkirkan dari kaumnya. Simak kisah nabi Syuaib yang dikutip dari islamreligion.com.

Hakim MK Sentil Paspampres, Pria Ngaku Nabi Ditangkap, dan PKS Tak Hadir

Kisah Nabi Syuaib

Pantai Pasir Jambak Padang.

Photo :
  • U-Report
Pria di Tebing Tinggi yang Ngaku Nabi Mau Bubarkan Islam jadi Tersangka dan Ditahan

Nabi Syuaib, yang dikenal dalam literatur Alkitab sebagai Yitro, adalah salah satu dari hanya empat nabi Arab yang disebutkan namanya dalam Al-Qur'an. Beliau bersama dengan 3 nabi lainnya, yaitu Nabi Hud A.S, Nabi Shaleh A.S, dan Nabi Muhammad S.A.W. Kemampuannya dalam berdakwah membuat Nabi Syuaib A.S diberi julukan oleh banyak orang pada masa itu adalah juru pidato. 

Banyak sarjana percaya bahwa Syuaib adalah pria tua yang menawarkan keselamatan, keamanan, dan tangan salah satu putrinya untuk dinikahkan kepada Musa, ketika dia melarikan diri dari Mesir. Tidak ada sumber otentik yang membenarkan atau menyangkal hal ini, namun Al-Qur'an memberi tahu kita bahwa Nabi Syuaib berasal dari orang-orang Midian, dan di sanalah Musa menemukan perlindungan.

Kata Polisi soal Jannes Pria yang Ngaku Nabi Minta Agama Islam Dibubarkan

Menyisir kisah Nabi Musa dan Syuaib, kita menemukan bahwa Nabi Syu’aib adalah salah satu dari sedikit orang Midian yang benar-benar baik dan jujur. Orang-orang secara keseluruhan adalah bandit dan perampok, menipu satu sama lain dan mereka yang mengalami kemalangan untuk melewati kotapraja dan kamp nomaden mereka. Sebagian besar mereka menjalani kehidupan yang bahagia dan sejahtera karena karunia dari Tuhan. Namun alih-alih bersyukur, mereka ingin mengumpulkan lebih banyak dan akan berbohong dan menipu untuk melakukannya. Mereka pindah jauh dari agama Tuhan, banyak yang ateis, sementara yang lain menyembah dewa hutan atau alam.

Ajakan Nabi Syuaib Dalam Berdakwah

Ilustrasi Pendakwah

Photo :
  • http://coretanpetualang.files.wordpress.com

Seperti halnya semua nabi Allah, misi Nabi Syuaib adalah menyeru umatnya untuk menyembah Allah saja dan mengikuti perintah-perintah-Nya. Dia mencoba untuk melakukannya dengan mengingatkan mereka tentang rahmat dan nikmat yang dianugerahkan kepada mereka oleh Tuhan, tetapi mereka lalai. Mereka yang belum sepenuhnya meninggalkan kepercayaan menyembah dengan cara yang salah dari nenek moyang mereka dan berkata kepada Syuaib, "Apakah Anda ingin kami meninggalkan agama nenek moyang kami? Tidak bisakah kami melakukan apa yang kami suka dengan harta kami sendiri", cibir mereka.

"Dan kepada orang-orang Midian Kami mengirim saudara mereka Syuaib. Dia berkata: 'Hai umatku! Sembahlah Tuhan! Kamu tidak memiliki Tuhan selain Dia'..." (Quran 7:85)

Sejarawan Islam Ibnu Katsir mengatakan kepada kita bahwa orang-orang Midian adalah orang pertama yang mengenakan biaya dan bea pada orang-orang yang melewati wilayah mereka. Mereka bersikeras pada kehidupan perampokan dan ketidakadilan meskipun Nabi Syuaib melakukan yang terbaik untuk meyakinkan mereka bahwa hukuman Tuhan akan menimpa mereka jika mereka tidak berhenti. Mereka tidak pernah menuntut ukuran dan bobot yang benar dalam urusan bisnis mereka dan Syu’aib memohon kepada mereka untuk menjelaskan bahwa Tuhan akan melihat mereka miskin dan melarat dengan mengambil karunia yang mereka harapkan.

Maka berikanlah takaran yang penuh dan berat yang penuh dan janganlah kamu menganiaya laki-laki dalam urusan mereka, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah ditertibkan, itu lebih baik bagimu, jika kamu orang-orang yang beriman. Dan janganlah kamu duduk di atasnya. setiap jalan yang mengancam dan menghalang-halangi dari jalan Allah orang-orang yang beriman kepada-Nya dan yang ingin membengkokkannya...'" (Al-Qur'an 7:85-86)

Nabi Syuaib terus memprotes kaumnya; dia bersikeras bahwa dia tidak berusaha untuk memperbaiki dirinya sendiri tetapi dia menginginkan yang terbaik untuk mereka. Dia seperti semua nabi lain yang telah datang sebelum dia mempraktekkan persis apa yang dia khotbahkan dan tidak meminta lebih dari mereka yang dia cari untuk membimbing daripada apa yang dia minta dari dirinya sendiri. Seperti halnya orang-orang kafir, mereka tidak mempraktekkan apa yang mereka khotbahkan dan mereka mengolok-olok dan meremehkan Nabi Syuaib.

Dia berkata, 'Hai umatku! Katakan padaku jika aku memiliki bukti yang jelas dari Tuhanku dan Dia telah memberiku rezeki yang baik dari-Nya (haruskah aku merusaknya dengan mencampurnya dengan uang yang diperoleh secara haram). bertentangan dengan Anda, untuk melakukan apa yang saya melarang Anda. Saya hanya menginginkan reformasi untuk yang terbaik dari kekuatan saya. Dan bimbingan saya tidak bisa datang kecuali dari Allah, kepada-Nya aku percaya dan kepada-Nya aku bertobat.'" (Quran 11:88)

Nabi Syuaib kemudian melanjutkan untuk memperingatkan umatnya bahwa kemungkinan besar akan mengalami nasib yang sama dengan orang-orang Nabi Nuh, Hud dan Saleh. Kehancuran adalah produk akhir dari ketidaktaatan mereka. "...Penduduk Lot tidak jauh darimu" (Quran 11: 89), dia menasihati. 

Ibnu Katsir mengatakan bahwa kalimat ini berarti bahwa orang-orang Midian melakukan dosa keji seperti perampokan di jalan raya, seperti yang dilakukan orang-orang Lot. Arti lain yang mungkin untuk frasa itu juga berlaku karena, katanya, orang-orang Syuaib dekat dengan orang-orang Luth dalam waktu, tempat dan perilaku.

Orang-orang Syuaib semakin bosan dengan celaannya yang terus-menerus dan mengatakan mereka akan melempari dia dengan batu jika bukan karena keluarganya. Ini tidak menghentikan Syuaib dari menyampaikan pesannya menyerukan pertobatan. Para pemimpin di antara orang-orang kafir meminta pengikut Syuaib untuk kembali ke agama nenek moyang mereka, tetapi Syuaib memohon kepada Tuhan untuk melindungi orang-orang saleh di antara mereka. Syuaib dan para pengikutnya diusir dari kota. Orang-orang kafir melanjutkan gaya hidup mereka yang tercela dan tidak lagi memikirkan peringatan dari Syuaib.

Azab Untuk Orang-orang Kafir

Ilustrasi orang kafir.

Photo :
  • U-Report

Tuhan sangat menyadari perilaku benar Syuaib dan pengikutnya dan semua upaya yang dilakukan untuk mencegah orang-orang kafir dari perilaku tidak jujur dan tidak tahu berterima kasih mereka. Syu’aib memperingatkan hukuman yang mengerikan dan dalam tidak kurang dari tiga bab yang berbeda, Quran menyebutkan hukuman ini dari orang-orang yang tidak bertobat.

"...Kami menyelamatkan Syuaib dan orang-orang yang beriman bersamanya, dengan rahmat dari Kami. Dan tangisan yang mengerikan menguasai orang-orang yang zalim, dan mereka berbaring (mati), bersujud di rumah mereka." (Al-Qur'an 11: 94)
“Maka gempa melanda mereka dan mereka terbaring (mati), sujud di rumah mereka.” (Al-Qur'an 7:91)
“Tetapi mereka mendustakannya, maka siksa hari bayang-bayang (awan yang mendung) menimpa mereka. Sesungguhnya itulah azab pada hari yang besar.” (Quran 26:189)

Ibnu Katsir menjelaskan dan memberitahu kita bahwa mereka terkena panas terik matahari yang tak tertahankan selama tidak kurang dari tujuh hari. Mereka mencoba menenangkan diri dengan menggunakan air tetapi tidak berhasil. Mereka melarikan diri ke padang pasir dan menemukan apa yang mereka yakini sebagai kelegaan di bawah awan yang gelap dan suram, tetapi awan itu menghujani titik-titik api dan bumi berguncang di bawah kaki mereka. 

Allah berfirman, "Orang-orang yang mendustakan Syu’aib menjadi seolah-olah mereka tidak pernah tinggal di sana (di rumah mereka). Orang-orang yang mendustakan Syu’aib, (mereka) adalah orang-orang yang merugi." (Quran 7:92) Nabi Syu’aib menolak untuk meratapi suatu kaum untuk yang telah memberikan nasihat yang baik dan jujur.

Suri Tauladan Dari Nabi Syuaib

ilustrasi berdoa

Photo :
  • Freepik
  • Selalu Dekat dengan Allah

Nabi Syu’aib A.S dalam setiap kegiatannya tidak pernah lupa dengan Allah, beliau selalu melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangannya. Oleh sebab itu, beliau memiliki hati yang bersih dan suka membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan. 

  • Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Nabi Syu’aib diberi julukan juru pidato. Hal itu karena kemampuannya dalam berkomunikasi dan berargumentasi dengan orang lain. Sifat ini sangat diperlukan bagi kita karena bisa mengajak orang lain agar menuju jalan yang benar.

  • Selalu Membantu Orang Lain

Nabi Syu’aib A.S sangat suka membantu orang lain terutama orang-orang yang sedang kesusahan. Membantu orang lain merupakan suatu hal yang sangat baik, bahkan harus dilakukan. Dengan membantu orang lain, maka orang yang dibantu akan senang dan kita yang membantu akan mendapatkan pahala. Membantu orang lain juga bisa mempererat tali silaturahmi.

  • Selalu Menjaga Hati dan Diri

Nabi Syu’aib A.S selalu menjaga hati dan dirinya agar tidak muncul perasaan benci, sombong, dan lain-lain yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Begitu juga, dengan diri kita harus menjaga hati dan diri agar tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Mukjizat Nabi Syuaib

  • Nabi Syuaib dan pengikutnya selamat dari azab Allah swt yang menimpa kepada kaum Madyan
  • Atas izin Allah Nabi Syuaib mampu mendatangkan azab badai panas
  • Atas izin Allah, Nabi Syuaib mendatangkan awan hitam, petir, dan Gempa Bumi

Itulah kisah Nabi Syuaib yang penuh rintangan dalam berdakwah. Banyak sifat dan sikap yang bisa kita contoh dari kisah nabi Syuaib ini. Semoga kita bisa menerapkan dikehidupan sehari-hari.

Desain Peringatan Maulid Nabi Muhammad Oleh Ahmad Alfariqi

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

Ternyata tugas mulia yang utama dari Nabi Muhammad SAW ini sejatinya bukan diperintah untuk membuat semua orang yang ada di dunia menjadi pemeluk agama Islam tapi rahmat.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024