7 Fakta Pulau Kalimantan yang Menyimpan Berjuta Misteri

Ilustrasi masyarakat suku Dayak di Kalimantan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pulau Kalimantan saat ini tengah menjadi sorotan usai rencana Presiden Jokowi akan membuat Ibu Kota Negara baru di pulau tersebut, tepatnya di Kalimantan Timur. Dalam benak kita, pasti kamu sudah membayangkan keindahan dari pulau yang banyak dihuni oleh hutan lebat tersebut. Untuk kamu yang berada di luar Kalimantan, kamu harus paham bahwa pulau tersebut mempunyai sejuta pesona yang harus dieksplorasi. 

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Banyak juga fakta mengenai pulau ini, bukan hanya keindahan alamnya, tapi berbagai macam suku, budaya, tempat wisata dan kuliner. Luas Pulau Kalimantan sekitar 743.330 km persegi. Pulau yang sangat luas tersebut menempati urutan ketiga sebagai pulau terbesar di dunia setelah Papua dan Denmark. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai fakta-fakta Pulau Kalimantan. 

Lantas, Apa Saja Fakta-Fakta Pulau Kalimantan?

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

1. Pulau dengan Penghuni Monyet

Ilustrasi monyet

Photo :
  • VIVAnews/Irma Dana
Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

Fakta Pulau Kalimantan yang pertama adalah terdapat dua pulau yang ditinggali dengan sekelompok monyet. Kedua pulau ini adalah Pulau Kembang dan Pulau Kaget. Sekumpulan monyet yang terdapat di dua pulau tersebut mempunyai jenis yang berbeda-beda. Seperti di Pulau Kembang ada jenis monyet yang biasanya banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. 

Sementara di Pulau Kaget pengunjung akan menemukan sejumlah monyet yang jarang sekali ditemukan di beberapa daerah lain, seperti bekantan dan lutung ekor panjang. Bahkan, jenis monyet langka tersebut hanya ada di bagian selatan Pulau Kalimantan saja lantaran langkanya varietas tersebut. Tak heran bila monyet menjadi lambang maskot untuk Provinsi Kalimantan Selatan

2. Suku Dayak

Suku Dayak.

Photo :
  • U-Report

Bentang alam Pulau Kalimantan sangat luas sehingga tidak heran bila banyak sekali suku di pulau ini. Salah satu yang paling terkenal dari Kalimantan adalah Suku Dayak. Suku ini dikenal sebagai yang paling ramah apabila ada tamu yang berkunjung ke daerahnya, tidak heran bila banyak orang yang penasaran ingin mengenal suku tersebut. 

Masyarakat suku ini juga sangat menghargai alam dan menjaga keasrian lingkungan sekitarnya. Suku ini tidak menyukai hal-hal yang berbau kekerasan. Akan tetapi, bila mereka terusik, maka bisa saja timbul peperangan. Selain itu, gadis Dayak juga terkenal dengan kecantikannya dan para gadis tersebut sangat dijaga layaknya permata berharga. 

Meski kini tradisi di suku tersebut mulai luntur karena perkembangan zaman, tapi para tetua di suku Dayak masih terus melestarikannya. Umumnya semakin panjang cuping telinga seorang wanita suku Dayak maka kedudukannya juga akan semakin tinggi dan berasal dari kaum bangsawan. 

3. Kalimantan Diduduki Tiga Negara

Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pemerintah kompromi menyerahkan pengelolaan dan penamaan ribuan pulau kecil yang belum bernama kepada asing.

Photo :
  • tvOne/Muhammad Tahir Sarno

Kalimantan adalah salah satu pulau di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Bahkan, hal ini juga sudah diatur dalam undang-undang mengenai batas antara daratan dan lautan. Perbatasan ini seluas 2.019 km. Batas antara Indonesia dengan Malaysia terdiri dari Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat serta negara bagian Sabah dan Sarawak. 

Perbatasan ini sudah terjadi sejak beberapa abad yang lalu. Awal kesepakatan tersebut terjadi lantaran adanya perjanjian Negara Belanda dan Inggris tahun 1874. Kemudian, di tahun 1891 dilaksanakan Konvensi London. Awalnya, Pulau sebatik dikuasai dua negara , yaitu Inggris bagian utara dan Hindia Belanda bagian selatan. 

Lalu, konflik juga kerap terjadi tentang perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia. Untuk diketahui bahwa masalah perbatasan tersebut sudah ada sejak tahun 1973. Indonesia dan Malaysia masih ada perbedaan pendapat tentang batas wilayah masing-masing negara. 

Selain Malaysia, Kalimantan Barat juga berbatasan dengan Negara Brunei Darussalam. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa Kalimantan dihuni oleh 3 negara sekaligus, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. 

4. Aman dari Bencana Alam

Dokumentasi - Seorang staf perpustakaan mencoba merapikan buku-buku yang berjatuhan dari rak akibat gempa bumi kuat di Kota Iwaki di Iwaki, Prefektur Fukushima, Jepang, 14 Februari 2021.

Photo :
  • ANTARA

Pulau Kalimantan dapat dikatakan sebagai salah satu pulau yang aman dari bencana alam, termasuk Gempa. Bila dibandingkan dengan beberapa pulau di Indonesia, potensi gempa di Kalimantan sangat kecil. Hal ini karena lokasinya yang hanya berdekatan dengan lempeng tempa di Selat Makassar. Selain itu, hanya sebagian kecil dari pulau ini yang bisa terkena gempa. Uniknya, gunung berapi juga tidak ada di Kalimantan, sehingga semakin aman. 

5. Paru-Paru Dunia

Sorot taman nasional berung kerihun - danau sentarum - hutan kalimantan

Photo :
  • VIVA/Endah Lismartini

Pulau Kalimantan dipandang sebagai paru-paru bumi terbesar kedua di dunia setelah Hutan Hujan Amazon yang berada di Amerika Selatan. Sebab, Pulau Kalimantan masih mempunyai hutan hujan dengan luas mencapai 88 juta hektar. Tapi sayang, saat ini diperkirakan hanya setengah dari Pulau Kalimantan yang masih tertutup dengan hutan hujan. 

6. Rumah untuk Spesies Langka

Orangutan Kalimantan

Photo :
  • U-Report

Hutan hujan tropis yang ada di Pulau Kalimantan adalah rumah untuk 15.000 spesies tanaman berbunga, 3.000 spesies pohon, 221 spesies mamalia, dan juga 420 spesies burung. Menariknya, Pulau Kalimantan juga menjadi satu-satunya habitat asli Orang Utan Kalimantan yang saat ini terancam punah. 

Selain itu, Kalimantan juga menjadi habitat utama untuk bekantan, gajah Kalimantan, badak, landak, rusa, tapir, dan sejumlah spesies lain yang terancam punah. Bahkan, di Pulau Kalimantan juga ada danau ubur-ubur terbesar di dunia yang dinamakan sebagai Danau Kakaban. Danau ini mempunyai sejumlah ubur-ubur langka yang tidak menyengat. 

7. Pasar Terapung

pasar terapung di Banjarmasin

Photo :
  • U-Report

Kalimantan Selatan mempunyai sebuah pasar yang unik, yaitu pasar terapung. Pasar tersebut mempunyai aktivitas jual beli yang dilakukan di atas aliran sungai Barito dan Martapura. Banyak barang-barang yang dijual di pasar unik ini. Mulai dari sayuran, buah, ikan, dan banyak hasil kebun sampai kue tradisional juga dijual di tempat ini. 

Pasar terapung ini sudah memulai aktivitasnya sejak subuh sampai jam 9 pagi. Setelah itu, para penjual akan pulang dan perahu para penjual akan ditinggalkan di sungai. Akan tetapi, kamu juga akan melihat para pedagang yang menawarkan barang dagangannya dari rumah ke rumah yang belum habis terjual. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya