5 Fobia Aneh yang Ada di Dunia Ini Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ilustrasi takut, fobia
Sumber :
  • Pixabay/Österreich

VIVA – Setiap orang pastinya memiliki beberapa hal yang mereka takuti yang biasanya disebut sebagai fobia. Mengutip dari prevention.com, Kate Wolitzky-Taylor, PhD, anggota fakultas asosiasi dengan Pusat Penelitian Kecemasan dan Depresi di UCLA menjelaskan bahwa fobia terdiri dari ketakutan yang terus-menerus atau penghindaran terhadap stimulus tertentu. Stimulus sendiri adalah situasi dimana seseorang merasa ketakutan. Dimana ketakutan tersebut menyebabkan penderitaan yang signifikan dan mengganggu kehidupan seseorang. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Ketakutan yang dialami bisa disebabkan oleh apa saja, misalnya seperti takut akan ketinggian dan ruangan yang sempit. Ketakutan itu disebut fobia karena seseorang yang mengalami bahkan benar-benar tidak bisa menaiki sesuatu yang tinggi atau kamu harus berhenti dari pekerjaan karena diharuskan menaiki lift yang sempit saat bekerja ke kantor. Mengutip dari prevention.com, berikut ini kumpulan fobia aneh di dunia yang mungkin tidak terpikirkan olehmu.

1. Fobia Angka (Numerophobia)

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Ilustrasi angka

Photo :
  • Pixabay/Alicja

Numerophobia adalah salah satu fobia aneh yang ada di dunia diaman seseorang merasakan ketakutan yang berlebih terhadap angka, meskipun bukan dalam arti seseorang takut pada angka yang bersembunyi di bawah tempat tidur. Numerophobia biasanya muncul sebagai rasa takut dalam mengerjakan matematika atau berurusan dengan angka. Ada beberapa bukti bahwa dokter numerophobia mungkin mengabaikan praktik terbaik berbasis bukti baru karena keengganan mereka terhadap angka dan statistik.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

2. Fobia Mandi (Ablutophobia)

Ilustrasi mandi.

Photo :
  • U-Report

Ablutophobia adalah ketakutan untuk melakukan mandi, mencuci atau membersihkan diri. Fobia ini paling sering terjadi pada anak-anak dan sembuh seiring bertambahnya usia, tetapi masih bisa terjadi pada orang dewasa. Orang dengan ablutophobia biasanya akan menghindari mandi yang dapat menyebabkan mereka menjadi bau badan dan beraroma tidak sedap. Namun, ketakutan akan mandi ini bisa terjadi sangat ekstrem dan membuat penderitanya mengalami kecemasan. Ablutophobia dapat terjadi akibat peristiwa traumatis yang melibatkan air, atau seseorang yang takut dengan basah. Dalam beberapa kasus, fobia ini juga terkait dengan aquaphobia, yaitu ketakutan akan air.

3. Fobia Hujan (Ombrophobia)

Ilustrasi curah hujan.

Photo :
  • U-Report

Ombrophobia adalah sebuah ketakutan akan hujan. Hal ini juga disebut oleh peneliti termasuk dalam kategori yang disebut sebagai "fobia lingkungan alam", yang juga mencakup angin topan (lilapsophobia), salju (chionophobia), dingin (cryophobia), dan angin (ancraophobia). Menurut studi yang dilakukan, orang yang menderita fobia ini mungkin lebih cenderung memiliki semacam pendidikan formal yang terkait dengan cuaca, dimana mereka merasa terbebani dengan "pemahaman yang lebih tentang potensi bahaya yang terkait dengan cuaca buruk”.

4. Fobia Tanpa Smartphone (Nomophobia)

Ilustrasi aplikasi di smartphone.

Photo :
  • Pixabay/MariusMB

Nomophobia adalah fobia yang dimana seseorang merasa ketakutan bila hidup tanpa smartphone. Fobia yang satu ini terbilang relatif baru. Sebuah studi dari Italia mendefinisikan karakteristiknya sebagai perasaan "cemas atau gugup" seseorang saat mereka kehilangan smartphone dalam hidupnya atau khawatir kehilangan jangkauan jaringan internet daya baterai dari smartphone itu sendiri.

5. Fobia Debu (Amathophobia)

Ilustrasi debu bintang.

Photo :
  • U-Report

Amathophobia adalah seseorang yang mengalami ketakutan akan debu. Mungkin hal ini memang tidak mengherankan, dalam sebuah penelitian diketahui bahwa fobia ini biasanya ditemukan terjadi para pustakawan, orang-orang yang terus-menerus berada di sekitar buku-buku tua yang tertutup debu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya