10 Julukan Indonesia dari Mata Dunia

Saat dunia mengagumi keindahan dan keberagaman Indonesia, sebagian orang Indonesia justru sedang sibuk berlomba-lomba menghujat dan mencelanya | gambar: silahkanSHARE.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ternyata ada beberapa julukan Indonesia di mata dunia yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia sendiri. Julukan ini diberikan oleh warga negara asing yang pernah bertandang ke Indonesia. Siapa sangka, bahwa Tanah Air yang kita tinggali ini mempunyai berbagai julukan. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai keanekaragaman yang indah, serta menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di dunia. Mulai dari pantai, danau, gunung, dan lain sebagainya. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai julukan Indonesia di mata dunia. 

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

1. Macan Asia Tertidur

Kekayaan alam Indonesia.

Photo :
  • Facebook/BawahIsland
8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Ketika masa pemerintahan mantan Presiden Soeharto, Indonesia pernah dijuluki sebagai Macan Asia. Ketika itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat disegani oleh banyak negara, terlebih untuk kawasan Asia Tenggara yang meliputi sektor pembangunan, ekonomi, olahraga, dan lain sebagainya. Tapi sayang, prestasi Indonesia kian luntur sampai akhirnya julukan Macan Asia tersebut berubah menjadi Macan Asia Tertidur. Namun, dengan penuh harapan di kemudian hari Indonesia bisa bangkit dengan potensi yang dimilikinya. 

2. Balinesia

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

Wisata di Pulau Nusa Penida, Bali.

Photo :
  • Istimewa.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Pulau Bali merupakan ikon Indonesia yang sangat terkenal di mata dunia. Alasannya karena Bali adalah salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Hal sejenis ini bukanlah sesuatu yang mencengangkan, karena Bali memang mempunyai bentang alam yang indah dan tradisi yang menarik sehingga mampu membuat siapa saja mengaguminya. Maka dari itu, pantas saja bila Indonesia mendapatkan julukan Balinesia. 

3. Heaven of Earth

Sunrise terindah di indonesia.

Photo :
  • U-Report

Julukan Indonesia berikutnya adalah wilayah yang dilalui oleh jalur pegunungan dan hamparan dataran tinggi. Kondisi alam sejenis ini menjadikan Indonesia mendapatkan julukan Heaven of Earth atau surga bumi. Hal ini karena pemandangan yang sangat menakjubkan, mulai dari pantai, hutan, pegunungan, danau, dan lain sebagainya yang mampu memukau dunia. 

4. Negara Seribu Candi

Candi Borobudur.

Photo :
  • Dokumentasi Kominfo

Julukan Indonesia berikutnya ini adalah Negara Seribu Candi karena Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini pernah terpilih menjadi salah satu di antara tujuh keajaiban dunia. Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga, keturunan Syailendra tersebut mempunyai 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief yang sangat memukau. 

5. Negara Nyiur

Pohon kelapa.

Photo :
  • U-Report

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ribuan pulau, negara juga mempunyai ribuan pantai dengan bentang alam yang indah dan memesona. Dari sekian banyak pantai tersebut, mayoritasnya adalah habitat untuk pertumbuhan pohon kelapa atau pohon nyiur, sehingga menjadikan negara Indonesia dijuluki sebagai Negara Nyiur. 

6. Negara Garuda

Ilustrasi lambang negara Indonesia Burung Garuda

Photo :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

Julukan Indonesia berikutnya adalah Negara Garuda yang berkaitan dengan lambang negara yang berbentuk burung garuda. Lambang negara tersebut berasal dari mitologi kuno yang kemudian dipakai sebagai lambang negara Indonesia. Burung garuda tersebut adalah simbol bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan negara yang kuat. 

Warna keemasan di dalam burung garuda merepresentasikan gambaran dari keagungan dan juga kejayaan Indonesia. Sementara di bagian paruh, cakar, sayap, dan ekornya yang memperlihatkan kekuatan pembangunan diiringi dengan tenaga yang sangat besar. 

7. Paru-paru Dunia

Sorot taman nasional berung kerihun - danau sentarum - hutan kalimantan

Photo :
  • VIVA/Endah Lismartini

Salah satu pulau di Indonesia, seperti Kalimantan yang merupakan satu dari sekian banyak kawasan dikatakan sebagai paru-paru dunia. Pulau tersebut terdiri atas hutan hujan tropis yang luas total mencapai lebih dari 40 juta hektar. Hutan-hutan di Tanah Air adalah habitat untuk banyak jenis satwa langka yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. 

8. Negara Maritim

Pantai Tanjung Tinggi Pulau Belitung, Indonesia.

Photo :
  • U-Report

Indonesia mempunyai luas wilayah perairan sekitar 3.257.483 kilometer persegi. Total luas perairan tersebut lebih luas dari total daratan Indonesia. Sehingga tidak heran bila Indonesia dikenal sebagai negara maritim lantaran wilayah lautnya yang sangat potensial dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

9. Negara Agraris

Ilustrasi Petani. Sumber: unsplash.com

Photo :
  • vstory

Bukan hanya memiliki laut yang sangat luas, Indonesia juga memiliki tanah yang subur untuk lahan pertanian. Ini merupakan salah satu alasan mengapa mayoritas masyarakat Indonesia adalah seorang petani sehingga mendapatkan julukan sebagai Negara Agraris. 

10. The Biggest Moslem Population

Keragaman budaya Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga

Photo :
  • vstory

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 267 juta jiwa, masyarakat Indonesia sendiri terdiri atas beraneka ragam suku bangsa dan budaya. Selain itu, juga ada keberagaman dalam agama dan juga kepercayaan yang dianut dan sudah diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia. Mulai dari Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya