Kisah Nabi Luth Mendakwahi Kaum Sodom yang Suka Berbuat Maksiat

Kisah Nabi Luth
Kisah Nabi Luth
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kisah Nabi Luth menjadi salah satu kisah nabi yang juga patut diteladani karena kesabarannya menghadapi kaum yang susah diajak untuk menuju jalan yang baik dan benar, bahkan ia harus menghadapi orang-orang yang tidak memiliki akhlak. Hal itu dirasakan oleh Nabi Luth saat menyebarkan dakwahannya. Meskipun begitu Nabi Luth tetap menjalaninya dengan kesabaran. Nabi Luth sendiri merupakan utusan Allah SWT yang diberi tugas untuk memberikan dakwah kepada kaum Sodom

Kaum Sodom sendiri merupakan salah satu kaum yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Hal itu dikarenakan kaum Sodom seringkali melakukan perbuatan maksiat yang di mana hal itu adalah perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT. Oleh karena itu, Allah SWT mengutus Nabi Luth untuk mengajak kaum Sodom untuk kembali pada jalan yang benar. Meskipun hal itu sangatlah sulit dan berat untuk dijalani oleh Nabi Luth. Berikut ini akan kita bahas kisah Nabi Luth dalam perjalanan dan perjuannnya menyebarkan dakwah untuk kaum Sodom. 

Kisah Nabi Luth Mendakwahi Kaum Sodom

Ilustrasi Nabi Zakaria

Ilustrasi Nabi Zakaria

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kisah Nabi Luth diawali dengan dirinya yang diasuh oleh pamannya Nabi Ibrahim saat ia lahir. Semua petuah yang diberikan oleh Nabi Ibrahim sangat dihormati dan dipercayainya. Nabi Ibrahim sendiri merupakan saudara kandung dari ayahnya yakni Haran bin Thareh. 

Nabi Luth dan Nabi Ibrahim seringkali mengembara jauh bersama karena saking dekatnya hubungan mereka. Mereka sudah melintasi daratan dan lautan bersama dengan misi menyebarkan kepada umat manusia ajaran agama islam. Pengembaraan mereka sampai ke Palestina dan saat itulah Allah SWT memberikan wahyu kepadanya sebagai seorang nabi yang diutus untuk mendakwahi kaum Sodom. 

Setelah diangkat menjadi seoorang nabi, Allah SWT memerintahkan Nabi Luth untuk menetap di Kota Sodom yang letaknya berada di perbatasan Yordania dan Palestina. Nabi Luth ditugaskan untuk membuat orang-orang Sodom bertaubat dan kembali ke jalan Allah SWT serta menjauhi segala larangan-Nya. Hal itu tentunya tidaklah mudah bagi Nabi Luth karena kota tersebut dikenal sebagai kota yang maksiatnya tinggi, penuh korupsi dan tingginya tingkat kriminalitas. Salah satu Kejahatan yang paling mengerikan di kota tersebut adalah homoseksual dan lesbian.