Gak Cuma Perhiasan, 4 Jenis Emas Ini Bisa Bikin Untung

Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

VIVA – Investasi emas banyak menjadi pilihan terutama bagi pemula karena tergolong aman. Selain itu, anggapan bahwa harga emas yang cenderung terus naik juga bisa memberikan keuntungan yang baik.

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya

Selain emas berupa perhiasan, ada beberapa jenis investasi emas lainnya yang tak kalah menguntungkan seperti berikut ini.

Emas batangan

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Mengacu pada segala bentuk emas murni, contoh yang paling umum adalah emas batangan. Emas ini harus disertifikasi untuk berat dan kemurnian, biasanya memiliki nomor seri terlampir untuk alasan keamanan.

Koin emas

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Bentuk jual beli emas ini cukup terkenal, dan lebih nyaman dibanding emas batangan karena ukurannya lebih kecil. Investor bisa membeli koin emas dari kolektor atau dealer swasta, kemudian menjualnya untuk mendapat keuntungan.

ETF Emas dan reksadana

Dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF) dan reksadana adalah akun yang membeli emas atas nama investor. Saham yang membentuk dana ini masing-masing mewakili jumlah emas yang tetap dan dapat dibeli dan dijual seperti saham.

Emas berjangka

Emas berjangka adalah kontrak berjangka untuk membeli dan menjual emas pada titik waktu tertentu. Setiap kontrak mewakili sejumlah emas tertentu dan tergantung pada spesifikasinya dapat membayar dalam jumlah dolar atau emas fisik. Emas berjangka bisa sangat besar, strategi ini paling cocok untuk investor dengan modal membeli kontrak bernilai tinggi.

Lakuemas selaku perusahaan penyedia layanan jual-beli emas secara O2O (Online to Offline) dan unit usahanya yaitu Butik Lakuemas yang fokus kepada penyedia layanan jual-beli, simpan, dan gadai emas memprakarsai kerjasama pertamanya dengan retail supermarket Superindo.

Kerjasama ini meliputi dua hal yaitu mengenai pembukaan cabang Butik Lakuemas di tujuh lokasi Superindo yang tersebar di Jabodetabek serta yang kedua mengenai pengembangan layanan pembayaran atau payment channel dimana para pelanggan Lakuemas nantinya akan dapat membeli emas dengan melakukan pembayaran di kasir Superindo.

“Lakuemas mempunyai visi untuk senantiasa mendukung inklusi keuangan dengan hadir lebih dekat kepada masyarakat khususnya perempuan dan Ibu rumah tangga. Kami yakin dengan kehadiran Butik Lakuemas di beberapa cabang Superindo akan membantu para Ibu-Ibu untuk lebih bijak mengatur keuangan keluarga dalam mengatur pengeluaran pokok, tidak hanya sembako tetapi juga emas sebagai instrument investasi. Butik Lakuemas juga menyediakan layanan gadai emas agar Ibu-Ibu semua dapat bijak dalam memutuskan prioritas keuangan,” kata Head of Growth Lakuemas Reza Ernanda dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu,  adanya kerjasama pengembangan skema pembayaran membeli emas yang dapat dilakukan di kasir Superindo ini pun akan memudahkan para nasabah dan masyarakat untuk mereka bertransaksi beli emas.

"Butik Lakuemas dan Superindo hadir agar pelanggan dapat memenuhi kebutuhan pokok serta melakukan investasi di waktu dan tempat secara bersamaan. Selain itu dengan latar belakang yang kuat antara kedua perusahaan, saya berharap kerjasama ini menjadi penggerak bisnis yang baik kedepannya,” tutur Agung Prabowo, perwakilan dari Superindo.

Hingga saat ini terdapat 7 (tujuh) Butik Lakuemas di Superindo yang berlokasi Superindo Padjajaran, Kota Bogor; Superindo Kincan, Kota Bekasi; Superindo Duren Tiga, Kota Jakarta Selatan; Superindo Pd Betung, Banten; Superindo RE Martadinata, Banten; Superindo Citra Raya, Banten; dan Superindo Karang Tengah, Banten. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya