Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Ilustrasi angpau Imlek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

VIVA – Di momen perayaan Imlek, biasanya tak lepas dari berbagai pernak-pernik yang membawa keberuntungan. Salah satunya adalah tanaman yang dipercaya bisa mendatangkan rezeki.

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Tak hanya memberi kesan cantik dan indah, tanaman hias ini juga dipercaya membawa keberuntungan pada pemiliknya sepanjang tahun. Apa tanaman hoki ini.

Berikut deretan tanaman pembawa keberuntungan Tahun Baru Imlek yang dirangkum dari berbagai sumber.

Meriahkan Tahun Naga Kayu di Jakarta, Bank Mandiri Ajak Nasabah dan Mitra Rayakan Imlek

Tanaman bambu rezeki/Lucky Bamboo

Festival Imlek dan Cap Go Meh di Tabanan Bali Berlangsung Meriah

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman hias yang kerap dipakai sebagai dekorasi di halaman rumah saat Imlek. Dalam Feng Shui, bambu rezeki memiliki lima elemen alam di dalamnya. Kelima elemen tersebut yakni udara, air, tanah, logam dan api. Karena itu, tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan di setiap aspek kehidupan seseorang.

Bunga mei hwa

Dalam perayaan Imlek, bunga berwarna merah muda yang mirip sakura ini disebut juga sebagai simbol semangat baru. Itulah yang membuat bunga mei hwa sebagai tanaman yang wajib ada ketika perayaan Tahun Baru China.

Bunga ini sanggup tumbuh dan mekar di musim dingin atau ketika salju turun. Kemampuan itu menjadikan jenis bunga ini dipercaya sebagai lambang keberuntungan, kebahagiaan, semangat baru serta harapan yang besar.

Jeruk mandarin

Pohon jeruk mandarin juga dipercaya sebagai lambang keberuntungan. Dalam bahasa Kanton, pohon ini disebut sebagai gam gat sue, yang pelafalannya terdengar seperti kata emas dalam bahasa serupa. Karena itu, pohon jeruk mandarin dipercaya sebagai simbol kemakmuran.

Bunga krisan/serunai

Sama seperti bunga mei hwa, bunga krisan merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dibeli dan selalu ada saat Tahun Baru Imlek. Sebab, bunga ini dipercaya sebagai simbol kekayaan, kesehatan dan kemakmuran.

Tanaman uang/money plant

Tanaman ini dipercaya sebagai tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan yang paling populer menurut Feng Shui. Selaras dengan namanya, tanaman yang disebut juga sebagai Devil's Ivy ini dipercaya bisa meningkatkan keberuntungan finansial bagi pemiliknya.

Baca selengkapnya tanaman-tanaman pembawa keberuntungan lain di Hari Raya Imlek lewat tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya