10 Jenis Bunga Hias Bikin Cantik Rumah, No. 8 Jadi Simbol Cinta

Ilustrasi kebun bunga.
Sumber :
  • YouTube/Trisno Utomo

VIVA – Jenis bunga ada beragam macam apalagi yang bisa dijadikan sebagai pemanis dan bikin asri rumah. Kehadiran bunga hias di rumah membuat suasana sejuk, udara lebih segar dan lebih enak dipandang. Bunga hias juga ada yang wangi bikin ruangan semakin nyaman ditempati.

11 Orang Ditangkap saat Polisi Gerebek 3 Rumah Mewah di Teluk Naga, Ternyata Markas Judi Online

Nah, berikut ada 10 jenis bunga hias yang bisa Anda gunakan untuk percantik rumah. Simak ya!

1 Bunga Lavender

Detik-detik Menegangkan Pria Ini Selamat dari Tembok Runtuh Akibat Gempa Garut

https://pixabay.com/id/lavender-bunga-bunga-1507499/

Photo :
  • U-Report

Tak hanya sebagai penghias rumah, bunga lavender kuga dapat mengusir nyamuk dan sersngga. Warna bunga lavender umumnya cenderung berwarna ungu muda kebiruan dan aromanya juga sedap untuk aromaterapi.

Update Dampak Gempa Garut: 131 Rumah Rusak di 50 Desa

Bunga yang termasuk ke dalam famili Lamiaceae ini memang bukan bunga tropis dan biasanya tumbuh di dataran tinggi sekitar 500-1300 mdpl. Lavender sebenarnya tidak umum ditanam di Indonesia, tetapi kini banyak pecinta tanaman yang mulai membudidayakannya.

2. Bunga Baby Breath

Bunga yang memiliki nama lain gypsophila ini merupakan jenis bunga hias yang banyak ditemui di Eropa dan Asia Utara. Bunga ini sering dipakai untuk menghiasi kebun bunga yang ada di pekarangan rumah. Varian bunga baby breath yang sering dijumpai adalah bunga yang berwarna putih dan pink dengan bentuk menyerupai semak.

Bunga baby breath merupakan bunga favorit untuk melengkapi sebuah karangan bunga. Bunga jenis ini memang sering dijumpai biasanya di karangan bunga papan atau karangan bunga dalam bentuk lainnya. Bentuk baby breath sangat kecil-kecil sehingga cocok dijadikan rangkaian bunga yang cantik dan menawan.

3. Bunga Adenium

Bunga Adenium di Desa Randuagung, Gresik

Photo :
  • Antara/ Syaiful Arif

Bunga adenium mampu tumbuh dalam kondisi lingkungan yang sangat kering, bahkan di padang pasir sekalipun. Tak sulit merawat bunga ini karena tak banyak membutuhkan air sebagai salah satu perawatan bunga pada umumnya. Bunga ini dijadikan tanaman hias karena tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Bunganya pun sangat cantik dan menawan dengan batang yang memiliki bonggol seperti tanaman bonsai. Bunga adenium termasuk salah satu bunga yang sangat direkomendasikan untuk menghuni pekarangan rumah. Bunga ini menambah kesan rumah semakin asri dan adem.

4. Bunga Bougenville

Ilustrasi Bunga bougenville.

Photo :
  • U-Report

Bunga bougenville merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Kelopak bunganya tipis dan ringan, mirip sekali dengan kertas sehingga sering disebut bunga kertas.

Bunga bougenville memiliki warna yang beraneka ragam, antara lain ungu, putih, merah, dan kuning. Bunga ini cukup gampang dijumpai karena banyak ditanam oleh pecinta bunga. Batangnya memiliki tekstur keras, bercabang-cabang, dan mempunyai duri tajam. Tanaman bougenville bisa tumbuh sampai ketinggian 10 meter, tetapi juga bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai.

5. Bunga Kembang Sepatu

Kembang sepatu merah.

Photo :
  • U-Report

Bunga dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis ini berasal dari Asia Timur dengan tinggi mencapai 2 meter hingga 5 meter. Bunga ini bisa tumbuh sepanjang tahun. Bunganya berwarna putih, kuning, oranye, merah muda, hingga merah tua dengan ukuran besar.

6. Bunga Petunia

Bunga petunia berbentuk seperti trompet dengan warna yang bervariasi seperti merah, putih, kuning pucat, biru, dan ungu tua. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan ini bisa tumbuh antara 16-30 sentimeter.

7. Bunga Tulip

Tulip Del Piero di taman bunga Keukenhof, Belanda.

Photo :
  • VIVAnews/ Arfi Bambani Amri

Bunga tulip memang jarang dijumpai di Indonesia karena menjadi simbol dari negara Belanda. Namun, pastikan rumah Anda berada di area yang cukup tinggi dengan cuaca yang tidak terlalu panas jika ingin memiliki bunga tulip.

8. Bunga Mawar

Pertanian bunga mawar di desa Sidomulyo, Batu, Jawa Timur

Photo :
  • Antara/ Ari Bowo Sucipto

Bunga mawar sering kali dijadikan sebagai simbol cinta dan keromantisan. Jenis dan warnanya pun bermacam-macam, mulai dari mawar merah, putih, kuning, bahkan biru. Bunga ini sangat populer dan gampang dijumpai sehingga sering dijadikan sebagai kadom

9. Bunga Hias Hydrangea

Bentuknya yang unik dengan bunga-bunga mungil yang berkumpul jadi satu seperti bola membuat bunga ini jadi pilihan menarik. Warna bunga ini juga sangat cantik dengan ragam seperti biru, ungu. Bunga hydrangea ini tumbuh subur di tempat yang lembap. Dikutip dari Bibit Bunga,  jangan terlalu banyak air disiram sebab akan membuat akar membusuk hingga akhirnya mati. Berikan air secukupnya saja.

10. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Indonesia menjadikan salah satu jenis bunga anggrek, yaitu bunga anggrek bulan, sebagai bagian dari bunga nasional. Dikutip dari Good Hosekeeping, anggrek mudah tumbuh, tetapi perlu dijauhkan dari sinar matahari langsung. Selamat mencoba, ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya