Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap Beserta Adab-adab yang Harus Dilakukan

Doa masuk kamar mandi
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Doa masuk kamar mandi sebaiknya memang dilakukan dan diamalkan pada setiap harinya oleh para umat muslim di manapun dan kapan pun. Bagi kamu yang mungkin terkadang masih suka lupa membaca doa masuk kamar mandi saat hendak buang air kecil, buang air besar dan mandi lebih baik dibiasakan agar tidak lupa. Karena doa sejatinya penting dalam segala hal apapun yang sedang kita jalani.

Berangkat Naik Haji, Saipul Jamil Ingin Bacakan Doa Ini di Depan Ka'bah

Kamu yang merasa sering lupa untuk membaca doa masuk kamar mandi bisa meminta tolong diingatkan oleh orang terdekatmu. Sebaliknya, kamu juga bisa mengingatkan orang terdekatmu untuk membaca doa sebelum masuk masuk ke kamar mandi. Sementara bagi anak kecil lebih baik diajarkan sejak dini agar nantinya akan terus terbiasa. 

Dalam Islam sendiri, doa-doa yang dibaca dan dipanjatkan merupakan sebuah amalan dan dapat melancarkan segala aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Selain itu juga pastinya akan mendapatkan pahala dari setiap doa yang keluar dari mulut kita. Seperti doa masuk kamar mandi yang ternyata tidak boleh diabaikan. 

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Selain akan membahas tentang doa masuk kamar mandi, pada kali ini kita juga akan membahas secara lebih lengkap juga mengenai doa keluar kamar mandi dan adab-adab yang perlu diketahui dan harus dilakukan dalam Islam saat hendak masuk dan keluar dari kamar mandi. Berikut ini penjelasan lengkap mulai dari doa masuk kamar mandi, doa keluar kamar mandi hingga adab-adab berada di dalam kamar mandi. 

Doa Masuk Kamar Mandi

Anggota DPR Soroti Tragedi Warga Bubarkan Mahasiswa Katolik saat Ibadah Doa Rosario di Tangsel

kamar mandi

Photo :
  • U-Report

Kamar mandi menjadi salah satu tempat yang ditempati oleh jin dan setan. Karena kamar mandi sejatinya merupakan tempat manusia Membersihkan dan membuang kotoran mereka. Sehingga agar diri kita tetap terlindungi dari pengaruh jin dan setan, Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum memasuki kamar mandi. 

Berikut ini bacaan doa masuk kamar mandi yang disertai dengan artinya, berdasarkan hadis riwayat HR. Bukhari No. 142 dan Muslim No. 375:

“Allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khobaits.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

Doa Keluar Kamar Mandi

Kamar Mandi Wirda Mansur

Photo :
  • Youtube

Tidak hanya doa masuk kamar mandi saja, tapi setelah kita selesai memakai kamar mandi dan hendak untuk keluar juga ada doanya dan kita dianjurkan untuk berdoa. Doa yang dianjurkan juga sangat singkat dan tidak panjang Jadi, kamu bisa mengingatkannya dan terus menerapkannya saat keluar dari kamar mandi dimanapun dan kapan pun.

Berikut ini bacaan doa keluar kamar mandi yang disertai dengan artinya:

“Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi azhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii” 

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Adab Saat Berada di Kamar Mandi

Kamar mandi.

Photo :
  • Pixabay/cocoparisienne

Saat sedang berada di kamar mandi, ada beberapa adab yang perlu kamu ketahui agar senantiasa terbebas dari najis. Adab tersebut khususnya harus diperhatikan saat kamu membuang hajat. Berikut ini adab-adab yang perlu diketahui saat sedang berada di kamar mandi. 

1. Tidak menghadap kiblat 

Toilet pintar.

Photo :
  • Mirror

Saat seseorang membuang hajatnya, dianjurkan untuk tidak menghadap atau bahkan membelakangi kiblat. Maka dari itu pembangunan pada rumah khususnya bagian kamar mandi harus diperhatikan agar jangan sampai posisinya menghadap atau membelakangi kiblat. Sebaiknya posisi kamar mandi khususnya WC atau toilet menghadap ke timur atau barat. 

Berdasarkan hadis riwayat HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila kalian buang hajat, janganlah menghadap atau membelakangi kiblat. Namun menghadaplah ke timur atau ke barat."

2. Masuk kamar mandi dengan kaki kiri 

Ilustrasi mengeringkan kaki.

Photo :
  • U-Report

Sebelum masuk ke kamar mandi kita memang dianjurkan untuk membaca doa masuk kamar mandi terlebih dahulu. Namun jangan sampai lupa juga bahwa saat hendak memasuki kamar mandi setelah kita membaca doa kita dianjurkan untuk masuk dengan menggunakan kaki kiri terlebih dahulu bukan menggunakan kaki kanan. Hal ini menjadi salah satu adab saat kita ingin masuk ke kamar mandi. 

3. Keluar kamar mandi dengan kaki kanan

Ilustrasi kaki.

Photo :
  • U-Report

Kebalikan dari yang sebelumnya, jika masuk kamar mandi didahului dengan menggunakan kaki kiri maka berbeda dengan saat keluar. Saat kita selesai memakai kamar mandi dan hendak keluar, kita dianjurkan untuk menggunakan kaki kanan untuk keluar dari kamar mandi. Hal ini masuk dalam adab saat berada di dalam kamar mandi

4. Membuang hajat pada lubang toilet

Ilustrasi toilet.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Adab selanjutnya yang harus kamu lakukan saat berada di dalam kamar mandi, khususnya saat hendak membuang hajat adalah memastikan bahwa kamu membuang hajat atau buang air kecil pada lubang toilet yang tepat. Hal tersebut dikarenakan untuk menghindari percikan air kencing yang akan mengenai pakaianmu dan menjadi sebuah najis. Maka sebisa mungkin buanglah hajat atau air kencing tepat di lubag toilet. 

5. Menggunakan tangan kiri

Ilustrasi jari tangan.

Photo :
  • U-Report

Hal yang paling umum dilakukan saat kita sudah selesai membuang hajat atau buang air kecil adalah menyiramnya dengan bersih. Nah saat menyiramnya, kita dianjurkan lagi untuk tidak menyiram dan membersihkan tempat kotoran keluar untuk menggunakan tangan kiri bukan tangan kanan. 

5. Tidak membawa barang bertuliskan nama Allah

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik

Kamar mandi menjadi salah satu tempat manusia membersihkan dan membuang otoran mereka dan termasuk dalam golongan tempat yang kotor. Maka dari itu kita tidak dianjurkan untuk membawa barang apapun yang dimana pada barang tersebut bertuliskan nama yang suci yakni Allah SW. 

6. Tidak boleh berbicara di dalam kamar mandi

Bercinta di Kamar Mandi

Photo :
  • U-Report

Tahukah kamu bahwa saat kita berada di dalam kamar mandi kita dianjurkan untuk tidak berbicara baik itu ngobrol maupun berkata-kata. Hal itu dikarenakan jika kita berbicara di dalam kamar mandi dianggap sebagai perbuatan yang kurang terpuji. Berdasarkan penjelasan dari Syaikh Ali Basam, berbicara di dalam kamar mandi tidak mencerminkan sikap malu kita. 

7. Tidak boleh bernyanyi di dalam kamar mandi

Bernyanyi di Kamar Mandi

Photo :
  • U-Report

Selain tidak boleh berbicara kita juga dianjurkan untuk tidak bernyanyi-nyanyi di dalam kamar mandi. Sama halnya dengan penjelasan yang sebelumnya bahwa menyanyi di dalam kamar mandi juga bukan sebuah perbuatan yang terpuji. Dianjurkan lebih baik kita diam saat berada di dalam kamar mandi dan fokus pada apa yang hendak akan kita lakukan, misalnya seperti membuang hajat, buang air kecil atau mandi. 

Itulah penjelasan secara lengkap mengenai doa masuk kamar mandi yang disertai juga dengan doa keluar kamar mandi dan adab-adab yang perlu diketahui saat berada di dalam kamar mandi. Hal-hal yang telah dijelaskan di atas dianjurkan untuk dilakukan dan diamalkan agar senantiasa kita mendapatkan pahala dan terhindar dari segala sesuatu yang buruk. 

Tidak hanya untuk kamu yang membacanya saja, tetapi tulisan ini juga bisa kamu bagikan kepada orang-orang yang ada di sekitarmu dan mungkin belum mengetahui hal ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi orang banyak khususnya yang sudah membacanya. 

Jemaah haji berdoa di Raudhah

Titip Doa pada Jamaah Haji atau Umrah, Bolehkah? Begini Jawaban Mengejutkan Syaikh Utsman!

Seringkali banyak orang menitipkan doa dan keinginannya melalui perantara, jemaah haji atau umrah yang berada di tanah suci Makkah dan Madinah. Seperti apa hukumnya?

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024