Doa Ketika Mimpi Buruk

Ilustrasi mimpi buruk.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ketika kita mengakhiri aktivitas seharian, kemudian langsung tidur, itu merupakan kenikmatan yang sempurna, namun ada ketika kita sedang tidur mengalami mimpi yang buruk, tapi dalam mimpi juga terdapat kejadian yang menyenangkan, bahagia, menakutkan, menegangkan atau malah mimpi jatuh.

Cathy Sharon Ungkap Gak Pernah Doa Minta Jodoh Meski Lama Menjanda, Ini Alasannya

Namun ketika kita bermimpi yang menyenangkan dan membuat bahagia, terasa tidurnya semakin nyaman bahkan terasa sulit untuk beranjak dari kenikmatan tidur, akan tetapi, ketika kita mimpi buruk, maka hal ini akan akan membuat kita merasa resah dan sulit untuk kembali lagi tidur.

Jika anda mengalami mimpi yang buruk sebaiknya langsung berdoa kepada Allah, untuk meminta perlindungan dari segala hal mimpi buruk, supaya bisa kembali tidur lagi dan tidak mengalami mimpi buruk lagi.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Di dalam ajaran agama Islam, mimpi yang mengganggu seseorang dan membuat tetap terjaga datang dari gangguan syaitan, maka dari itu sebelum melakukan tidur, dianjurkan untuk selalu berdoa.

Secara umum, mimpi yang dilihat orang adalah mimpi baik adalah berasal dari Allah SWT, biasanya merupakan refleksi dari hal-hal yang dipikirkan dan diharapkan seseorang.

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

Seperti apa yang telah Rasulullah sabdakan "Menjelang akhir zaman, hampir tidak ada mimpi yang dilihat Muslim tidak akan menjadi kenyataan. Orang yang mimpinya paling jujur adalah orang yang ucapannya paling jujur. Mimpi Muslim merupakan salah satu dari empat puluh lima bagian Nubuat. Mimpi ada tiga jenis: mimpi baik yang merupakan kabar baik dari Allah; mimpi yang menyebabkan kesusahan, yang datang dari Syaitan; dan mimpi tentang hal-hal yang sedang dipikirkan seseorang"

Berikut beberapa yang harus dilakukan ketika kita mengalami mimpi buruk, seperti dikutip dari PopMama dan Orami, sebagai berikut:

1. Baca Doa Mimpi Buruk

niat puasa

Photo :
  • U-Report

Ada dua doa yang dianjurkan oleh Nabi ketika kita terbangun dari mimpi buruk, seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Sinni, doa yang pertama.

"Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibaadihi wa min hamazatisy syayatini wa an yahdhurun"

Artinya "Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu"

Dan doa yang kedua yang dianjurkan oleh Nabi adalah "Allohumma inni a'udzubika min ‘amalis syaithoni wa sayyiatil ahlam."

Yang artinya "Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi."

2. Lakukan Sunnah Nabi Setelah Mimpi Buruk

Orang berdoa

Photo :
  • U-Report

Mimpi adalah sesuatu yang kita tidak bisa hindari ketika tidur, berikut sabda Rasulullah sebagai berikut

"Jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang disukainya, ini dari Allah, jadi biarkan dia memuji Allah untuk itu dan memberikannya kepada orang lain. Jika dia melihat selain itu, mimpi yang dia tidak suka, ini dari setan, jadi biarkan dia berlindung kepada Allah dari kejahatannya dan jangan menyebutkannya kepada siapa pun, karena itu tidak akan merugikannya." (Al-Bukhari, 6584; Muslim, 5862)

Hadis tersebut menjelaskan segala sesuatu mimpi yang buruk berasal dari Syaitan, namu segala sesuatu mimpi yang indah itu hakikatnya adalah kesehat dari Allah.

3. Meludah Ke Kiri Sebanyak Tiga Kali

Ilustrasi wudhu, berkumur, cuci tangan

Photo :
  • Pixabay/ mucahityildiz

Setelah anda mengalami mimpi buruk, disunahkan oleh Rasulullah SAW untuk segera meludah ke kiri sebanyak tiga kali, seperti yang dijelaskan dalam HR. Muslim, bahwa:

Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah kekiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syaitan tiga kali."

Sedangkan dijelaskan oleh Imam Nawawi, jika mengalami mimpi buruk, ada baiknya untuk hanya meniup dan tidak perlu mengeluarkan ludah.

"Mimpi yang baik bersumber dari Allah. Dan mimpi buruk datangnya dari setan. Maka barangsiapa bermimpi yang dibenci (mimpi buruk), hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan mohon perlindungan kepada Allah dari setan. Maka sesungguhnya mimpi itu tidak akan membahayakannya."

4. Segara Meminta Perlindungan kepada Allah SWT

Niat puasa qadha Ramadhan

Photo :
  • Pixabay/ Chiplanay

Jika anda terbangun karena mimpi buruk, segeralah membaca ta'awudz sebanyak tiga kali sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. "A’udzu billahi minasy syaithanir rajim"

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk."

5. Jangan Menceritakan Kepada Orang Lain

Ilustrasi berbisik.

Photo :
  • U-Report

Mimpi buruk tidak boleh dibagikan dengan siapapun, Apa yang didapat dari pengalaman mimpi buruk, bisa jadi membuat takut orang lain juga dan mereka mungkin mimpi buruk karena cerita tersebut, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yaitu:

"Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya." (HR. Al Bukhari)

6. Ubah Posisi Tidur Anda

Macam - macam posisi tidur.

Photo :
  • U-Report

Ada baiknya setelah mimpi buruk menyerang, jangan segera tidur kembali. Ubah posisi tidur sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW kepada pada umatnya, seperti yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim

"Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah kekiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula"

7. Lakukan Wudhu dan Sholat

Apa Itu Shalat? Syarat Wajib dan Syarat Sah Shalat

Photo :
  • vstory

Salah satu penenang hati yang ampuh adalah dengan shalat. Ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar dapat membuat perasaan kembali lebih tenang dan memperoleh perlindungan dari Allah SWT.

Sebelum shalat, diwajibkan untuk mengambil wudhu, Wudhu juga merupakan tindakan yang bisa melindungi diri dari gangguan syaitan.

Jangan lupa untuk perbanyak istighfar setelah shalat. Rasulullah SAW bersabda: "Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah." (HR. Muslim).

8. Tidak Boleh Menafsirkan Mimpi

Ilustrasi mimpi buruk.

Photo :
  • U-Report

Rasulullah SAW mengungkapkan bahwa mimpi-mimpi buruk yang dialami tidak akan terjadi kecuali apabila ditafsirkan sendiri, apalagi jika ditafsirkan secara negatif.

Jika anda ingin menafsirkan mimpi yang dialami, ada baiknya untuk menafsirkan dengan hal-hal yang baik dan positif.

Mimpi itu berada di kaki burung (mengambang) selama tidak di ta’birkan atau ditafsirkan, jika dita’birkan bisa jadi mimpi itu akan terjadi.” (HR. Ibnu Majah; shahih).

Itulah bacaan doa ketika anda mengalami mimpi buruk serta sunnah-sunnah dari Rasulullah SAW yang bisa dilakukan. Anda juga bisa ajarkan ini kepada anak, saudara maupun teman anda.

Cak Imin sambut elite PPP di markas PKB, Jakarta Pusat

PKB Bantu Doain PPP Lolos di MK, Cak Imin Apapun yang Diminta Kita Sediakan

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berharap PPP bisa lolos gugatan sengketa Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024