Doa Penglaris Dagangan dan Tips-tip Berdagang dari Rasulullah SAW

Doa penglaris dagangan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Doa penglaris dagangan biasanya digunakan dan dibaca oleh para penjual atau pedagang agar dagangannya laris manis. Dalam Islam tentunya ada doa penglaris dagangan yang dapat mendampingi usaha dan kerja kerasmu sebagai seorang pedagang. Karena sejatinya berdoa memang harus selalu dilakukan saat kita menjalani sesuatu untuk meminta restu dan izin dari Allah SWT. 

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Apalagi, di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang mungkin mempengaruhi penjualan dan perekonomian masyarakat. Sehingga selain kerja keras yang dikeluarkan harus lebih ekstra, kamu juga perlu berdoa lebih ekstra agar senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dalam dagangan yang kamu jual. Salah satunya kamu juga bisa membaca doa penglaris dagangan.

Dengan berdoa kamu bisa mengharapkan kepada Allah SWT untuk memberikan berkah, rezeki dan pembeli yang banyak. 

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

Berikut ini ada berbagai macam doa penglaris dagangan dalam huruf latin beserta dengan artinya.

Kumpulan Doa Penglaris Dagangan

Kisah Tantowi Yahya Bertemu Malaikat di Taman Raudhah: Ganteng Wangi Diberi Buku Doa

Pasar Tanah Abang (ilustrasi penjualan eceran).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Allohumma innii as-asluka tarzuqoni rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka a-laa kulli syai-iin qodiir.”

Artinya: “Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik, tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan. Sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

“Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.”

Artinya: “Ya Allah, ridhoilah aku dengan ketentuan-Mu dan berikan lah aku dalam apa-apa yang telah ditentukan, sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat.”

“Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.”

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita, dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu”.

“Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.”

Artinya: “Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu.”

“Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan."

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

"Al hamdu lillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi."

Artinya: "Segala Puji Bagi Allah yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezekiku.”

Kumpulan Doa Saat Dagangan Sedang Sepi Pembeli

“'Asa rabbuna ayyubdilana khoiram minha inna ila rabbina ra.”

Artinya: " Mudah-mudahan Tuhan kita memberikan ganti kepada kita dengan (kebun) yang lebih baik daripada itu, sesungguhnya kita mengharapkan ampunan dari Tuhan kita."

“Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.”

Artinya: "Ya Allah, Zat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu”.

"Yaa Hayyu Yaa Qayyum, bi rahmatika as-taghiits"

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan."

"Allahumma rahmataka arjuu fa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ash-lihlii sya’nii kullahu laa ilaha illa anta."

Artinya: "Ya Allah, dengan rahmat-Mu, aku berharap, janganlah Engkau sandarkan urusanku pada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku seluruhnya, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Engkau."

Jangan lupa untuk selalu membaca doa-doa penglaris dagangan di atas agar daganganmu senantiasa selalu diberkahi oleh Allah SWT dan mendapatkan rezeki yang melimpah. 

Tips-tips Berdagang Ala Rasulullah SAW:

Ilustrasi Penjual takjil

Photo :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Sejak zaman dahulu kegiatan berdagang sudah ada dan sudah dilakukan bahkan sampai sekarang juga masih tetap ada. Berdagang dilakukan oleh seorang pedagang atau penjual untuk mencari rezeki dan memenuhi kebutuhan hidup. Berdagang juga menjadi salah satu pekerjaan yang mulia dalam Islam. Berikut ini ada beberapa tips dalam berdagang yang diberikan dari Rasulullah SAW dan bisa diikuti dan diterapkan saat berdagang agar tetap berka. 

1. Niat berdagang karena Allah SWT

Selain untuk mencari rezeki dan memenuhi kebutuhan hidup, kamu yang ingin berdagang juga harus meniatkan berdagang karena Allah SWT. Bukan semata-mata karena hanya ingin menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya dan menumpuk harta. Dengan niat berdagang karena Allah SWT maka senantiasa segala yang kamu kerjakan dan jalani akan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT. Jangan lupa juga membaca doa penglaris dagangan agar lebih berkah saat berdagang. 

2. Jujur dalam berdagang

Saat berdagang kamu juga harus menerapkan kejujuran dan tidak melakukan kecurangan sedikitpun kepada pembeli. Misalnya seperti tidak boleh mengurangi timbangan dari yang seharusnya dan juga tidak boleh memberikan informasi yang tidak benar dari barang yang dijual. Dengan sikap jujur saat berdagang maka kita akan mendapatkan kepercayaan dari para pembeli dan akan terus membeli dagangan ita selanjutnya. Selain mendapatkan kepercayaan dari pembeli, kita juga akan dipercaya oleh Allah atas rezeki yang diberikan-Nya. 

3. Menjual barang yang halal dan kualitasnya baik

Jika kita memutuskan untuk berdagang, maka kita harus memastikan bahwa barang-barang yang diperjualbelikan itu halal dan kualitasnya baik. Karena Rasulullah SAW saat berdagang juga memastikan barang dagangannya berkualitas dan tidak ada yang cacat. Hal itu dilakukan agar tidak menjadi dosa bagi pedagang atau penjual karena telah merugikan pembeli dengan memberikan barang yang rusak dan tidak berkualitas. 

4. Mengambil keuntungan dengan sewajarnya

Dalam berdagang ita dianjurkan untuk mengambil keuntungan yang sewajarnya saja. Hal itu juga dilakukan saat Rasulullah SAW berdagang. Karena sejatinya beliau berdagang selain untuk mencari keuntungan juga untuk mencari keberkahan dari Allah SWT. Jika keuntungan yang kita mabil berlebihan justru itu akan membuat dagangan tidak laku dan menyalahi aturan dalam agama Islam. 

5. Saling menguntungkan kedua belah pihak

Prinsip suka sama suka dulu digunakan oleh Rasulullah SAW dalam berdagang. Jadi, kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan bersama dan sama-sama ikhlas baik itu soal harga, jenis barang dan juga cara barang itu diberikan kepada si pembeli. Sehingga antara pedagang dan pembeli sama-sama merasa diuntungkan. Kamu juga bisa membaca doa penglaris dagangan agar dagangan kamu lebih penuh berkah dan dilancarkan. 

6. Ramah kepada pembeli

Pedagang juga dianjurkan untuk selalu ramah kepada pembelinya. Hal itu diajarkan oleh Rasulullah SAW saat dirinya berdagang. Sehingga pembeli yang akan membeli daganganmu merasa senang dan tidak ragu untuk membeli. Tapi jika pedagang tidak ramah, maka pembeli akan ragu-ragu untuk membeli dan malah memilih pedagang lainnya. 

Itulah kumpulan doa penglaris dagangan yang dapat digunakan dan dibaca oleh kamu yang memiliki dagangan dan usaha dalam jual beli barang. Selain itu dilengkapi juga dengan tips-tips berdagang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semoga dengan doa penglaris dagangan tersebut dagangan yang kamu jual dapat laris manis dan cepat laku. 

Inul Daratista

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Meski demikian, Inul Daratista hanya menerima dengan ikhlas dan meminta doa restu dari ibunya. Baginya, doa ibu dan perlindungan dari Allah SWT adalah yang terpenting.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024