5 Doa Meminta Jodoh dan Amalan untuk Mempercepat Datangnya Jodoh

Ilustrasi komitmen pernikahan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Doa meminta jodoh harus kamu ketahui agar segera mendapatkannya. Jodoh adalah salah satu rahasia dan merupakan ketetapan Allah SWT atas diri manusia. Meskipun demikian, sebagai seorang manusia tentunya kita dianjurkan supaya berusaha agar memperoleh jodoh yang sesuai keinginan, yaitu sholeh dan sholehah. Tak hanya doa meminta jodoh namun juga harus berusaha.

4 Pasangan Zodiak Ini Dianggap Cocok Untuk Cinta Abadi, Siapa Saja Mereka?

Dalam agama Islam, doa adalah salah satu kunci utama untuk setiap umat muslim, tidak terkecuali dengan jodoh. Bila usaha-usaha yang sudah dilakukan, umat Islam disarankan untuk senantiasa berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT. 

Karena, Allah SWT menyukai setiap hamba-hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam berdoa, sebagaimana dalam haditz riwayat Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, “Barangsiapa tidak meminta kepada Allah, Allah murka kepadanya.” 

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah

Allah SWT telah menciptakan makhluknya secara berpasang-pasangan. Bila hingga saat ini belum memiliki belahan jiwa, mungkin sudah saatnya doa minta jodoh untuk lebih sering dipanjatkan di sepertiga malam atau di waktu-wakti diijabah doa lainnya. Sebab, sejatinya Allah SWT telah menjanjikan pasangan bagi seluruh makhluk-Nya. Dalam Alquran Allah SWT berfirman: “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS Adz-Dzariyaat: 49).

Menemukan pasangan yang sesuai dengan keinginan tentu akan menjadi kebahagiaan yang luar biasa. Meski demikian, seperti apapun jodoh yang datang, itu adalah pilihan terbaik dari Allah SWT. Sebab, Allah SWT akan memberikan yang dibutuhkan, bukan hanya yang diinginkan. Berikut beberapa doa meminta jodoh yang dikutip dari berbagai sumber.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Doa Meminta Jodoh yang Baik

Jodoh

Photo :
  • U-Report

1. Surat Al-Anbiya

Doa ini diambil dari kisah Nabi Zakaria yang mengalami cobaan karena belum memiliki keturunan setelah puluhan tahun. Meski begitu, ini juga bisa digunakan sebagai doa minta jodoh bagi orang yang belum diberikan pasangan hidup. Berikut bacaannya.

Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta Khairul waaritsiin.” Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” (QS Al-Anbiya: 89).

2. Surah Al-Furqan

Doa ini dapat dibacakan setelah salat wirid setiap selesai sholat agar Allah SWT dapat mengabulkan keinginan untuk mendapatkan pasangan ideal, sehidup se-surga. Berikut bacaannya.

wallazina yaq?l?na rabbana hab lana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a'yuniw waj'alna lil-muttaqina imama”.
Artinya: "Dan orang-orang yang berkata, "Ya Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al-Furqan: 74).

3. Surah Al-Qashash

Selain untuk mendapatkan kebaikan, ayat ini juga dapat dilantunkan sebagai doa meminta jodoh. Sebab, kebaikan yang dimaksud dalam ayat tersebut bersifat umum. Sehingga, bisa saja diartikan bahwa kebaikan tersebut berbentuk pasangan yang shalih/shalihah. Berikut bacaan surahnya.

Rabbi innii ilmaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun.” Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS Al-Qashash: 24).

4. Doa Meminta Jodoh untuk Laki-Laki

Doa yang satu ini dapat dibacakan oleh kaum pria usai sholat dan mengaji. Arti dari doa ini pun sangat mulia, karena isinya berkaitan dengan keinginan seorang pria untuk mendapatkan pasangan yang cocok dalam hal dunia maupun akhirat. Berikut doa meminta jodoh untuk pria.

Robbi hablii milladunka zaujatah thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa wal aakhiroh."

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dan sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

5. Doa Meminta Jodoh untuk Perempuan

Doa meminta jodoh untuk perempuan juga dimaksudkan agar pasangan yang datang nanti sesuai dengan harapan. Namun juga tetap berserah dengan pilihan Allah SWT karena akan menjadi yang terbaik untuk urusan agama dan juga dunia. Inilah bacaannya.

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunya wal aakhiroh.” Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Amalan untuk Mempercepat Datangnya Jodoh

Pasangan

Photo :
  • U-Report

Selain mendoakan pasangan, berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan agar pasangan segera datang setelah mendapat izin dari Allah SWT. Karena doa tanpa usaha adalah sia-sia, usaha tanpa doa adalah mustahil.
Sambil mendoakan jodoh yang baik, Allah SWT diminta untuk memudahkan mencari jodoh. Juga tetap berusaha sebagai bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT, jodoh yang diberikannya adalah yang terbaik. Praktik-praktik ini adalah:

  • Mengerjakan sholat tahajud. Ini merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain mendapatkan pahala yang luar biasa, dapat melanjutkan dengan membaca doa minta jodoh karena termasuk dalam salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.
  • Mengerjakan sholat hajat. Sholat ini adalah sholat sunnah yang dilakukan saat memiliki keinginan yang ingin segera tercapai. Amalan ini merupakan salah satu cara untuk mempermudah doa agar diijabah oleh Allah SWT.
  • Menjaga wudhu. Selain menghilangkan hada kecil, hal ini juga mencegah seseorang dari melakukan sesuatu yang bisa negatif dan mengarah pada kejahatan. Ditambah lagi, mencuci muka secara rutin akan membuat wajah tampak segar, berseri dan tidak kusam selamanya.
  • Bertekun dalam shalat wajib. Karena itu adalah ibadah yang paling utama, apalagi jika selalu dilakukan secara berjamaah, maka akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu, Allah SWT akan memudahkan makhluk yang sering beribadah kepadanya.
  • Menjaga persahabatan. Sering-seringlah berkomunikasi, karena selain mengungkapkan cinta kepada orang lain, bisa juga bertemu pasangan yang baik melalui pesta.
  • Menyerah dan percaya. Setelah menyelesaikan latihan ini, serahkan semua keputusan kepada Allah SWT. Karena menurut Allah SWT, apa yang menurut seseorang terbaik belum tentu baik.

Hal yang Perlu Diingat Saat Mencari Jodoh

ilustrasi mencari jodoh.

Photo :
  • Unsplash

Meski telah berdoa meminta jodoh dan mengerjakan amalan-amalan di atas, namun tidak ada satu pun manusia yang bisa memahami perjalanan hidupnya. Bahkan seorang nabi sekalipun tidak dapat mengetahuinya. Karena hal itu bagian hal rahasia yang hanya diketahui oleh Allah SWT.

Dalam Alquran Allah berfirman menceritakan tentang Nabi Muhammad SAW: “Andaikan aku tahu hal yang gaib, tentu aku akan berusaha memperbanyak mendapatkan hal-hal yang baik, dan aku tidak akan tertimpa kemiskinan…” (QS Al-A’raf: 188).

Untuk itu, doa yang baik yaitu doa yang diistilahkan dengan jawami’ ad–dua, termasuk dalam doa minta jodoh. Aisyah RA mengatakan: “Rasulullah SAW menyukai jawami’ ad-dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Dan beliau tinggalkan yang lainnya.” (HR Ahmad dan Abu Daud).

Selain itu, Allah SWT menjamin laki-laki yang baik karena ia dapat menegakkan kehormatannya dan juga akan dipasangkan dengan seorang wanita yang baik. Di sisi lain, seorang wanita yang tidak terhormat akan dipasangkan dengan pria yang serupa. Allah SWT berfirman:

“Perempuan-perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat perempuan-perempuan yang keji (pula), dan perempuan-perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk perempuan-perempuan yang baik (pula)…” (QS An-Nur: 26).

Memiliki pasangan yang diridhoi Allah pasti akan menghasilkan keluarga yang barokah. Hal ini berkaitan dengan penelitian dalam pengobatan psikosomatik, dan salah satu manfaat dari hubungan yang responsif adalah dapat membantu seseorang mengatur emosinya dalam menanggapi stres sehari-hari.

Oleh karena itu, saat mendoakan pasangan kamu, kamu juga bisa mendoakan secara detail untuk pasangan yang dituju. Karena, tidak ada yang lebih bahagia daripada memiliki orang yang dicintai yang juga bahagia dengan Allah SWT.

Itulah beberapa doa meminta jodoh yang bisa diamalkan untuk kamu yang belum memiliki pasangan. Berdoa dan lakukan amalan di atas agar doa dikabulkan oleh Allah SWT. 

Inul Daratista

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Meski demikian, Inul Daratista hanya menerima dengan ikhlas dan meminta doa restu dari ibunya. Baginya, doa ibu dan perlindungan dari Allah SWT adalah yang terpenting.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024