Doa Sebelum Makan Lengkap dengan Adab-adab dan Manfaatnya

Doa seblum makan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Doa sebelum makan tentunya wajib kita baca agar makanan yang kita makan dan masuk ke dalam tubuh kita senantiasa menjadi berkah dan dihindarkan dari segala gangguan setan. Tak hanya itu dengan kita membaca doa sebelum makan dan juga doa sesudah makan itu sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Apalagi kita masih diberi nikmat makan dan masih bisa makan agar tetap sehat dan hidup. 

Biasanya Jadi Panutan, Nikita Willy Kali Ini Dikritik karena Biarkan Anak Makan Sambil Ngantuk

Dalam agama Islam sendiri tentunya aktivitas makan memang tidak akan lepas dari doa. Sebaiknya kita sebagai umat muslim dapat menerapkan dan membiasakan diri untuk selalu membaca doa sebelum makan dan doa sesudah makan. Selain menjadi berkah dan dihindarkan dari gangguan setan yang jahat makan kita juga dapat menjadi lebih tenang dan dapat tercerna dengan baik di dalam tubuh. Berikut ini doa sebelum makan beserta dengan doa sesudah makan lengkap dengan arti dan maknanya. 

Doa sebelum makan

3 Toko Roti di Gaza Dibuka Kembali untuk Pertama Kalinya Sejak Perang Israel-Hamas Oktober 2023

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Doa sebelum makan harus kita lakukan sebelum kita akan mulai makan. Hal itu dilakukan setelah kita membaca bismillah. Berikut ini bacaan doa sebelum makan dengan huruf latin dan artinya. 

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

“Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar.”

Artinya: "Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa Neraka."

Doa sesudah makan

Ilustrasi makanan.

Photo :
  • U-Report

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dijelaskan bahwa doa sesudah makan dapat dilakukan dengan membaca tahmid atau Alhamdulillah. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid sesudah makan dan minum." (HR. Muslim). 

Berikut ini bacaan doa sesudah makan yang dapat dibaca oleh umat muslin setelah selesai makan:

“Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin.”

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang memberikan makan dan minum kepada kami. Dan Menjadikan kami orang Islam."

Adab-adab saat makan

Ilustrasi wanita sedang makan.

Photo :
  • U-Report

Tata cara makan yang baik dan benar telah diajarkan dalam Islam, diantaranya seperti:

1. Makan dengan menggunakan tangan kanan

2. Hendaknya saat kita makan harus duduk

3. Jangan sambil berbicara

4. Jangan membuang-buang makanan atau mubazir

5. Makanan harus dihabiskan

Dalam hadis Aisyah R.A diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian akan makan, maka hendaknya ia menyebut ‘bismillah’. Jika lupa untuk menyebut basmallah di awal, maka ucapkan ‘Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu.’" (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)

Manfaat membaca doa sebelum makan dan sesudah makan:

Ilustrasi makanan untuk perkuat daya ingat

Photo :
  • U-Report

1. Makanan yang dimakan menjadi berkah bagi tubuh

2. Mendatangkan pahala bagi umat muslim yang membacanya

3. Sebagai rasa syukur atas nikmat makanan dan minuman yang telah diberikan oleh Allah SWT

4. Menghindarkan diri dari gangguan setan yang terkutuk

5. Makan menjadi lebih tenang dan dapat tercerna dengan baik di dalam tubuh

Keutamaan Berdoa Menurut Islam

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

1. Ibadah

Tujuan utama dari doa adalah untuk beribadah kepada Allah SWT dan ibadah itu wajib dilakukan oleh umat Islam. Ibadah sendiri merupakan hal paling mulia yang dapat dilakukan dan ditunjukkan kepada Allah SWT. 

Sesuai dengan sabda yang diberikan oleh Rasulullah SAW bahwa, “Doa adalah ibadah”, kemudian dibacakan ayat yang berbunyi, “Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu”. (Ghafir : 60).

2. Bertawakal Kepada Allah

Keutamaan lain dari berdoa adalah yakni adalah sebagai bukti bahwa kita bertawakal kepada Allah SWT. Dengan kita sebagai umat beragama yang berdoa kepada Allah SWT maka kita telah menyerahkan segala apapun yang terjadi dalam kehidupan yang dijalani kepada Allah SWT.

3. Memperlihatkan Kekuasaan Allah

Doa dalam agama Islam dapat memperlihatkan kekuasaan Allah SWT. Maka dari itu keutamaan lain dari doa adalah memperlihatkan bahwa hanya Allah SWT sebagai Yang Maha Kuasa.

Dengan berdoa, berarti kita sebagai umat Islam telah menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan segala kenikmatan kepada kita dan menerima segala pertobatan kita.

Allah SWT berfirman, “Siapa yang memperkenankan [doa] orang yang mengalami kesulitan dan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah SWT ada Tuhan (yang lain)?, amat sedikitlah kamu mengingat-Nya”. (QS. An Naml: 62).

4. Meningkatkan Ketakwaan

Berdoa sama dengan kita melakukan interaksi dengan Allah SWT atau juga berkomunikasi dengan-Nya. Sehingga orang yang berdoa akan semakin dekat dengan Allah SWT. Cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dianjurkan bagi umat Islam untuk mengimbangi segala usaha yang ada di dunia dengan berdoa.

5. Agar Dijauhkan dari Bencana

Berdoa kepada Allah SWT juga dilakukan untuk meminta pertolongan agar senantiasa dijauhkan dari bencana dalam bentuk apapun itu. Namun ada satu hal yang perlu diketahui bahwa doa yang kita panjatkan sejatinya dapat ditunda dan digantikan dengan sesuatu yang lain yang menurut Allah SWT jauh lebih baik dari apa yang diminta.

“Dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku.” (Maryam : 48).

6. Agar Dijauhkan dari Kemurkaan Allah SWT

Menurut sebuah hadis, justru Allah akan merasa murka jika kita sebagai umatnya tidak pernah meminta atau berdoa kepada-Nya. Oleh karena itu, agar kita tidak membuat Allah SWT marah maka kita harus berdoa dan meminta kepada-Nya.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi no. 3373).

7. Hati Menjadi Tenang

Cara agar membuat hati kita tenang salah satunya yang paling baik adalah dengan berdoa. Segala apapun yang sedang kita alami dan rasakan berdoalah agar hati menjadi jauh lebih tenang. Berdoa dalam Islam dipercaya menjadi cara agar manusia dapat hidup di dunia dan di akhiratnya dengan tenteram.

Allah SWT berfirman, “Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” ( QS. Ar Ra’du : 28).

8. Agar Dijauhkan dari Mudarat

Berdoa juga sebagai cara umat manusia dalam Islam untuk menjauhkan diri dari mudarat dan menemukan pintu rahmat dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa diantara kalian telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang Dia berikan lebih Dia senangi daripada diminta kekuatan.” 

Selain itu. Rasulullah SAW juga bersabda: “sesungguhnya doa itu bermanfaat baik terhadap apa yang terjadi maupun belum terjadi, maka hendaklah kalian berdoa.” (HR. At-Tirmidzi V/552) no.3548.

9. Dapat Mengenal Allah SWT

Dengan kita sebagai umat Islam melakukan doa maka kita dapat mengenal Allah SWT dengan baik dari apa yang telah kita doakan dan Allah SWT berikan. Doa yang dipanjatkan adalah sebagai wujud keyakinan kita kepada Allah SWT bahwa Dialah Yang Maha Mencukupi, Maha Mengasihi dan Maha Mencukupi.

10. Menghilangkan Keputus Asaan

Bagi kamu yang merasa selama di dunia ini mengalami keputusasaan dan merasa tidak sanggup menyelesaikannya maka berdoalah. Allah SWT akan mendengarkan keluh kesah umatnya yang tulus. Yakinlah dengan iman yang kuat bahwa Allah SWT akan membantumu dan menghilangkan rasa keputusasaan itu serta memberikan solusi yang terbaik pada masalah yang dialami.

11. Sebagai Rasa Bersyukur

Dengan berdoa berarti kita juga mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. Saat kita mendapatkan rezeki yang melimpah dan kenikmatan maka bersyukur dan teruslah berdoa agar hal baik tersebut dapat selalu mendatangi kita. Dengan ucapan syukur yang sering kita sebutkan maka kita akan semakin dekat dengan Allah SWT.

Itulah penjelasan lengkap tentang doa sebelum makan dan doa sesudah makan beserta dengan adab-adab saat makan, manfaat membaca doa sebelum makan dan sesudah makan serta keutamaan doa dalam Islam. Semoga kamu senantiasa tidak lupa untuk selalu membaca doa sebelum makan dan sesudah makan. 

Inul Daratista

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Meski demikian, Inul Daratista hanya menerima dengan ikhlas dan meminta doa restu dari ibunya. Baginya, doa ibu dan perlindungan dari Allah SWT adalah yang terpenting.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024