5 Kematian Misterius yang Masih Jadi Teka Teki

Kematian Misterius
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya.

VIVA – Kematian misterius selalu ada aja, sejarawan dan arkeolog mengungkapkan semakin banyak rahasia masa lalu, tetapi beberapa misteri sejarah terbesar dan arkeologi masih membingungkan para peneliti setelah beberapa dekade atau kadang-kadang bahkan berabad-abad penyelidikan.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Kejadian orang hilang tanpa jejak bisa saja menjadi rahasia seumur hidup yang sulit untuk kita ungkapkan, namun hal ini bisa saja diungkap dengan perkembangan teknologi atau dengan bantuan DNA informasi, atau misteri orang-orang yang hilang, bisa saja terungkap dengan adanya DNA.

Berikut 10 Kematian Misterius yang belum terungkap hingga sekarang, seperti dikutip dari livescence sebagai berikut:

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

1. Maria Celeste

VIVA Militer: Kapal Vietnam terobos perairan Indonesia

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal)
Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Kematian misterius kapal dagang Amerika Mary Celeste ditemukan hanyut di laut pada 5 Desember 1872, sekitar 400 mil 640 kilometer timur Kepulauan Azores Portugal, di Atlantik timur. Kapal, di bawah layar parsial ketika dicegat oleh kapal Kanada, membawa muatan hampir penuh dari tong alkohol industri, serta makanan dan air yang cukup untuk bertahan selama berbulan-bulan. Namun salah satu sekoci di kapal dagang itu hilang, dan tidak ada tanda-tanda keberadaan awak kapal, meskipun barang-barang mereka masih ditemukan di ranjang mereka.

Kasus kematian misterius kapal Mary Celeste yang telah berlayar dari New York, hampir sebulan tidak terlihat yang hendak menuju Genoa di Italia dengan 10 orang penumpang, tujuh awak kapal dan kapten kapal, istri kapten dan putri pasangan itu yang berusia dua tahun, tapi tidak ada tanda-tanda mereka pernah ditemukan.

Pada tahun 1884, beberapa tahun sebelum misteri Sherlock Holmes pertama muncul di media cetak, Sir Arthur Conan Doyle menerbitkan akun fiksi orang pertama oleh seorang yang selamat dari sebuah kapal yang disebut "Marie Celeste." Dalam cerita Doyle, para kru dibunuh oleh seorang pembunuh berantai yang pendendam di antara para kru. Kisah itu menjadi lebih terkenal daripada kasus aslinya, dan bahkan disajikan sebagai kisah nyata di beberapa surat kabar.

Termasuk Boston Herald, menurut sebuah laporan dalam edisi laporan 1913 dari majalah The Strand. Beberapa peneliti berspekulasi bahwa Mary Celeste yang asli ditinggalkan karena para kru takut akan ledakan dari asap alkohol yang bocor dari tong-tong. Yang lain berspekulasi bahwa kapal itu diserang oleh perompak Maroko, yang membawa orang-orang di dalamnya tetapi meninggalkan muatannya.

Pada tahun 2007, pembuat film dokumenter Anne McGregor menyarankan kapal itu mungkin telah ditinggalkan setelah mengambil air dalam cuaca buruk dan kapten melihat kesempatan untuk mendarat di sekoci. Namun para penumpang sekoci tampaknya telah hilang di laut, sementara Mary Celeste yang terlantar mampu keluar dari badai.

2. Mallory dan Irvine di Everest

Gunung Everest di Himalaya.

Photo :

Kematian misterius dada tanggal 4 Juni 1924 yang dialami oleh pendaki gunung asal Inggris George Mallory dan Andrew Irvine berangkat dari basecamp yang tinggi di Kol Utara Gunung Everest, dalam upaya untuk menjadi orang pertama yang mencapai puncak gunung tertinggi di dunia. 

Mereka terlihat 4 hari kemudian oleh anggota ekspedisi yang hendak mendaki gunung di North East Ridge, sekitar 800 kaki vertikal atau 245 meter di bawah puncak. Tapi kemudian awan menutupi punggung bukit, dan kedua pria itu tidak pernah terlihat lagi.

Sejarawan dan pendaki gunung telah lama berspekulasi bahwa kematian misterius dari Mallory dan Irvine mungkin selamat dari pendakian ke puncak Gunung Everest, pada ketinggian 29.029 kaki atau 8.848 meter, tetapi kemudian meninggal saat turun dari gunung, mungkin pada 9 Juni 1924.

3. Penerbangan terakhir Amelia Earhart

VIVA Militer: Pesawat tempur F-15

Photo :
  • Boeing

Kematian misterius selanjutnya ketika penerbang Amerika, Amelia Earhart menjadi wanita pertama yang terbang keliling dunia, dia sudah menjadi salah satu wanita paling terkenal di dunia. Lima tahun sebelumnya, pada Mei 1932, dia telah membuat namanya dikenal sebagai wanita pertama yang terbang sendirian tanpa henti melintasi Atlantik. 

Pada tahun 1935, Earhart melakukan penerbangan solo pertama dari Honolulu, Hawaii, ke Oakland, California. Dengan demikian, dunia sedang menyaksikan pada bulan Juli 1937, ketika pesawat yang membawa Amelia Earhart dan navigatornya Fred Noonan dalam upaya keliling dunia mereka hilang di atas Samudra Pasifik.

Earhart dan Noonan lepas landas pada 02 Juli, dari Lae di Papua Nugini, menuju Pulau Howland, pemberhentian pengisian bahan bakar berikutnya, sekitar 2.550 mil (4.110 km) jauhnya, melintasi lautan.

Saat mereka mendekati apa yang mereka pikir adalah Pulau Howland, Earhart dapat melakukan kontak radio dengan kapal Penjaga Pantai AS yang ditempatkan untuk memandu mereka masuk. Namun, pesan radio terakhir Earhart menunjukkan bahwa dia tidak dapat menemukan kapal atau pulau itu.

Kapal Penjaga Pantai AS segera memulai pencarian, diikuti oleh kapal Angkatan Laut AS pada hari-hari berikutnya. Tidak ada sisa-sisa pesawat yang ditemukan, dan upaya pencarian resmi pada waktu itu, yang terbesar dan termahal dalam sejarah AS dibatalkan setelah dua minggu.

4. Baroness dari Galapagos

Ilustrasi-mayat mengapung

Photo :
  • Antara

Eloise Wehrborn de Wagner-Bosquet, yang dikenal sebagai Baroness of the Galapagos, kematian misterius ini adalah seorang wanita muda Austria yang mati pada tahun 1935 di pulau terpencil Floreana di Kepulauan Galapagos, di timur Samudera Pasifik.

Pada tahun 1933, Baroness tiba, bersama dengan dua kekasih mudanya asal Jerman, Robert Phillipson dan Rudolf Lorenz, dan seorang pelayan Ekuador. Setelah mendirikan rumah di pulau itu, dia mengumumkan rencana untuk membangun sebuah hotel mewah dan sementara itu, membangun reputasi untuk hidup flamboyan di antara koloni sederhana Floreana.

Pada 27 Maret 1934, Baroness dan kekasihnya Philippson menghilang. sedangkan Rudolf Lorenz mengklaim bahwa mereka telah menaiki kapal pesiar yang lewat menuju Tahiti, tetapi tidak ada catatan kapal pesiar semacam itu mengunjungi Galapagos pada waktu itu.

5. Keracunan Kutub Selatan

Gunung di Antartika, Kutub Selatan.

Photo :
  • decodedscience.com

Kematian misterius yang terakhir pada tanggal 12 Mei 2000, di dekat tengah musim dingin Antartika yang gelap, seorang astrofisi asal Australia bernama Rodney Marks kematian misterius di karena penyakit mendadak dan misterius di Stasiun Amundsen Scott, pangkalan penelitian ilmiah Amerika yang terletak di Kutub Selatan.

Karena penerbangan musim dingin ke Kutub Selatan berbahaya, tubuhnya tetap beku sampai musim semi, ketika diterbangkan kembali ke Selandia Baru. Otopsi mengungkapkan dia meninggal karena keracunan metanol, mungkin dengan menelan metanol tanpa diketahui.

Setelah penyelidikan, termasuk mencoba untuk mewawancarai hingga 49 orang yang telah melewati musim dingin di Stasiun Amundsen Scott dengan Marks, polisi Selandia Baru mengesampingkan bunuh diri dan berpikir bahwa Marks tidak mungkin secara sengaja meracuni dirinya sendiri.

Pada tahun 2008, Selandia Baru memutuskan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan pembunuhan. Tetapi peristiwa seputar keracunan Rodney Marks tidak pernah ditentukan, dan kasus tersebut telah mendapatkan reputasi di beberapa media sebagai pembunuhan dan kematian misterius pertama di Kutub Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya