5 Fakta Teori Ilmuwan Tuhan, Tidak Percaya Surga dan Neraka

Ketiga ilmuwan penerima Nobel
Sumber :
  • BuzzFeed

VIVA – Teori ilmuwan mengenai Tuhan dan sering mendengar pertanyaan apakah tuhan itu ada? merupakan pertanyaan yang sedang memanas di abad ke-21. Menurut survei Pew, orang Amerika yang tidak memiliki afiliasi agama mencapai 23 persen pada tahun 2014. 33 persen mengatakan bahwa mereka tidak percaya pada Tuhan meningkat 11 persen sejak tahun 2007.

Penemu Partikel Tuhan Meninggal Dunia

Dr Stephen Unwin salah satu teori ilmuwan mengenai tuhan telah menggunakan rumus untuk menghitung kemungkinan keberadaan Tuhan. Teori Bayes biasanya digunakan untuk mengetahui kemungkinan kejadian, seperti kegagalan tenaga nuklir, dengan menyeimbangkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi suatu situasi.

Lulusan Universitas Manchester, yang sekarang bekerja sebagai penilai risiko di Ohio, mengatakan teori itu dimulai dari asumsi bahwa Tuhan memiliki peluang 50-50 untuk ada, dan kemudian mempertimbangkan bukti yang mendukung dan menentang gagasan tentang makhluk yang lebih tinggi.

Sederet Fakta Tentang Misteri Menghilangnya Kate Middleton

Faktor-faktor yang dipertimbangkan termasuk pengakuan kebaikan, yang menurut Dr Unwin membuat keberadaan Tuhan lebih mungkin, dilawan oleh hal-hal seperti keberadaan kejahatan alam termasuk gempa bumi dan kanker.

Cara kerja yang tidak biasa bahkan memperhitungkan keberadaan mukjizat dituangkan dalam buku barunya, yang mencakup spreadsheet data yang digunakan sehingga siapa pun dapat membuat perhitungan sendiri jika mereka meragukan validitasnya. Buku, The Probability of God: Sebuah perhitungan sederhana yang membuktikan kebenaran tertinggi, akan diterbitkan akhir bulan ini.

Kenapa Jumlah Ular Banyak? Ini Jawaban Dibalik Itu Semua

Dr Unwin mengatakan dia tertarik untuk menjembatani kesenjangan antara sains dan agama. Dia berpendapat bahwa alih-alih menjadi masalah teologis, pertanyaan tentang keberadaan Tuhan hanyalah masalah statistik.

Berikut beberapa fakta Teori Ilmuwan Mengenai Tuhan, seperti dilansir dari The Conversation, sebagai berikut:

1. Hukum Matematika

Albert Einstein

Photo :
  • U-Report

Teori ilmuwan mengenai Tuhan datang pada tahun 1960 fisikawan Princeton dan pemenang Hadiah Nobel berikutnya Eugene Wigner mengajukan pertanyaan mendasar. Mengapa alam selalu sejauh yang kita tahu mematuhi hukum matematika?

Seperti yang dikemukakan oleh para sarjana seperti Philip Davis dan Reuben Hersh, matematika ada secara independen dari realitas fisik. Adalah tugas matematikawan untuk menemukan realitas dunia hukum dan konsep matematika yang terpisah ini. Fisikawan kemudian menempatkan matematika untuk digunakan sesuai dengan aturan prediksi dan pengamatan yang dikonfirmasi dari metode ilmiah.

Tetapi matematika modern umumnya dirumuskan sebelum pengamatan alami dilakukan, dan banyak hukum matematika saat ini tidak memiliki analog fisik yang diketahui.

Teori relativitas umum Einstein tahun 1915, misalnya, didasarkan pada matematika teoretis yang dikembangkan 50 tahun sebelumnya oleh ahli matematika besar Jerman Bernhard Riemann yang tidak memiliki aplikasi praktis yang diketahui pada saat penciptaan intelektualnya.

Dalam beberapa kasus fisikawan yang menemukan matematika. Isaac Newton dianggap di antara matematikawan dan fisikawan terbesar abad ke-17. Fisikawan lain mencari bantuannya dalam menemukan matematika yang akan memprediksi cara kerja tata surya. Dia menemukannya dalam hukum gravitasi matematika, sebagian didasarkan pada penemuannya tentang kalkulus.

Namun, pada saat itu, banyak orang pada awalnya menolak kesimpulan Newton karena tampaknya gaib. Bagaimana mungkin dua objek yang jauh di tata surya ditarik ke arah satu sama lain, bertindak sesuai dengan hukum matematika yang tepat? Memang, Newton melakukan upaya keras selama hidupnya untuk menemukan penjelasan alami, tetapi pada akhirnya dia hanya bisa mengatakan bahwa itu adalah kehendak Tuhan.

Terlepas dari banyak kemajuan besar lainnya dalam fisika modern, hanya sedikit yang berubah dalam hal ini. Seperti yang ditulis Wigner, "kegunaan matematika yang sangat besar dalam ilmu alam adalah sesuatu yang berbatasan dengan misteri dan tidak ada penjelasan rasional untuk itu."

Dengan kata lain, seperti yang saya kemukakan dalam buku saya, dibutuhkan keberadaan semacam dewa untuk membuat dasar-dasar matematis alam semesta dapat dipahami.

2. Matematika dan Dunia Lain

Ilustrasi matematika.

Photo :
  • http://blogs.babble.com

Teori ilmuwan mengenai Tuhan datang pada tahun 2004 fisikawan besar asal Inggris Roger Penrose mengajukan visi alam semesta yang terdiri dari tiga dunia yang ada secara independen matematika, dunia material dan kesadaran manusia. Seperti yang diakui Penrose, itu adalah teka-teki lengkap baginya bagaimana ketiganya berinteraksi satu sama lain di luar kemampuan model ilmiah atau rasional konvensional lainnya.

Bagaimana atom dan molekul fisik, misalnya, dapat menciptakan sesuatu yang ada dalam domain terpisah yang tidak memiliki keberadaan fisik, kesadaran manusia? Ini adalah misteri yang terletak di luar sains.

Misteri ini sama dengan yang ada dalam pandangan dunia Yunani Plato, yang percaya bahwa ide-ide abstrak terutama matematika pertama kali ada di luar realitas fisik apa pun. Dunia material yang kita alami sebagai bagian dari keberadaan manusia adalah cerminan yang tidak sempurna dari cita-cita formal sebelumnya. Seperti yang ditulis oleh sarjana filsafat Yunani kuno, Ian Mueller, dalam "Mathematics And The Divine," alam ideal semacam itu adalah milik Tuhan.

Memang, pada tahun 2014 fisikawan MIT Max Tegmark berpendapat dalam “Alam Semesta Matematika Kita” bahwa matematika adalah realitas dunia fundamental yang menggerakkan alam semesta. Seperti yang akan saya katakan, matematika beroperasi dengan cara seperti dewa.

3. Misteri Kesadaran Manusia

Ilustrasi pria berpikir.

Photo :
  • U-Report

Cara kerja kesadaran manusia juga sama ajaibnya. Seperti hukum matematika, kesadaran tidak memiliki kehadiran fisik di dunia; gambar dan pikiran dalam kesadaran kita tidak memiliki dimensi yang terukur.

Namun, pikiran nonfisik kita entah bagaimana secara misterius memandu tindakan tubuh fisik manusia kita. Ini tidak lebih dapat dijelaskan secara ilmiah daripada kemampuan misterius konstruksi matematika non fisik untuk menentukan cara kerja dunia fisik yang terpisah.

Sampai baru-baru ini, kualitas kesadaran manusia yang tak terduga secara ilmiah menghambat diskusi yang sangat ilmiah tentang subjek tersebut. Sejak tahun 1970-an, bagaimanapun, telah menjadi bidang penyelidikan terkemuka di antara para filsuf.

Menyadari bahwa ia tidak dapat mendamaikan materialisme ilmiahnya sendiri dengan keberadaan dunia kesadaran manusia yang nonfisik, seorang ateis terkemuka, Daniel Dennett, pada tahun 1991 mengambil langkah radikal dengan menyangkal bahwa kesadaran itu ada.

Menemukan ini sama sekali tidak masuk akal, seperti yang dilakukan kebanyakan orang, filsuf terkemuka lainnya, Thomas Nagel, menulis pada tahun 2012 bahwa, mengingat karakter kesadaran manusia yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah "keras kepala" "kita harus meninggalkan materialisme ilmiah" sebagai dasar yang lengkap untuk memahami dunia keberadaan manusia.

Sebagai seorang ateis, Nagel tidak menawarkan kepercayaan agama sebagai alternatif, tetapi saya berpendapat bahwa karakter supernatural dari cara kerja kesadaran manusia menambah alasan untuk meningkatkan kemungkinan keberadaan dewa supernatural.

4. Evolusi dan Iman

Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Keturunan Kera

Photo :
  • vstory

Evolusi adalah subjek yang diperdebatkan dalam kehidupan publik Amerika. Menurut Pew, 98 persen ilmuwan yang tergabung dalam American Association for the Advancement of Science "percaya bahwa manusia berevolusi dari waktu ke waktu" sementara hanya sebagian kecil orang Amerika yang menerima sepenuhnya evolusi melalui seleksi alam.

Seperti yang saya katakan dalam buku saya, saya harus menekankan bahwa saya tidak mempertanyakan realitas evolusi biologis alami. Apa yang menarik bagi saya, bagaimanapun, adalah argumen sengit yang terjadi antara ahli biologi evolusioner profesional.

Sejumlah perkembangan dalam teori evolusi telah menantang pandangan tradisional Darwinis dan kemudian neo-Darwinis yang menekankan mutasi genetik acak dan seleksi evolusioner bertahap melalui proses survival of the fittest.

Sejak tahun 1970-an dan seterusnya, ahli biologi evolusioner Harvard Stephen Jay Gould menciptakan kontroversi dengan mengajukan pandangan yang berbeda terhadap evolusi spesies yang lambat dan bertahap seperti yang diteorikan oleh Darwin.

Pada tahun 2011, ahli biologi evolusi Universitas Chicago James Shapiro berpendapat bahwa, cukup luar biasa, banyak proses mikroevolusi bekerja seolah-olah dipandu oleh perasaan yang bertujuan dari organisme tumbuhan dan hewan yang berevolusi itu sendiri.

Sejumlah ilmuwan, seperti Francis Collins, direktur Institut Kesehatan Nasional AS, tidak melihat adanya konflik antara percaya kepada Tuhan dan menerima teori evolusi kontemporer, sebagaimana ditunjukkan oleh Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan. Bagi saya, perkembangan terbaru dalam biologi evolusioner telah meningkatkan kemungkinan adanya tuhan.

5. Bentuk Ibadah yang Berbeda

Ilustrasi agama Indonesia

Photo :
  • vstory

Dalam pidato pembukaannya di Kenyon College pada tahun 2005, novelis dan penulis esai Amerika David Foster Wallace mengatakan bahwa, "Semua orang menyembah. Satu-satunya pilihan yang kita dapatkan adalah apa yang harus disembah."

Meskipun Karl Marx, misalnya, mengutuk ilusi agama, para pengikutnya, ironisnya, memuja Marxisme. Filsuf Amerika Alasdair MacIntyre dengan demikian menulis bahwa untuk sebagian besar abad ke-20, Marxisme adalah penerus historis Kekristenan, mengklaim untuk menunjukkan kepada umat beriman satu-satunya jalan yang benar menuju surga.

Dalam beberapa buku saya, saya telah mengeksplorasi bagaimana Marxisme dan agama-agama ekonomi lainnya menjadi ciri sebagian besar zaman modern. Jadi, menurut saya, kekristenan tidak menghilang sebanyak ia muncul kembali dalam banyak bentuk agama sekuler yang disamarkan.

Bahwa esensi Kristen, yang muncul dari Yudaisme, menunjukkan daya tahan yang begitu besar di tengah-tengah perubahan politik, ekonomi, intelektual, dan radikal lain yang luar biasa di zaman modern adalah alasan lain yang saya tawarkan untuk berpikir bahwa keberadaan tuhan sangat mungkin terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya