5 Niat Sholat Jumat dan Keutamaannya

Jamaah shalat Jumat di Masjid Nanxiapo, Beijing, China.
Sumber :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie

VIVA – Niat Sholat Jumat, Sholat jumat merupakan kewajiban bagi seorang laki-laki musim yang ada di penjuru dunia, sholat jumat dilaksanakan dua rakaat dilaksanakan secara berjamaah setelah melakukan khutbah terlebih dahulu.

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

kewajiban sholat jumat juga sudah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Jumuah ayat 09 "Kewajiban sholat Jumat bagi laki-laki telah diperintahkan Allah SWT dalam Alquran yang artinya, "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui"

Tidak hanya dalam Al-Quran saja, Sholat Jumat dan keutamaan hari jumat juga dijelaskan dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim "Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat."

Deretan Fitnah Dajal di Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai oleh Manusia

Maka dari itu setiap hari jumat, umat muslim diseluruh dunia dianjurkan untuk melakukan beberapa kegiatan sunnah untuk memperbanyak paha dan mendapatkan keutamaan di hari jumat.

Berikut beberapa niat sholat jumat, tata cara sholat jumat dan keutamaan di hari jumat seperti dikutip dari The Asianparent, Orami dan Pop Mama sebagai berikut:

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

1. Niat Sholat Jumat

Shalat Jumat di Masjidil Haram

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hani Sofia

Niat Sholat Jumat hampir semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Melafalkan atau mengucapkan niat bukanlah suatu syarat yang artinya seseorang tidak harus melafadzkan niat.

Menurut Syaikh Musthafa Dieb Al Bugha dalam Al Wafi, sebagian ulama membolehkan melafadzkan niat dalam rangka membantu konsentrasi. Sedangkan menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili, jumhur ulama mensunnahkannya.

Bagi yang melafadzkan niat, berikut ini adalah lafadz niat Sholat Jumat bagi imam: "Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala." yang artinya "Aku niat melakukan sholat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta'ala."

2. Hukum Sholat Jumat

Shalat Jumat di Reruntuhan Masjid Jami Quba Pidie Jaya

Photo :
  • VIVA.co.id/ Muhammad Solihin

Hukum sholat jumat hukumnya wajib bagi setiap laki-laki yang sudah baligh, para ulama sepakat sholat jumat hukumnya fardhu ain, ada beberapa hadits dari Rasulullah yang menjadikan landasan bahwa melaksanakan sholat jumat adalah wajib, seperti hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Ahmad.

"Sebenarnya aku berniat hendak menyuruh seseorang menjadi imam kaum muslimin agar mereka mengerjakan sholat secara berjamaah, lalu aku pergi membakar rumah laki-laki yang meninggalkan sholat Jumat"

Hadits lain juga mengenai sholat jumat seperti yang diriwayatkan oleh Imam Nasa'i "Barangsiapa meninggalkan tiga kali Sholat Jumat karena menganggap remeh maka Allah akan menutup mata hatinya."

3. Tatacara Sholat Jumat

Shalat Jumat Dibawah Guyuran Hujan di Monas

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Tata cara sholat Jumat tidak jauh beda dengan sholat lima waktu, yaitu diawali bacaan niat dan diakhiri salam. Namun, sebelum melaksanakan sholat Jumat, makmum harus mendengarkan khutbah terlebih dahulu.

Sehingga, setelah khatib turun dari atas mimbar, muadzin akan iqamah sebagai tanda sholat Jumat segera dimulai. Gerakan dan bacaan dalam sholat Jumat juga sama saja dengan gerakan sholat umumnya. Berikut tata cara sholat Jumat beserta urutannya.

4. Berdzikir Setelah Sholat Jumat

Dzikir setelah sholat fardhu

Photo :
  • U-Report

Sama seperti sholat lainnya, umat Islam yang telah menunaikan salat Jumat dianjurkan untuk tidak langsung meninggalkan tempat sholatnya. Jadi, sebaiknya memanjatkan doa dan berzikir sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT. 

Usai berzikir, juga dianjurkan untuk membaca surat Al-Fatihah diikuti bacaan surat-surat pendek lainnya, seperti surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas.

Surat-surat Alquran tersebut hendaknya dibaca sebanyak 7 kali. Hal ini dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar An Nawawi.

"Dari aisyah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, ’barang siapa yang membaca setelah sholat Jumat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebanyak 7 kali, maka Allah akan menghindarkannya dari keburukan, kejahatan sampai Jumat berikutnya'."

5. Keutamaan Sholat Jumat

Shalat Jumat di Reruntuhan Masjid Jami Quba Pidie Jaya

Photo :
  • VIVA.co.id/ Muhammad Solihin

Sholat jumat memiliki banyak keutamaan, dikarenakan jumat merupakan hari yang spesial di agama Islam, maka dari ada beberapa keutamaan yang akan di dapatkan di hari jumat.

Memperoleh paha yang sangat besar, seperti hadist Rasulullah yang di oleh Imam Bukhari "barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi." 

Hadist lanjutannya "Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khotbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khutbah tersebut)."

Keutamaan sholat jumat hanya mendapatkan pahala sholat dan puasa selama satu tahun penuh, seperti yang sudah Rasulullah sabdakan dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi.

"Dari Aus bin Aus, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khotbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun."

Keutamaan sholat jumat selanjutnya seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah, menunaikan sholat jumat akan diampuni dosa-dosanya, seperti yang dijelaskan dalam hadits riwayat imam Muslim "Di antara sholat lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat yang berikutnya, itu dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar."

itu beberapa niat sholat jumat serta keutamaannya, sholat jumat memang harus ditunaikan meskipun dalam kondisi sedang sakit, hal ini juga bisa pelajaran kepada saudara, teman maupun anak, supaya bisa lebih mengenal mengenai kewajiban sholat jumat untuk laki-laki.

Pameran artefak atau peninggalan Nabi Muhammad SAW di Auditorium Unpatti Ambon

Kesempatan Langka: 28 Artefak Peninggalan Rasulullah SAW Hadir di Indonesia

Kota Ambon mendapat kehormatan mempamerkan sekitar 28 artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW. Pameran ini menjadi bagian dari Festival Al-Mulk yang digelar di Unpatti.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024