Doa Sholat Tahajud, Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaat

Ilustrasi sujud/sholat
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Doa sholat Tahajud perlu diamalkan setiap selesai melakukan amalan sunnah di sepertiga malam. Setiap Muslim yang mengerjakan amalan sunnah ini, dianjurkan untuk tidak melewatkan membaca doa sholat Tahajud

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Hal tersebut lantaran, akan banyak keistimewaan yang didapat dengan berdoa setelah menunaikan sholat Tahajud.  Tidak hanya itu, dengan membaca doa sholat Tahajud memberikan keutamaan tersendiri dibanding sholat-sholat sunnah lainnya.

"Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling didengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah salat-salat wajib." (HR. Tirmidzi).

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

Membaca doa sholat Tahajud juga menyempurnakan amalan sholat sunnah umat Muslim di sepertiga malam. Sholat Tahajud sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan di sepertiga malam. Untuk pelaksanaannya sendiri, sholat Tahajud bisa dilakukan setelah Isya hingga sebelum waktu Subuh tiba.

Sebelum mengamalkannya, umat Muslim dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu, oleh karena itu sholat Tahajut lebih dianjurkan dilakukan di sepertiga malam. Pada saat sepertiga malam, Allah akan turun ke surga terendah untuk melihat siapa saja hambanya yang meluangkan wakut untuk beribadah dan meninggalkan waktu itstirhatanya di malam hari.

Kisah Tantowi Yahya Bertemu Malaikat di Taman Raudhah: Ganteng Wangi Diberi Buku Doa

Sholat ketika orang lain tidur terlelap disebut-sebut sebagai salah satu sifat hamba Allah yang mulia. Di mana dengan mengamalkannya, ini menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

 Al-Qur'an Suci adalah Keesaan Allah dan Tuhan Yang Maha Pemurah dan orang-orang Kafir dan Tuhan Yang Maha Pemurah.

'Apakah mereka lebih baik ataukah orang-orang yang beribadah kepada Tuhannya di waktu malam dengan sujud dan berdiri, karena takut akan akhirat dan mengharap rahmat Tuhannya? Katakanlah wahai Nabi, “Apakah sama orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui?” Tidak ada yang akan memperhatikan ini kecuali orang-orang yang berakal.' [ Qur'an 39:9 ]

Amalan sunnah ini akan semakin lengkap jika ditutup dengan membaca doa sholat Tahajud yang telah diajarkan Rasulullah SAW pada seluruh umat Muslim. Dalam riwayat Bukhari, Muslim, dan Abu Daud, terdapat doa yang perlu diamalkan pada bagian akhir yang berisi permintaan mendapat keselamatan dan kepasrahan.

Dalam Sahih Bukhari juga mengatakan, selama waktu Tahajud Allah sedang mencari, apakah ada orang yang bertanya yang ingin meminta saya untuk kebutuhan mereka karena saya di sini untuk membantu mereka dan memenuhi kebutuhan Anda.

Berikut ini terdapat panduan sholat Tahajud yang bisa jadi referensi Anda mengamalkan sholat sunnah ini, mulai dari tata cara, doa, hingga keistimewaannya.

Tata Cara Sholat Tahajud

ilustrasi sholat

Photo :
  • pixabay.com

Dikisahkan oleh `Abdullah bin `Umar: Seorang laki-laki berkata, “Ya Rasulullah ! Bagaimana shalat malamnya?” Beliau bersabda, “Dua rakaat diikuti dengan dua rakaat dan seterusnya, dan ketika Anda melihat fajar mendekat, lakukan satu rakaat sebagai witir.” [ Bukhari]

Dalam melaksanakan sholat Tahajud, ada berbagai urutan dalam menunaikannya.  Agar mendapatkan keberkahan, maka laksanakan shalat Tahajud dengan tata cara berikut ini.

1. Dilaksanakan pada 2/3 malam, selepas jam 12 malam

2. Syarat utama melaksanakan sholat tahajud adalah tidur lebih dulu. Jadi tidurlah terlebih dulu sebelum shalat tahajud. Bangun setelah jam 12 malam dan sebelum adzan subuh berkumandang, laksanakan shalat tahajud.

3. Membaca niat sholat tahajud yang berbunyi: 

"Usolli Sunnatat-Tahajjudi Rak’ataini Lilaahi Ta’ala" 

Niat sholat Tahajud juga bisa diucapakan dengan bahasa Indonesia. Seperti berikut ini;

"Saya solat tahajjud dua rakaat kerana Allah Taala"

4. Sholat Tahajud dilakukan paling sedikit 2 rakaat dengan urutan, rakaat pertama dimulai dengan mengangkat takbir. Ketika mengangkat takbir baca niat sholat dalam hati.

5. Selanjutnya, tak lupa untuk membaca doa iftitah, yang berbunyi: Allaahu Akbaru Kabiiraa-walhamdu Lillaahi Katsiiran, Wa Subhaanallaahi Bukrataw-wa’ashiila.

Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas-samaawaati Wal Ardha Haniifam-muslimaw-wamaa Anaa Minal Musyrikiina.

Inna Solaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina.

Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin

6. Membaca surah Alfatihah

"Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. Ar-rahmaanir-rahiim. Maaliki yaumid-diin. Iyyaaka na‘budu wa iyyaaka nasta‘iin. Ihdinas-siraatal-mustaqiim. Siraatallaziina an‘amta ‘alaihim, ghairil-magdbi ‘alaihim wa lad-daalliin"

7. Baca surat pendek , sesuai kemampuan Anda

8. Teruskan dengan rukuk dan sujud hingga selesai rakat pertama

9. Masuk ke rakaat kedua dengan membaca alfatihah dan surat pendek kemudian teruskan denan rukuk dan sujud. 

10. Sholat diteruskan hingga tahiyat akhir. 

11. Selesai shalat, bacalah doa, termasuk doa tahajud di atas.

Doa Sholat Tahajud

berdoa.

Photo :
  • U-Report

"Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq."

"Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Artinya : "Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya.  Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Setelah membaca doa sholat Tahajud, Anda bisa sampaikan segala hajat dan permohonan pada Allah, sang Maha Baik.
Lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan hati yang ikhlas dengan niat karena Allah semata.


Manfaat Sholat Tahajud

ilustrasi sholat

Photo :
  • U-Report

Sholat Tahajud dikaitkan dengan sejumlah manfaat dan pahala. Karena shalat Tahajjud melibatkan bangun di tengah tidur, dikatakan menawarkan hadiah besar dari Yang Mahakuasa. Berikut adalah beberapa manfaatnya bersama dengan hadits tentang hal yang sama.

1. Sholat Tahajjud adalah salah satu cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah.

“Waspadalah dalam berdiri [dalam shalat] di malam hari, karena itu adalah amalan orang-orang saleh sebelum kamu. Ini adalah sarana untuk mendapatkan kedekatan dengan Allah Ta'ala, penghapus pelanggaran dan penghalang dari dosa. (Tirmidzi)

2. Al-Qur'an juga menyebutkan bahwa mereka yang meluangkan waktu untuk shalat Tahajjud menuai manfaat yang besar.

“Dan hamba-hamba Yang Maha Penyayang adalah orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan mudah, dan ketika orang-orang bodoh menyapa mereka dengan [keras], mereka mengucapkan [kata-kata] damai, dan mengabdikan [sebagian] malam untuk Tuhan mereka sujud. dan berdiri [dalam doa].” (Quran 25:63-64)

3. Sholat Tahajjud yaitu memberikan kekuatan batin dan ketenangan jiwa. Ia juga memiliki kemampuan untuk mencegah perbuatan dosa dan kejahatan. Juga, menurut tradisi Islam, sepertiga malam adalah waktu terbaik untuk berdoa.

Nabi (SAW) berkata: “Pada malam hari ada waktu ketika seorang Muslim tidak meminta kebaikan dunia dan akhirat tetapi akan diberikan kepadanya, dan itu terjadi setiap malam.”

4. Juga dikenal sebagai yang terbaik di antara shalat sunnah, salah satu manfaat utama dari melakukan Tahajjud adalah membantu masalah sehari-hari. Saat melakukan doa ini, seseorang sepenuhnya percaya kepada Allah dan meninggalkan semua kekhawatiran duniawi. Ketika seorang mukmin menyerahkan segalanya kepada Yang Mahakuasa, kekuatan tertinggi kemudian memberikan bantuan melalui berbagai sumber.

“Dan Dia akan memberinya dari (sumber) yang tidak pernah dia bayangkan. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan mewujudkan tujuannya. Sesungguhnya Allah telah menetapkan ukuran bagi segala sesuatu.” (Surat Talaq Bab 65, V3)

5. Disebutkan pula bahwa shalat Tahajjud memberikan kesabaran meski dalam menghadapi masalah. Memasukkan Tahajjud dalam rutinitas sehari-hari diketahui membawa kedamaian bagi hati yang tertekan.

Nabi Muhammad (SAW) berkata: "Yang paling dekat Tuhan dengan hamba-Nya adalah di bagian akhir malam, jadi jika Anda bisa menjadi salah satu dari orang-orang yang mengingat Allah pada saat itu, maka lakukanlah." (Al-Tirmidzi dan al-Nisaa'i)

Inul Daratista

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Meski demikian, Inul Daratista hanya menerima dengan ikhlas dan meminta doa restu dari ibunya. Baginya, doa ibu dan perlindungan dari Allah SWT adalah yang terpenting.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024