7 Kota Mistis di Indonesia yang Dihuni Orang Sakti, Ada Kota Kamu?

Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa kota mistis di Indonesia yang mungkin jarang kamu ketahui karena lebih fokus dengan peradaban modern yang semakin maju. Dibalik kegemerlapan dunia saat ini, ternyata kota-kota tersebut masih erat dengan mitos-mitos dan cerita yang beredar di masyarakat luas, terutama kalangan tetua. Masing-masing dari kota tersebut mempunyai karakteristik dan budaya masing-masing. Nah, berikut adalah kota mistis di Indonesia yang disadur dari berbagai sumber.

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

1. Banyuwangi, Jawa Timur

Alas Purwo.

Photo :
  • U-Report
Diduga Sakit Jiwa, Bule Amerika di Bali Nekat Culik Bocil Perempuan

Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur, dan bahkan di Pulau Jawa. Luas kota mistid di Indonesia ini mencapai 5.782 kilometer persegi. Wilayah kabupaten ini cukup beragam lantaran terdiri dari pegunungan dan daratan. Wilayah selatan kabupaten ini adalah perkebunan dan kawasan konservasi yang dilindungi oleh cagar yang bernama Taman Nasional Meru Betiri.

Wilayah Banyuwangi ini mendapatkan banyak julukan, salah satunya adalah Bumi Blambangan lantaran tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Blambangan. Julukan Kota Santet pun pernah diberikan, karena pernah ada peristiwa memilukan 100 orang terbunuh secara misterius. Banyak orang yang meyakini bahwa kejadian tersebut adalah ulah orang tidak bertanggung jawab atau ilmu santet.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

2. Banten

Suasana tempat tinggal Suku Baduy

Photo :
  • VIVA/ Sumiyati

Mungkin kamu pernah mendengar kata debus yang berasal dari Banten. Debus sendiri adalah kesenian yang memperlihatkan kemampuan di luar nalar manusia biasa. Misalnya, ada orang yang kebal dengan kaca atau kebal dengan senjata.

Kesenian yang ada di kota mistis di Indonesia ini sudah ada sejak lama, sekitar abad ke-16 pada masa Maulana Hasanuddin (1532-1570) memerintah. Kesenian ini kerap dipertontonkan untuk umum. Biasanya diisi dengan menusuk perut dengan tombak, mengiris bagian tubuh dengan golok, memakan api, menusukkan jarum kawat ke lidah, dan aktivitas ekstrem lainnya.

3. Pati, Jawa Tengah

Tugu Guru Patimpus Pendiri Kota Medan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Pati dikenal sebagai pusat bisnis gaib dan diyakini mempunyai markas besar Paguyuban Paranormal Indonesia. Dugaan ini bisa dilihat dari baliho besar yang sering terpampang di sudut kota. Baliho ini biasanya menawarkan jasa alternatif dalam memecahkan masalah. Setiap memasuki akhir pekan, para tamu yang berasal dari luar akan datang sebagai seorang pasien dari beberapa paranormal.

4. Tapaktuan, Kota Naga

Pelangi di Pantai Tapaktuan, Aceh Selatan

Photo :
  • Antara/ Irwansyah Putra

Tapaktuan adalah ibu kota dari Kabupaten Aceh Selatan yang menyimpan cerita menarik mengenai legenda naga. Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga telah menjadi sejarah lisannya masyarakat secara turun temurun. Menurut mitos yang beredar, pasangan yang mendiami ke Teluk (Tapaktuan) adalah yang tidak mempunyai anak dan diusir.

Suatu saat, mereka akan mendapatkan anak perempuan yang terapung di laut dan dirawat dengan penuh kasih sayang. Ketika sudah dewasa, gadis tersebut bertemu dengan ayahnya yang merupakan Sang Raja dari Kerajaan Asralanoka di India Selatan. Akan tetapi, sepasang naga tidak terima dan berkelahi dengan Tuan Tapa yang dapat menumbangkannya.

5. Kota Saranjana, Kalimantan Selatan

Kota Saranjana.

Photo :
  • U-Report

Kamu yang belum mengenal jauh tentang Kota Saranjana, tentunya hanya akan mengira bahwa kota mistis di Indonesia sebagai wilayah yang sangat indah dan mempunyai pengalaman yang sangat mengagumkan. Akan tetapi, mitos yang beredar di masyarakat kawasan ini ternyata banyak dikenal sebagai kota gaib lantaran dihuni oleh para jin.

6. Kota Tua Jogja

Bukit Pengger Gerbang Kota, Yogyakarta

Photo :
  • VIVA/Daru Waskita

Kawasan Kota Tua, Yogyakarta memang terletak di area Benteng Vredeburg. Hal yang membuatnya angker adalah sosok perempuan Belanda yang mempunyai kaki kuda dan suara derap seperti kaki tentara. Lantaran budayanya yang masih kental, beberapa lokasi di daerah ini masih dianggap angker.

7. Bali

Kuburan Trunyan di Bali.

Photo :
  • U-Report

Ki Joko Bodo adalah seorang peramal kondang yang berasal dari Singaraja, Bali. Peramal sakti tersebut mempunyai nama lengkap Agus Yulianto. Bukan hanya terkenal di Asia saja, tapi nama pria kelahiran 1964 ini sudah dikenal sampai ke mancanegara. Berbicara mengenai kawasan Bali sendiri memang masih kental dengan budaya dan lokasi yang dianggap angker. Misalnya adalah Taman Festival maupun Kuburan Bali atau yang lebih dikenal dengan Desa Trunyan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya