10 Fakta Menakjubkan Air Zamzam di Arab Saudi

Jemaah mengambil air zamzam untuk diminum di kawasan Masjidil Haram
Sumber :
  • VIVAnews/Dedy Priatmojo

VIVA – Fakta Menakjubkan Air Zamzam. Sumur Zamzam Arab Saudi adalah satu-satu sumur yang dikenal banyak orang di seluruh dunia. Pentingnya sumur Zamzam dapat diukur bahwa jutaan haji, yang mengunjungi Mekkah setiap tahun harus memastikan minum airnya serta mengunjungi sumur yang tidak akan kering. Karena jumlah haji dan umrah meningkat berlipat ganda, maka kebutuhan air zamzam juga meningkat secara eksponensial.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Terletak di dalam masjid terkenal dunia Masjid al-Haram di Mekkah, Arab Saudi. Letaknya sekitar 20 meter sebelah timur Ka'bah, tempat paling suci umat Islam. Sesuai kitab suci Islam, dikatakan bahwa Ka'bah dibangun kembali oleh Ibrahim, yang awalnya dibangun oleh Nabi Adam. Ka'bah adalah tempat di mana umat Islam di seluruh dunia melakukan shalat lima waktu.

Asal muasal sumur zamzam dapat ditelusuri sekitar ribuan tahun yang lalu. Sumur saleh muncul ketika putra Nabi Ibrahim, Nabi Ismail saat ditinggalkan bersama ibunya Siti Hajar di gurun panas terik Arab Saudi.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ismail menangis dan haus ketika ibunya sedang mencari air di antara dua bukit bernama Safa dan Marwah. Hajar berlari tujuh kali di antara dua bukit untuk mencari air. Saat mencari air oleh ibunya, Nabi Ismail mulai membenturkan kakinya ke tanah karena haus. Dikatakan bahwa sumber air, sekarang sumur Zamzam, muncul di mana Nabi Ismail menginjakkan kakinya.

Berikut beberapa fakta menakjubkan air zamzam seperti dikutip dari Life In Saudi Arabia, sebagai berikut:

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

1. Air Berkah

Jemaah mengambil air zamzam untuk diminum di kawasan Masjidil Haram

Photo :
  • Bahauddin/MCH2019

Disabdakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa air zamzam merupakan sumber alami untuk penyembuhan orang sakit. Air ini dianggap sebagai berkah oleh umat Islam.

2. Kedalaman Sumur

Sumur Zamzam.

Photo :
  • U-Report

Kedalaman sumur sekitar 30 m dan diameternya dari 1,08 hingga 2,66 m. Sumur ini dikelilingi oleh panel kaca sehingga pengunjung dapat melihatnya. Dua pompa listrik digunakan sebagai alternatif untuk mengambil air dari sumur untuk distribusi dan keperluan lainnya. Namun, air diambil secara manual dengan ember sampai tahun 1960.

3. Berawal ketika Ismail masih Bayi dan Merasa kehausan.

Jemaah berebut salat di Hijir Ismail

Photo :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

Sumur Zamzam diturunkan kepada Hajar, istri Ibrahim, ketika nabi meninggalkannya dan Ismail di tengah gurun pada suatu hari. Hajar berlari tujuh kali bolak-balik antara bukit Safa dan Marwah mencari setetes air untuk putranya. Saat itulah Ismail mulai menggores tanah dengan kakinya dan tiba-tiba air menyembur keluar.

4. Air Zamzam meningkatkan tingkat energi dalam sel kita.

Air zamzam dalam kemasan galon 5 liter

Photo :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

Kepala pusat medis terbesar di Munich, ilmuwan Jerman Dr. Knut Pfeiffer, telah lama mempelajari efek dan manfaat Air Zamzam. Salah satu teorinya yang paling menarik adalah bahwa air meningkatkan tingkat energi dan memperkuat sistem sel tubuh manusia, yang dapat dibuktikannya dengan banyak penelitian dan percobaan yang tak terhitung jumlahnya.

5. Air Zamzam tidak mengandung kuman atau bakteri.

Ilustrasi bakteri dan virus.

Photo :
  • Physics World

Sementara manfaat Haji & Umrah tidak terbatas pada tingkat agama dan pribadi, kunjungan Anda ke Sumur Zamzam pasti akan terbukti menjadi salah satu yang menarik dari pengalaman Anda. Menurut Dr. Yahya Koshak, dan setelah serangkaian tes menggunakan teknologi ultraviolet melalui Eropa dan Arab Saudi, Air Zamzam ditemukan benar-benar bebas dari kuman dan bakteri karena kandungan fluoride nya yang tinggi.

6. Air Zamzam kaya akan Kalsium dan Magnesium

Kalsium.

Photo :
  • http://beritakesehatanfery.blogspot.com/2014/04/info-kesehatan-cara-mengetahui-tulang-kekurangan-kalsium.html

Anda mungkin ingin mempertimbangkan hal ini pada prosedur Haji dan Umrah. Air Zamzam telah terbukti secara ilmiah mengandung kadar Kalsium dan Magnesium yang sangat tinggi, yang dapat membantu mengurangi kelelahan. Ini juga memberikan air dengan kualitas penyembuhan berkat kadar fluoride yang tinggi mirip dengan sifat obat konvensional.

7. Air Zamzam mendorong pertumbuhan tulang yang sehat

Ilustrasi tulang

Photo :
  • U-Report

Karena Kalsium Air Zamzam yang melimpah, air ini secara positif mempengaruhi tubuh manusia, terutama tulang karena mereka menyerap vitamin dan mengambil manfaat darinya untuk pertumbuhan yang lebih baik.

8. Tidak Menjual Kembali

misteri air zamzam

Photo :
  • U-Report

Tindakan ilegal untuk menjual air Zamzam di UEA, Pemerintah Saudi juga telah melarang ekspor komersial air Zamzam dari kerajaan. Ada beberapa kontroversi mengenai keamanan air pada kesehatan seseorang.

Penyelidikan BBC mengungkapkan bahwa air tersebut mungkin memiliki bahan kimia berbahaya, yang menunjukkan "tingkat nitrat yang tinggi dan bakteri yang berpotensi berbahaya," menurut BBC. Namun, itu tetap menjadi topik sensitif mengingat hubungan agama dengan air.

9. Jamah Haji Tidak Akan Kekurangan Air Zamzam

Air datang di sumur dari dua arah satu dari Ka'bah dan lainnya dari Gunung Abu Qubais. Biasanya, pompa listrik mengekstrak 1,5 liter per hari tetapi selama Ramadhan dan haji, jumlahnya meningkat hingga 4 liter per hari.

10. Bagian Sumur di Renovasi

Mengambil air zamzam di Mekkah

Photo :
  • Antara/ Saptono

Sumur Zamzam direnovasi pada tahun 2018, yang melibatkan sterilisasi diikuti dengan menghilangkan puing-puingnya. Dikatakan juga bahwa Allah mengirimkan malaikat Jibril yang menghantam tanah dengan kesembuhannya sehingga sumber zamzam muncul.

Berikut 10 fakta Air Zam Zam untuk kesehatan bisa terus bertambah. Air Zamzam, bagaimanapun, telah lama dianggap sebagai salah satu badan air paling murni dan paling spiritual yang menyembuhkan di bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya